Thursday, January 3, 2019

Contoh Kerangka Berfikir PTK Seni SMP


Kerangka Berpikir
            Metode pembelajaran tari yang selama ini dilakukan guru seni tari adalah metode ceramah dan demonstrasi. Dalam pembelajaran tari yang mengarah pada kompetensi apresiasi dan ekspresi, sebagian kecil guru seni tari belum memberikan variasi dan pengembangan dalam proses berkreasi seni tari, sebagian besar melakukan pembelajaran tari secara imitasi,  interaksi terbatas dua arah,
tanpa dilanjutkan dengan diskusi. Sekedar membuat pola lantai, kurang memberikan penjelasan dan pemahaman akan pengembangan geraknya kepada siswa. Tindakan yang dilakukan melalui PTK (penelitian tindakan kelas) dengan memberikan latihan atau praktik secara terus menerus. Dengan mencermati tahap penggarapan tari dan eksplorasi terhadap lingkungan sekitar sekolah, yang diekspresikan melalui gerak yang dihasilkan dari pengembangan imajinasi guru melalui visual dan pengalaman pribadi, diharapkan akan menghasilkan ciptaan tari yang kreatif dan inovatif.
            Guru seni tari SMP Kabupaten Bangli  yang terlibat dalam PTK, sudah mempunyai bekal pengetahuan praktik tari (gaya Yogyakarta, Surakarta, kreasi baru), tentang komponen pemilihan tema, pemilihan tempat/lokasi pertunjukan. Sudah memahami tahap penciptaan tari yang meliputi eksplorasi, improvisasi, evaluasi, komposisi. Selanjutnya membuat koreografi kelompok untuk memudahkan proses pembuatan desain lantainya. Untuk mempercepat proses pembuatan iringan tarinya guru seni musik SMP Negeri 1 Kintamani  membantu dalam proses pembuatan iringan tarinya.
             PTK yang dilakukan dalam kelompok diharapkan dapat terlihat peningkatan kreativitas guru seni tari dalam pembelajaran tari melalui koreografi lingkungan. Pada awal tindakan tim peneliti menyamakan persepsinya terhadap pengetahuan tentang koreografi lingkungan, pemberian tahap perancangan musik lingkungan, pemahaman tentang desain busana dari bahan alam, sebagai bekal awal mengantarkan guru seni tari dalam berproses kreatif. Sehingga para guru seni tari dalam menjajaki lingkungan sekitar dan membentuknya dalam sebuah rangkaian gerak tari (koreografi), dapat berjalan  dengan lancar dan lebih efisien.

No comments:

Post a Comment