Saturday, August 4, 2018

CONTOH LAPORAN OBSERVASI KANTIN (1)



LAPORAN HASIL OBSERVASI
KANTIN SMAN 1 KINTAMANI
KELOMPOK 7 KELAS X. IIS 2



 Oleh

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
Ni Kadek Tika Sriantini
Putu Raey Bush Des Ye
Ni Putu Aris Setiadewi
Ni Luh Rentia Yuli
I WayanSemaradana


TAHUN PELAJARAN
2018/2019

LAPORAN HASIL OBSERVASI
KANTIN SEKOLAH SMAN 1 KINTAMANI

Kantin adalah sebuah tempat dalam sebuah tempat umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan ,baik makanan yang di bawa sendiri maupun yang di beli disana. Biasanya di kantin terdapat makanan dan minuman .Kantin sangat membutuhkan kebersihan yang baik. Khususnya di lingkungan sekolah. Keberadaan kantin sangatlah di butuhkan dalam suatu sekolah .karena kantin sangat berguna bagi kepentingan warga sekolah setempat.

Sanitasi lingkungan sekitar sekolah SMA Negeri 1 Kintamani sangatlah berguna . Kantin SMA Negeri 1 Kintamani dapat memberi kesenangan tersendiri terhadap para warga sekolahnya. Karena terdapat begitu banyak makanan yang di jual disana ,namun kebersihan di lingkungan kantin SMA Negeri 1 Kintamani masih di ragukan.
Sanitasi ruang makan kantin SMA Negeri 1 Kintamani cukup bersih dan meja – meja di tata rapi walaupun  masih kurang meja untuk makan warga sekolah SMA Negeri 1 Kintamani bisa menyesuaikan dirinya untuk mencari tempat makan yang nyaman. Namun  ada  beberapa   siswa yang  makan di  dalam kelas   karena masih  kurangnya   ruang makan  untuk para  siswa dan sebagaian siswa   mengondisikan  dirinya  di pinggir kebun  dan di pinggir lapangan  upacara   sebagai tempat  untuk mereka makan  dan minum.
Sanitasi penyimpanan makan SMA Negeri 1 Kintamani  cukup bersih makanan – makanan yang yang jual di SMA Negeri 1 Kintamani di simpan di berbagai tempat penyimpanan seperti, lemari kaca, toples, kontener – kontener kecil dan tempat untuk menyimpan minuman ibu kantin menyimpan dalam kulkas.
Tempat memasak kantin SMA Negeri 1 Kintamani hanyalah dapur mini yang hanya ada beberapa alat untuk memasak seperti :kompor, wajan dan lainnya walaupun dapur mini ibu kantinya bisa menyesuaikan alat – alat dapur yang ada di kantin.
Tempat menyuci piring kantin SMA Negeri 1 Kintamani kebersihannya masih kami ragukan karena hanya menggunakan air yang terbatas dan tempatnya kurang layak, wadah yang digunakan untuk memcucipiring adalah ember yang berukuran kecil.
Pengolahan sampah  kantin SMA Negeri 1 Kintamani .Tempat sampahnya di bedakan menjadi 3 yaitu warna hijau untuk sampah organic, yang warna kuning untuk sampah anorganik, dan untuk yang berwarna merah untuk sampah yang memiliki kandungan racun.
Jenis makanan yang jual di kantin SMA Negeri 1 Kintamani terdapat banyak jenis seperti nasi campur, nasi kuning, dan nasi goreng, beberapa jenis gorengan seperti :tahu, tempe. Beberapa jenis snack yang biasanya di gemari anak – anak, dan ada beberapa jenis roti yang di jual walaupun tidak semua jenis makanan yang di jual ,tapi makanan – makanan yang di jual sudah  bisa memenuhi keinginan warga sekolah SMA Negeri 1 Kintamani
Dukumentasi
Kantin

Sanitasi lingkungan sekitar kantin



Sanitasi ruang makan

Sanitasi penyimpanan makanan

Sanitasi tempat memasak kantin

Sanitasi tempat mencuci piring

Sanitasi Pengolahan sampah kantin

Sanitasi jenis makanan yang dijual





Kesimpulan
Kantin (dari Bahasa  Belanda: kantine) adalah  sebuah  ruangan dalam  sebuah Gedung  umum yang   dapat  digunakan  pengunjungnya untuk makan, baik  makanan yang dibawa sendiri  maupun  yang dibeli disana.  Kantin hampir  selalu ada  di tiap  sekolah  di Indonesia.  Biasanya kantin   menjadi tempat  berkumpul  bagi  para murid. Tempat kantin  yang  berisi berbagai   macam makanan dan minuman  dan penjualnya  pun banyak. Kantin  sangat  bermanfaat  bagi  seluruh warga sekolah.
Penutup
Demikianlah hasil laporan observasi yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca, kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas di mengerti dan lugas. Tiada gading yang takretak. Dan kami juga sangat mengharapkan saran dan kritikd ari para pembaca .sekiandari kami Dengan bangganya kami ucapkan terimakasih.


No comments:

Post a Comment