Wednesday, October 17, 2018

CIRI-CIRI TRI GUNA


A.      CIRI-CIRI TRI GUNA
Tri guna dalam diri manusia dapat dijadikan penanda bahwa orang tersebuit dipengaruhi oleh sifat sattvam, rajas, tamas da;lam aktivitasnya sehari-hari.
Ciri-ciri Tri Guna dapat dilihat dari pola makan, cara beryajnya perilaku kesehariannya, dan cara mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi. Adapun cirri-cirinya sebagai berikut :

1.       Ciri-ciri orang yang dipengaruhi sifat sattvam dalam kehidupannya dapat menjadikan orang tersebut berprilaku positif. Terdapat sloka-sloka.
Dalam pustaka suci Manavadharmasastra XII.31 dinyatakan sebagai berikut :
Wedabhyasastapo jnanam caucam indriyanigrahah dharmakriyatma cinta ca sattwikam guna laksanam
Artinya :
Mempelajari veda, bertapa, belajar segala macam ilmu pengetahuan, berkesucia, mengendalikan atas budi indriya, melakukan perbuatan bijak, besemadhi tentang jiwa, semua merupakan cirri-ciri sttvam.
Dalam pustaka suci Bhagavad-gita XVII.9, dinyatakan sebagai berikut :
Artinya
,makanan yang disukai oleh orang dalam sifat kebaikan memperpanjang usia hidup, menyucikan kehidupan dan member kekuatan, kesehatan, kebahagiaan, dan kepuasaan. Makanan tersebut penuh sari, berlemak, bergizi dan menyuenangkan hati.
Dalam pustaka Bhagavad-gita XVII.1.1 dinyatakan sebagai berikut.
Aphalakanksbhir yajno vidhi-drsto ya ijyate yastavyam eveti manahsamadhaya sa sattvikah.
Artinya :
Diantara korban-korbanm suci yang dilakukan menurut kitab suci, karena kewajiban oleh orang yang tidak mengharapkan pamrihh, adalah korban suci bersifat kebaikan.

Dalam pustaka sugi Bagavad-gita XVII.14, dinyatakan sebagai berikut
Deva-dvija-guru-prajna pujanam saucam arjavam brahmacaryam ahimsa ca sariram tapa ucyate
Artinya :
Pertapaan jasmani terdiri dari sembahyang kepada Sang Hyang Wdhi, para Brahmana, guru kerohanian, dan orang tua; kebersihan, kesederhanaan, tidak melakukan hubungan suami istri, dan tidak melakukan kekerasan.

No comments:

Post a Comment