Saturday, February 2, 2019

Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus


Tanggal Kunjungan      : 26 Agustus 2018
Nama Lembaga PAUD : TK Negeri Kintamani
Alamat Lembaga PAUD:  Jalan Raya Pasar Kintamani, Bangli, Bali
Nama Kecamatan         : Kintamani
Nama Kabupaten/Kota : Bangli
Nama Provinsi              : Bali


HASIL PENGAMATAN
KATEGORI
ANALISA
Kondisi Sosial/Ekonomi
Reza berasal dari keluarga yang berada diklangan ekonomi menengah keatas itu artinya Reza hidup berkecukupan dan ia sangat disayang didalam keluarganya, karena dia merupakan anak lelaki satu-satunya dalam keluarganya. Kehidupan keluarga reza terlihat sangat bahagia dikarenakan memiliki 2 anak perempuan yang baik dan penurut. Akan tetapi, karena sifat dan prilaku keanggunan dari kakak-kakak perempuan Reza ternyata membawa dampak negatif bagi Reza sehingga sifat dan prilaku Reza lebih kesifat nonnormatif atau tidak sesuai dengan kondisi fisik jendernya.
Penyimpangan dari yang ideal
Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan prilaku dan sifat nonnormatif Reza dikarenakan oleh faktor internal dan eksternal
a.       Faktor Internal, adalah faktor yang berasal dari dalam seperti faktor genetik atau bawaan. Maka ada dua aspek yang mengundang perbedaan pendapat paling kontraversial yaitu berkaitan dengan perbedaan jender yaitu perbedaan laki-laki dan perempuan dan yang keduan berkaitan dengan peranan, sifat-sifat serta usul-usul intelegensi. Perbedaan muncul dalam kaitan mana yang pada awalnya dipengaruhi faktor bawaan atau genetik.
b.       Faktor Ekternal, adalah faktor yang berasal dari luar seperti faktor lingkungan baik lingkungan keluarga maupun sosial.
1.       Lingkungan keluarga
Adalah kontek pertama yang memperkenalkan anak kepada dunia fisi melalui kegiatan bermain. Kelekatan dari orang tua dan saudara kandung biasanya berjalan sepanjang kehidupan dan menjadi model saat pembinaan hubungan dalam dunia yang lebih luas seperti tetangga, sekilah da masyarakat sekitar tempat tinggal.
2.       Lingkungan Sosial
Adalah kontek kedua yang mempengaruhi anak dalam dunia fisiknya juga melalui bermain bersama teman sebayanya. Dalam pengaruhnya lingkungan sosial ini memang sangat mempengaruhi perkembangan anak mengenai sikap dan sifat normatif serta nonnormatif.


No comments:

Post a Comment