Tuesday, August 14, 2018


. STUKTUR  DAN FUNGSI JARINGAN  TUMBUHAN
1.    Jaringan  Meristem

Jaringan meristem  disebut juga  jaringan embrional  adalah  jaringan yang   sel-sel aktif   membelah diri   secara mitosis  jaringan miristem dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu meristem primer dan meristem sekunder.
a.    Meristem Primer

Meristem primer adalah jaringan meristem pada tumbuhan yang aktif memelam
b.    Meristem Sekunder

Meristem sekunder berasal dari sel – sel dewasa berubah menjadi meristematif (aktif membelah kembali)
2.    Jaringan Dewasa

Jaringan ini berasal dari pembelahan sel – sel meristem primer dan sekunder. Berdasarkan fungsinya jaringan dewasa dibedakan menjadi 4 yaitu jaringan pelindung, Jaringan dasar, jaringan penyongkong dan jaringan pengangkut.
3.    Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Akar
Jaringan meristem aplikasi inilah jaringan yang sel – selnya terus membelah membuat akar semakin panjang, tudeng akarberfungsi ntuk melindungi sel – sel akar juga berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
Akar tersusun atas epidemis, karteks dan silinder pusat
-       Epidemis merupakan bagian terluar akar epidermis berfungsi memperluas penyerapan air dan mineral.
-       Korteks berfungsi untuk tempat penyimpanan cadangan makanan bagi tumbuhan
4.    Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Batang

Bagian terluar batang yang muda tersusun atas jaringan epidermis kontrek pada batang juga tersusun atas jaringan periklim. Cadangan makanan Contonhnya sinipan, tebu, dan kentang.
5.    Struktur dan Fungsi Jaringan Pada Daun

Bawah daun terdapat jaringan yang disebut epidemis jaringan ini berfungsi melindungi jaringan di dalam daun kutikula yang berfungsi untuk mengurangi penguapan, stoma dapat membuka yang menutup menyesuaikan kondisi lingkungan. Jaringan floem berfungsi membawa hasil fotosintesis dari daun untuk disalurkan ke tumbuh – tumbuhan . Xilem yang membawa air dan mineral dari batang dan jaringan.

No comments:

Post a Comment