Tuesday, March 27, 2018

BAYI UMUR 1 TAHUN SUSAH MAKAN, BAGAIMANA CARA MENGATASI??

Hai bunda... pernah mengalami atau sedang mengalami anak susah makan? yup ini juga yang sedang saya rasakan. anak saya susah makan,.. kalau sampai makan 5 suap sudah bersyukur luar biasa. Setelah searching lama dan bertanya di forum-forum akhirnya saya menemukan solusi untuk permasalahan anak saya.
Hal-hal yang bikin anak susah makan



  • tumbuh gigi
  • panas dalam
  • kebanyakan minum susu
  • terlalu banyak makan camilan sehingga ia selalu merasa kenyang
  • Bosan terhadap makanan dengan menu sama setiap hari
  • Tidak enak badan atau sakit demam, pilek atau batuk
nah bunda harus tahu dan menganalisis penyebabnya. Jika bunda sudah mengetahui penyebabnya maka bunda bisa memberikan penanganan yang tepat diantaranya :

  • Buat jadwal makan yang sama setiap harinya
  • Kurangi pemberian susu formula
  • Jangan memberikan susu sebelum jam makan besar
  • Jangan berikan makanan manis sebelum makan besar
  • Ganti menu makan atau cara penyajian makanan agar anak tidak bosan
  • Berikan cara makan yang luwes dan menyenangkan. Jangan terlalu kaku dan memaksa karna akan membuat anak stres
  • Ingat sumber karbohidrar tidak hanya nasi, tapi juga bisa kentang, jagung, spageti, dll. Jadi bunda bisa berkreasi
  • Ajak anak beratifitas sebelum waktu makan seperti bermain atau mandi
  • Secara alami anak akan makan bila merasa lapar
  • Bila anak tidak mau makan atau susah makan selama lebih dari 2 minggu bunda bisa hubungi dokter atau ahli gizi
Jadi yang saya terapkan pada anak adalah: mengurangi porsi susu formula, mengganti menu nasi dengan kentang, sereal atau spagety, tidak memberikan camilan sebelum jam makan. Tidak memasang wajah kesal atau jengkel  dan menciptakan suasana makan yang nenyenangkan. Dan yakin dengan hukum alam kalau anak lapar pasti akan makan. 
Semua langkah diatas saya terapkan dengan sabar dan berhasil. Selamat mencoba bundaπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

No comments:

Post a Comment