Thursday, October 26, 2017

Sintak Model Pembelajaran Discovery Learning



Sintak Model Pembelajaran Discovery Learning
Sintak  Discovery Learning





Mengamati
menanya
Mengumpulkan
Mengasosiasi
Mengomunikasikan
Stimulasi (Pemberian Stimulasi)
Mendiskusikan dampak dari kecerobohan dalam melakukan pengukuran, misalnya tidak tepat dan tidak teliti pada saat membaca cerita






Problemsatatement
(identifikasi masalah)
Kelompok mendiskusikan rumusan masalah, tujuan dan langkah kerja yang dilakukan
Mendiskusikan cara mengukur yang tepat dan telti


Data Callecting (mengumpulkan data)

Mencoba mengumpulkan media gamabar,poster,foto keluarga sebagai alat pembelajaran


Data Processing (Mengolah data)


Mengolah hasil belajar membaaca siswa

Verification (menguji hasil)


Mengitung kesalahan membaca siswa

Generalization (menyimpulkan)


Menuyun kesimpulan hasil belajar siswa
Membuat laporan tertulis

Ciri utama belajar menemukan yaitu mengekplorasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan, berpusat pada siswa, kegiatan untuk menggabungkan  pengetahuan baru danpengetahuan yang sudah ada.Ada sejumlah ciri-ciri proses pembelajaran yang sangat di tekankan oleh teori konstruktivisme yaitu :
1.      Menekankan pada proses belajar, bukan proses mengajar
2.      Mendorong terjadinya kemandirian dan inisiatif belajara pada siswa
3.      Memandang siswa sebagai pencipta kemauan dan tujuan yang ingin dicapai
4.      Berpandangan bahwa belajar merupakan suatu proses, bukan menekan pada hasil
5.      Mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan
6.      Mengharagai peranan pengalaman kritis dalam belajar
7.      Mendorong berkembangnya rasa ingin tahu secara alami pada siswa
8.      Penilaian belajar lebih menekankan pada kinerja dan pemahaman siswa
9.      Berdasarkan proses belajarnya pada prinsip-prinsip toeri kognitif
10.  Banyak menggunakan terminologi kognitif untuk menjelaskan proses pembelajaran, seperti prediksi, infernsi, kreasi, dan analisis
11.  Menekankan bagaimana siswa belajar
12.  Mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam dialog atau diskusi dengan siswa lain dan guru
13.  Sangat mendukung terjadinya belajar kooperati
14.  Menekankan pentingnya konteks siswa dalam belajar
15.  Memperhatikan keyakinan dan sikap siswa dalam belajar
16.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan dan pemahaman baru yang didasarkan pada pengalaman nyata

No comments:

Post a Comment