Monday, October 15, 2018

A. Pengertian keanekaragaman hidup


Keanekaragaman hidup meruapakan suatu kenyataaan yang antara lain sebagai akibat adanya peristiwa  evolusi khususnya mengenai adaptasi terhadap fungsi dan lingkungan yang berbeda – beda.

            Sedangkan evolusi itu sendiri adalah suatu perubahan yang terjadi pada makhluk hidup secara perlahan-lahan dengan jangka waktu yang lama yang diawali dari bentuk sederhana ke bentuk yang lebih sempurna. Bentuk dari keanekaragaman pada makhluk hidup tampak dari perbedaan bentuk, sifat ukuran, warna, fungsi, tubuh, struktur dan organ-organ yang lainnya. Jika makhluk hidup kalah bersaing dengan makhluk yang lainnya untuk mendapatkan habitat yang baru, maka mahluk hidup itu dengan sendirinya melakukan penyesuaian-penyesuaian yang bisa menimbulkan terjadinya spesies baru.
            Jadi penyesuaian diri mahluk hidup yang dengan makhluk hidup yang lainha atau adaptasi yang telah diebtukan diatas itu merupakan salah satu penyebab terjadinya sebuah evolusi. Dengan melakukan adaptasi yaitu penyesuaian diri antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Hal tersebut dapat menuntut makhluk hidup yang ingin tetap hidup utnuk selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup dan dengan sendirinya akan mendapatkan suatu keanekaragaman dalam mahluk hidup.

No comments:

Post a Comment