a.
Tujuan
pembelajaran menyimak di sekolah dasar
Uraian
berikut memaparkan tentang tujuan
menyimak secara umum dan tujuan pembelajaran menyimak di SD.
1).
Tujuan menyimak
Sebagaimana telah diuraikan
sebelumnya bahwa menyimak memiliki tujuan.
pemahaman
yang dilakukan penyimak meliputi dua aspek, yaitu (1) pemahaman pesan dan
tanggapan pembicara, (2) tanggapan penyimak terhadap pesan sesuai dengan
kehendak pembicara.
Berdasarkan
aspek tersebut tujuan menyimak dapat diperinci lebih jauh , antara lain (a)
menyimak untuk mendapatkan fakta, (b) menyimak untuk menganalisis fakta, (c)
menyimak untuk mengevakuasi fakta, (d) menyimak untuk mendapatkan inspirasi,
(e) menyimak untuk mendapatkan hiburan, (f) menyimak untuk memperbaiki
kemampuan berbicara (Universitas terbuka, 1985:21) berikut ini adalah jabaran
dari masing-masing tujuan menyimak tersebut.
a) Menyimak
untuk mendapatkan fakta
Untuk
mendapatkan fakta, Anda dapat melakukan bermacam-macam cara.
b) Menyimak
untuk menganalisis fakta
Yang
dimaksud dengan menganalisis fakta ialah menguraikan fakta atas unsur-unsur
pemahaman secara menyeluruh.
c) Menyimak
untuk mengevaluasi fakta
Untuk
mengevaluasi fakta, anda dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan sebagai
berikut.
d) Menyimak
untuk mendapatkan inspirasi
Istilah
inspiratif sering digunakan sebagai alas an seseorang untuk melakukan kegiatan
menyimak.
e) Menyimak
untuk mendapatkan hiburan
Hiburan
dapat anda peroleh melalui menyimak, seperti menyimak lagu-lagu dari radio,
rekaman tape recorder, televisi, rekaman VCD atau dapat juga melalui menyimak
ceramah atau pidato.
f) Menyimak
untuk memperbaiki kemampuan berbicara
kosakata
hasil simakan seseorang akan berpengaruh terhadap kemampuan berbicaranya.
b). Tujuan pembelajaran menyimak di SD
Telah anda ketahui beberapa tujuan
menyimak secara umum dari uraian tersebut, anda dapat menyimpulkan dan
menerapkannya untuk pembelajaran menyimak/ mendengarkan disekolah dasar (SD).
Agar lebih jelas perhatikan penjelasan berikut:
1) Melatih
siswa menghargai orang lain
Sering
kita temukan siswa atau orang atau mungkin anda sedang asyik berbicara,
dengan teman disebelah anda, padahal di
tempat yang sama sedang ada guru atau orang lain yang berbicara.
2) Melatih
siswa disiplin
Disiplin
perlu ditumbuhkan sejak dini. Melalui pembelajaran menyimak hal itu dapat
dilatihkan karena orang menyimak memerlukan konsentral untuk mencurahkan segala
pikiran, perasaan, pengetahuan, pengalaman, dan sebagainya agar mendapatkan
hasil yang maksimal.
3) Melatih
siswa berpikir kritis
Berpikir
kritis dapat digunakan untuk memperoleh informasi baru bagi siapa pun, demikian
halnya dengan siswa.
4) Melatih
siswa meningkatkan daya nalar
Pengetahuan
dan pengalaman yang telah dimiliki siswa sering kurang dimanfaatkan secara
maksimal baik oleh siswa itu sendiri maupun oleh guru.
5) Melatih
siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara
Belajar
berbahasa dimulai dengan menyimak. Mula-mula yang bersangkutan menyimak
rangkaian bunyi bahasa dari lingkungan sekitar.
No comments:
Post a Comment