Friday, December 28, 2018

Pengertian Sistem Kontrol


2 Pengertian Sistem Kontrol
       Sistem kontrol (sistem kendali) telah memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Disamping sangat diperlukan pada pesawat ruang angkasa, peluru kendali, dan sistem kemudi pesawat, sistem kontrol juga menjadi bagian yang penting dalam kehidupan modern saat ini.

            Karena kemajuan dalam teori dan praktek sistem kontrol, maka sistem kontrol dapat memberikan kemudahan dalam mendapatkan performasi dari sistem dinamik, mempertinggi kualitas, dan menurunkan biaya produksi, mempertinggi laju produksi, meniadakan pekerjaan rutin dan membosankan yang harus dilakukan oleh manusia dan sebagainya.
            Pengertian sistem kontrol itu sendiri adalah proses pengaturan/pengendalian terhadap satu atau atau beberapa besaran (variabel, parameter) sehingga berada pada suatu harga atau dalam suatu rangkuman harga (range) tertentu. Secara umum sistem kontrol dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1.      Dengan operator (manual) dan otomatik.
2.      Jaringan tertutup (closed-loop) dan jaringan terbuka (open-loop).
3.      Kontinu (analog) dan diskontinu (digital, diskrit).
4.      Servo dan regulator.
5.      Menurut sumber penggerak: elektris, pneumatis (udara, angin), hidraulis (cairan), dan mekanis (kontrol otomatik teori dan penerapan: 1994)



                Gambar 2.2 dan 2.3 diatas menjelaskan sistem kontrol dengan open loop dan closed loop.

No comments:

Post a Comment