Penerapan Model
Pembelajaran Discovery Learning
Penerapan Model Pembelajaran Discovery
Learning dalam kegiatan belajar mengajar, kepada siswa diberikan latihan,
antara lain seperti di bawah ini. memeberiakan informasi secara terbatas,
contoh :
a) Mengidentifikasi gambar,
dua orang siswa ditugasi mengadakan percakapan (bertanya jawab) tentang
benda-benda yang terdapat di dalam gambar yang disediakan oleh guru. Pertanyaan
dapat mengenai warna, jumlah, bentuk, dan sebagainya.
b) Menemukan/mnecari
pasangan yang cocok. Guru memberikan gamabar kepada sekelompok siswa yang
masing-masing mendapat sebuah gamabaryang berbeda. Seorang siswa yang lain
(diluar kelompok) diberi duplikat salah satu gambar yang telah dibagikan. siswa
ini harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada teman-temannya yang membawa
gambar, dengan tujuan untuk mengetahui identifikasi atau ciri-ciri gamabar yang
mereka bawa. dari hasil tanya jawab itu siswa (pembawa duplikat) tersebur harus
dapat menemukan siapa diantara teman-temannya itu yang membawa gambar yang
cocokdengan dupikat yang dibawanya.
c) menemukan informasi yang ditiadakan. Guru
memberikan informasi tetapi ada bagian-bagian yag sengaja ditiadakan. Siswa
ditugasi mencari atau menemukan bagian yang tidak ada itu. Kemudian A
mengajukanpertanyaan-pertanyaan Kepada B, sehingga isi (A) dapat mengetahui
gambar yang tidak ada pada gamabar milik B.
Penerapan meode ini menuntut keterlibatan siswa secara
aktif dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan tujuan meningkatkan hasil
belajar siswa. jadi, metode yang digumnakan bertujuan untuk merealisasikan
teknik yang telah ditetapkanatau biasa dikatakan salah berbagai persoalan yang
dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep metode discovery learning dapat
diaktualisasikan dalam proses pembelajaran, sehingga mmampu memberikan
pencerahan bagi anak didik. jadi, guru harus mempunyai rencana terstruktur yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Di bawah ini ada beberapa tujuan penerapan
metode discovery learning anatara lain :
1) untuk mengembangkan
kreativitas (gaya hidup, karya tertentu,proses intelektual
2) untuk mendapatkan pengalaman
langsung dalam mengajar
3) Untuk mengembangkan
kemampuan berpikir rasional dan kritis
4) Untuk meningkatkan
keaktifan anak dididk dalam proses pembelajaran
5) Untuk belajar
memeecahkan masalah
6) Untuk mendapatkan
inovasi dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan metode discovery learning
ini guru akan berperan sebagai pembimbing yang memberikan kesempatan bagi siswa
untuk belajar lebih aktif . Siswa lebih dituntut untuk belajar mandiri dan menemukan
arti pembelajaran itu sendiri. Peenrapan metode Discovery Learningjuga
memungkinkan peserta didik untuk mempelajari konsep-konsep dalam bahas ayang
dimengeri oleh mereka.
No comments:
Post a Comment