Saturday, October 7, 2017

BAHAYAKAH PEMAKAIAN BEDAK BAYI??

Bedak bayi merupakan salah satu kosmetik untuk bayi yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Bedak bayi dipercaya dapat mengurangi biang keringat, iritasi pada bayi dan memberi keharuman tertentu pada bayi. Namun belakangan ini banyak dokter maupun bidan yang tidak menyarankan lagi pemakaian bedak bayi. Bahkan di media online banyak artikel-artikel yang memuat tentang bahanya penggunaan bedak bayi. 

Sebenarnya apakah penggunaan bedak bayi berbahaya atau tidak?? Kalau dikatakan berbahaya dulu orang tua kita menggunakan bedak bayi untuk anaknya adalah hal yang wajib dilakukan, dan kita masih sehat-sehat saja. 
Tapi apakah hal itu masih berlaku sampai sekarang??
Mari kita telaah sisi ilmiahnya!
The American Academy of Pediatrics menyatakan bahwa pemakaian bedak bisa menyebabkan masalah pada sistem pernapasan dan gangguan serius pada paru bila bayi menghirup serbuk pada bedak, terutama yang bertekstur bubuk.

Para dokter anak di AS sudah tidak lagi merekomendasikan penggunaan bedak talk Karena potensi bahayanya bila terhirup oleh bayi & anak2 balita. Bedak talk mengandung magnesium silikat halus, zinc, dll. Partikel2 yg kecil/halus ini dapat terhirup hingga masuk ke dalam struktur paru2 yang paling dalam sehingga dapat menimbulkan keracunan bedak talk. Gejala2 umum seperti batuk2, muntah, demam, permasalahn pernapasan lain, tidak sadar hingga kematian seperti yang telah dilaporkan dalam case report di atas.

Lalu apa yang harus dilakukan bila bayi mengalami iritasi akibat biang keringat maupun ruam popok?
Cara yang paling gampang untuk mengatasi iritasi adalah kita harus meyakinkan kulit yang iritasi tidak dalam keadaan tertutup dan lembab, pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Pakaikanlah pakaian yang bersifat longgar, dan nyaman terutama bahan cotton. Bila bayi mengalami iritasi akibat pemakaian popok, maka jangan pakaikan popok dahulu, karena popok menyebabkan sirkulasi udara terhambat, menjadikan kulit lembab sehingga kuman dan jamur dan tumbuh dengan subur. 
Bila iritasi belum juga membaik maka sebaiknya gunakan krim yang mengandung calamine  pada kulitnya. Namun, jangan sampai mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata si bayi anda. Jika biang keringat atau iritasi  sangat parah, gunakan krim hidrokortison sesuai saran dokter. Disarankan untuk tidak menggunakan salep dan lotion jenis lainnya karena dapat membuat ruam menjadi parah.

Nah itulah alasan mengapa saat ini penggunaan bedak bayi dilarang, sekarang tergantung kebijaksanaan kita sebagai orang tua untuk menyikapinya

No comments:

Post a Comment