Sintak
Model Pembelajaran Discovery Learning
Sintak Discovery Learning
|
|||||
Mengamati
|
menanya
|
Mengumpulkan
|
Mengasosiasi
|
Mengomunikasikan
|
|
Stimulasi
(Pemberian Stimulasi)
|
Mendiskusikan
dampak dari kecerobohan dalam melakukan pengukuran, misalnya tidak tepat dan
tidak teliti pada saat membaca cerita
|
||||
Problemsatatement
(identifikasi
masalah)
|
Kelompok
mendiskusikan rumusan masalah, tujuan dan langkah kerja yang dilakukan
|
Mendiskusikan
cara mengukur yang tepat dan telti
|
|||
Data
Callecting (mengumpulkan data)
|
Mencoba
mengumpulkan media gamabar,poster,foto keluarga sebagai alat pembelajaran
|
||||
Data
Processing (Mengolah data)
|
Mengolah
hasil belajar membaaca siswa
|
||||
Verification
(menguji hasil)
|
Mengitung
kesalahan membaca siswa
|
||||
Generalization
(menyimpulkan)
|
Menuyun
kesimpulan hasil belajar siswa
|
Membuat
laporan tertulis
|
Ciri utama belajar menemukan yaitu mengekplorasi
dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi
pengetahuan, berpusat pada siswa, kegiatan untuk menggabungkan
pengetahuan baru danpengetahuan yang sudah ada.Ada sejumlah ciri-ciri
proses pembelajaran yang sangat di tekankan oleh teori konstruktivisme yaitu :
1.
Menekankan pada proses belajar, bukan proses mengajar
2.
Mendorong terjadinya kemandirian dan inisiatif belajara pada siswa
3.
Memandang siswa sebagai pencipta kemauan dan tujuan yang ingin
dicapai
4.
Berpandangan bahwa belajar merupakan suatu proses, bukan menekan
pada hasil
5.
Mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan
6.
Mengharagai peranan pengalaman kritis dalam belajar
7.
Mendorong berkembangnya rasa ingin tahu secara alami pada siswa
8.
Penilaian belajar lebih menekankan pada kinerja dan pemahaman
siswa
9.
Berdasarkan proses belajarnya pada prinsip-prinsip toeri kognitif
10. Banyak menggunakan
terminologi kognitif untuk menjelaskan proses pembelajaran, seperti prediksi,
infernsi, kreasi, dan analisis
11. Menekankan bagaimana
siswa belajar
12. Mendorong siswa untuk
berpartisipasi aktif dalam dialog atau diskusi dengan siswa lain dan guru
13. Sangat mendukung
terjadinya belajar kooperati
14. Menekankan pentingnya
konteks siswa dalam belajar
15. Memperhatikan keyakinan
dan sikap siswa dalam belajar
16. Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk membangun pengetahuan dan pemahaman baru yang didasarkan
pada pengalaman nyata
No comments:
Post a Comment