Monday, February 19, 2018

Ciri-ciri Makhluk Hidup

A.    Ciri-ciri Makhluk Hidup
Karena biologi itu khusus  mempelajari tentang makhluk hidup , maka kita harus bisa  bisa membedakan antara makhluk  hidup dengan benda mati. Untuk bisa membedakan  antara makhluk hidup dengan benda mati, maka harus  mengetahuiciri-ciri makhluk  hidup itu adalah:  

1.      Bernapas

Setiap makhluk hidup  pasti bernapas, namun caranya saja yang berbeda-beda. Sedangkan  bernapas itu adalah mengambil  oksigen dari udara bebas yang bermanfaat untuk tubuh kita. Oksigen  berguna untuk  membakar zat makanan dalam tubuh guna mendapatkan tenaga.  
Adapun  makhluk  hidup yang bernapas dengan paru-paru adalah manusia,  burung dan hewan  yang hidup di darat. Hewan  yang   hidupnya di air  bernapas dengan insangnya dan tumbuh-tumbuhan   bernapas dengan mulut daun.

2.      Bergerak

Semua makhluk hidup itu bergerak dan bergeraknya  juga berbeda-beda. Ada yang bergerak secara  lambat dan ada yang cepat, juga ada yang  bergerak dengan  jelas dan ada  yang tidak jelas.  Tujuan makhluk hidup bergerak  adalah untuk bisa pindah dari tempat yang satu  ke tempat yang  lainnya untuk menuju ke suatu arah yang dituju. Sedangkan  bergeraknya  makhluk hidup itu ada yang menggunakan  kaki, sayap, sirip dan lain-lainnya.
3.      Makan

Adapun  fungsi dari makanan adalah :
a.       Untuk petumbuhan
b.      Untuk mendapatkan energy
c.       Untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak.
Semua makhluk  hidup itu  membutuhkan  makan dan air, Sedangkan fungsi dari air  adalah sebagai zat pelarut di dalam tubuh. Jadi  makhluk hidup  bisa  hidup tanpa makan dan minum (air), karena makan  dan minum itu  merupakan kebutuhan  yang saling berkaitan yang tidak  terpisahkan. Sedangkan  dengan makan dan air makhluk  hidup bisa mendapatkan tenaga dan energi  yang prima.
4.      Bereaksi Terhadap Rangsang

Karena akibat  dari sekitarnya makhluk hidup bisa bereaksi dan cara bereaksinya berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, misalnya manusia dan hewan  yang mempunyai alat indra yang digunakan untuk mengenali  segala sesuatu  yang berada di sekitarnya. Sedangkan tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai indra seperti hewan dan manusia, tetapi juga  mempunyai kemampuan  untuk bereaksi terhadap yang terjadi di sekitarnya, misalnya: bunga putrid malu.
Adapun cara  makhluk hidup untuk bisa menanggapi  rangsangannya itu disebut Iritabilitas.


5.      Tumbuh

Sedangkan semua makhluk hidup  itu mengalami pertumbuhan, dimulai  dari yang kecil  hingga menjadi besar. Manusia mula-mula lahir bayi menjadi anak-anak , menjadi remaja dan  akhirnya menjadi  dewasa. Untuk  ikan asalanya dari telor menjadi ikan yang besar dan seterusnya.  
6.      Mengeluarkan Zat Sisa

Pertukaran zat dan pembakaran zat makanan oleh O2 di dalam tubuh makhluk hidup, selain mendapatkan energi juga menghasilkan sisa. Apabila zat sisa itu tinggi  akan berakibat fatal bagi tubuh kita. Maka dari itu  sisa itu harus dikeluarkan dari dalam tubuh kita dan proses terjadinya pembuangan zat sisa  itu disebut ekskresi.  
Sedangkan alat yang digunakan oleh  makhluk hidup untuk mengeluarkan zat sisa itu  ada bermacam-macam bentuknya, ginjal dan lain-lainnya.
7.      Berkembang Biak

Untuk menjaga agar tidak terjadi kepunaan, maka makhluk hidup selalu menjaga dan melestarikannya dengan cara berkembang biak. karena dengan berkembang biak makhluk hidup bisa menambah anggota atau anak buah.. Sedangkan cara makhluk hidup itu berkembang biak  berbeda-beda, misalnya ada yang bertelor, menghasilkan biji, melahirkan dan lain-lainnya.  
8.       Memerlukan Suhu Lingkungan Tertentu

Makhluk hidup juga memerlukan suhu lingkungan yang sesuai dengan keadaan atau dalam suhu berapa makhluk hidup itu bisa hidup. Sebab dengan suhu  lingkungan tertentu makhluk hidup bisa hidup,  misalnya suhu 5º-30º, hanya ikan bisa hidup, antara suhu 5º-40º untuk tumbuh-tumbuhan dan selanjutnya.  


No comments:

Post a Comment