Thursday, October 26, 2017

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning



Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
            Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam kegiatan belajar mengajar, kepada siswa diberikan latihan, antara lain seperti di bawah ini. memeberiakan informasi secara terbatas, contoh :
a)      Mengidentifikasi gambar, dua orang siswa ditugasi mengadakan percakapan (bertanya jawab) tentang benda-benda yang terdapat di dalam gambar yang disediakan oleh guru. Pertanyaan dapat mengenai warna, jumlah, bentuk, dan sebagainya.
b)      Menemukan/mnecari pasangan yang cocok. Guru memberikan gamabar kepada sekelompok siswa yang masing-masing mendapat sebuah gamabaryang berbeda. Seorang siswa yang lain (diluar kelompok) diberi duplikat salah satu gambar yang telah dibagikan. siswa ini harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada teman-temannya yang membawa gambar, dengan tujuan untuk mengetahui identifikasi atau ciri-ciri gamabar yang mereka bawa. dari hasil tanya jawab itu siswa (pembawa duplikat) tersebur harus dapat menemukan siapa diantara teman-temannya itu yang membawa gambar yang cocokdengan dupikat yang dibawanya.
c)       menemukan informasi yang ditiadakan. Guru memberikan informasi tetapi ada bagian-bagian yag sengaja ditiadakan. Siswa ditugasi mencari atau menemukan bagian yang tidak ada itu. Kemudian A mengajukanpertanyaan-pertanyaan Kepada B, sehingga isi (A) dapat mengetahui gambar yang tidak ada pada gamabar milik B.

            Penerapan meode ini menuntut keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. jadi, metode yang digumnakan bertujuan untuk merealisasikan teknik yang telah ditetapkanatau biasa dikatakan salah berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep metode discovery learning dapat diaktualisasikan dalam proses pembelajaran, sehingga mmampu memberikan pencerahan bagi anak didik. jadi, guru harus mempunyai rencana terstruktur yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Di bawah ini ada beberapa tujuan penerapan metode discovery learning anatara lain :
1)      untuk mengembangkan kreativitas (gaya hidup, karya tertentu,proses intelektual
2)      untuk mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar
3)      Untuk mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan kritis
4)      Untuk meningkatkan keaktifan anak dididk dalam proses pembelajaran
5)      Untuk belajar memeecahkan masalah
6)      Untuk mendapatkan inovasi dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan metode discovery learning ini guru akan berperan sebagai pembimbing yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih aktif . Siswa lebih dituntut untuk belajar mandiri dan menemukan arti pembelajaran itu sendiri. Peenrapan metode Discovery Learningjuga memungkinkan peserta didik untuk mempelajari konsep-konsep dalam bahas ayang dimengeri oleh mereka.

No comments:

Post a Comment