Monday, February 5, 2018

Alat-alat perkembangbiakan pada hewan

⦁    Alat-alat perkembangbiakan pada hewan
Hewan mempunyai alat perkembangbiakan yang berupa alat pembiakan betina dan alat pembiakan jantan. Sedangkan alat pembiakan tersebut umumnya terletak pada hewan betina dan hewan jantan. Tetapi ada juga yang mempunyai alat kelamin jantan dan kelamin betina dalam satu hewan, itu terjadi pada cacing tanah dan bekicot. Jadi satunya  kelamin jantan dengan betina dalam satu binatang itu dinamakan hermaprodit.

Sedangkan proses yang terjadi pada hewan hermaprodit itu dilakukan dengan melalui perkawinan silang untuk mendapatkan keturunan yang baru. Perkawinan silang itu merupakan saaling tukr menukar sperma antsara hewan yang jantan dengan hewan betina atau saling  membuahi hewan jantan dengan hewan betina.
⦁    Alat kelamin jantan
Pada alat kelamin jantan terbagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. ⦁    Alat penyalur sperma
  2. ⦁    Alat penghasil sperma
⦁    Alat kelamin betina.
Pada alat kelamin betina terbagi menjadi dua bagian, yaitu :
  1. ⦁    Alat saluran telur (Oviduct).
  2. ⦁    Alat penghasil telur (Ovarium).
Proses terjadinya pembuahan pada hewan
Hewan mengalami proses pembuahan bila sprema berbaur diri pada inti sel telur dan sel telur yang dibuahi dinaman Zygote.
Sedangakn pembauhan dapat terjadi dengan :
⦁    Pembuahan di luar tubuh induk betina
Dimana hewan betina mengeluarkan telur yang telah masak dan jantan juga mengeluarkan sperma diatasnya sel telur hingga terjadi pembuahan.
Contoh :
⦁    ikan
⦁    Katak
⦁    Pembauhan di dalam tubuh induk betina
Dimana hewan jantan memasukkan sperma ke dalam tubuh betina, Hingga inti sperma mmembaur diri dengan inti sel telur di dalam tubuh betina dan akhirnya terjadi pembuahan.
Contoh :
⦁    Sapi
⦁    Kambing

No comments:

Post a Comment