Tuesday, September 18, 2018

Pengertian Aset


v Pengertian Aset
Aset atau aktiva adalah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat usaha di kemudian hari. Aset dimasukkan dalam neraca dengan saldo normal debit. Aset adalah semua hak yang dapat digunakan dalam operasi perusahaan.
Jenis- jenis Aset :

1)      Aset Tetap (Fixed Asset) yaitu aset yang memiliki umur panjang atau permanen karena memiliki bentuk fisik serta dimiliki dan digunakan oleh perusahaan dan tidak untuk dijual sebagai bagian dari operasional. Contoh dari aset tetap yaitu bangunan atau gedung, mesin, tanah, kendaraan.
2)      Aset Lancar (Current Aset) yaitu uang kas atau aktiva lainnya (persediaan , piutang) yang diharapkan dapat dikonversi menjadi uang kas dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun. Contoh dari aset lancar yaitu kas dan setara kas (tabungan di bank), investasi jangka pendek, piutang, persediaan, dan beban di bayar dimuka.
3)      Aset Tak Berwujud (Intangible aset) yaitu hak hak perusahaan yang kepemiikannya di atur dan dilindunginoleh peraturan perundang-undnagan. Misalnya hak paten, hak guna  bangunan, hak sewa atau hak kontrak, franchise, trademark dan goodwill.



No comments:

Post a Comment