Tuesday, October 10, 2017

APAKAH MANFAAT KEJU??

Keju merupakan bahan makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat pada susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. Bakteri ini menghasilkan enzim renin, sehingga protein pada susu akan menggumpal dan membagi susu menjadi cairan dan padatan (dadih). Selanjutnya enzim renin akan mengubah gula laktosa dalam susu menjadi asam dan protein yang ada pada dadih. Dadih inilah yang akan diproses lebih lanjut melalui proses pematangan dan pengemasan sehingga terbentuk olahan makanan yang dikenal dengan keju.
Apa saja manfaat keju?

  • Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi
Keju yang berbahan dasar susu otomatis memiliki kandungan kalsium dan vitamin B yang sangat tinggi. Fungsi dari kalsium adalah menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis dan baik untuk anak di usia pertumbuhan. Selain itu, kalsium juga dapat membuat gigi sehat dan terhindar dari gigi berlubang.
  • Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui
Keju mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan ibu dan bayi.
  • Mencegah Penyakit Beri-beri
Keju mengandung vitamin B yang sangat tinggi,sehingga anda bisa terhindar dari penyakit beri-beri.
  • Mencegah kanker
Di dalam keju terdapat kandungan asam baik yang bernama asam Linoleat dan Sphingolipids. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan dua zat tersebut bersifat anti-karsinogenik yang artinya mampu membunuh zat-zat pemicu kanker.


No comments:

Post a Comment