Kerangka
Berpikir
Metode pembelajaran tari yang selama
ini dilakukan guru seni tari adalah metode ceramah dan demonstrasi. Dalam pembelajaran tari yang mengarah
pada kompetensi apresiasi dan ekspresi, sebagian kecil guru seni tari belum memberikan variasi dan pengembangan dalam proses berkreasi seni tari, sebagian besar melakukan
pembelajaran tari secara imitasi, interaksi terbatas dua arah,
tanpa dilanjutkan
dengan diskusi. Sekedar
membuat pola lantai, kurang
memberikan penjelasan dan pemahaman akan pengembangan
geraknya kepada siswa. Tindakan yang dilakukan
melalui PTK (penelitian tindakan kelas) dengan memberikan latihan atau praktik
secara terus menerus. Dengan mencermati tahap
penggarapan tari dan eksplorasi terhadap lingkungan sekitar sekolah, yang diekspresikan melalui gerak yang dihasilkan dari pengembangan imajinasi guru melalui visual dan
pengalaman pribadi, diharapkan akan menghasilkan ciptaan tari yang kreatif dan inovatif.
Guru seni
tari SMP Kabupaten Bangli yang terlibat
dalam PTK, sudah mempunyai bekal pengetahuan praktik tari
(gaya Yogyakarta, Surakarta, kreasi baru), tentang komponen pemilihan tema,
pemilihan tempat/lokasi pertunjukan. Sudah memahami tahap
penciptaan tari yang meliputi eksplorasi, improvisasi, evaluasi, komposisi. Selanjutnya membuat
koreografi kelompok untuk memudahkan proses pembuatan desain lantainya. Untuk mempercepat proses pembuatan iringan tarinya guru seni musik SMP Negeri 1
Kintamani membantu dalam proses
pembuatan iringan tarinya.
PTK yang dilakukan dalam kelompok diharapkan dapat
terlihat peningkatan kreativitas guru seni tari dalam pembelajaran tari melalui koreografi
lingkungan. Pada awal tindakan tim peneliti menyamakan persepsinya terhadap pengetahuan tentang koreografi lingkungan, pemberian tahap perancangan musik lingkungan, pemahaman tentang desain busana dari bahan alam, sebagai
bekal awal mengantarkan guru seni tari dalam berproses kreatif.
Sehingga para guru seni tari dalam menjajaki lingkungan sekitar dan membentuknya dalam sebuah rangkaian gerak tari (koreografi), dapat berjalan dengan lancar dan lebih efisien.
No comments:
Post a Comment