Thursday, October 5, 2017

Apakah USG itu???? Amankah dilakukan bagi Ibu hamil??



Ultrasonografi (USG) merupakan alat yang dapat digunakan sebegai pendeteksi kehamilan, melalui alat ini akan dapat diketahui perkembangan janin dalam kandungan ibu, posisi janin di dalam rahim, jenis kelamin janin, bahkan bila janin mengalami kecacatan atau gangguan kesehatan yang lain.
Pada dasarnya, teknologi utrasonografi ini adalah teknik diagnostik pencitraan menggunakan ultrasonik yang digunakan untuk mencitrakan organ internal untuk keperluan medis.
Dalam bidang fisika istilah ultrasonik merupakan bunyi yang frekuensinya diatas kemampuan pendengaran manusia, yakni diatas 20.000 Hertz. Suara pada frekuensi ini dipancarkan pada tubuh janin yang akan menghasilkan gambaran mengenai kondisi bayi dalam kandungan
Sebuah alat bernama transducer ditempelkan pada tubuh untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Kemudian tiap gema yang memantul akan membentuk citra berupa ukuran, bentuk, serta konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh.

Pantulan gelombang itulah yang kemudian membentuk gambar di layar komputer yang akan dibaca oleh ahlinya. Ahli USG atau sonografer tersebut kemudian akan menjelaskan apa yang muncul kepada pasien.

Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

APAKAH USG AMAN DILAKUKAN OLEH IBU HAMIL?
USG adalah metode yang dilakukan dnegan memanfaatkan pantulan gelombang suara sehingga dapat menghasilkan citra yang ditampilkan di layar komputer. USG aman dilakukan oleh Ibu hamil karena tidak melibatkan radiasi, seperti sinar-X. Namun, sebaiknya lakukan USG hanya dengan dokter atau profesional kesehatan yang terjamin kualitasnya. Bahkan, banyak ahli menyarankan agar USG dilakukan hanya untuk alasan medis yang jelas, seperti untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda dalam kandungan.

MACAM-MACAM USG
  • USG 2 Dimensi dan USG transvaginal

USG 2 Dimensi hanya menghasilkan gambar datar dan garis besar keadaan janin anda, hasil USG ini  tetap bisa digunakan untuk melihat organ-organ internal bayi. Gambar yang terlihat akan tampak samar-samar, meskipun gerakannya tetap terpantau dengan baik.
USG transvaginal dilakukan dnegan memasukkan probe ke dalam vagina, biasanya dilakukan diawal kehamilan untuk melihat dengan jelas kondisi rahim saat kandungan anada masih kecil. USG ini menghasilkan gambar  yang lebih jelas dibanding dnegan USG lainnya. 
  • USG 3D
USG 3D memungkinkan dokter dan Anda dapat mel ihat gambar janin dan organ-organ dalam tubuh Anda yang lebih lebar, lebih tinggi, dan lebih dalam. Karena menghasilkan gambaran yang lebih jelas, USG ini sangat membantu untuk mendiagnosis masalah selama kehamilan
  • USG 4D
USD 4D bisa menghasilkan video bergerak dari janin. Sehingga, melalui USG 4D, Anda bisa melihat berbagai aktivitas janin dalam kandungan. USG 4D juga lebih bisa menghasilkan gambar wajah dan anggota tubuh janin lainnya yang lebih jelas.
  • Ekokardiografi
Ekokardiografi biasanya dilakukan jika dokter mencurigai bayi Anda mungkin memiliki cacat jantung bawaan.  Tetapi, tes ini mampu menunjukkan gambar jantung janin Anda lebih dalam, termasuk ukuran, bentuk, dan struktur jantung.

No comments:

Post a Comment