Tuesday, October 10, 2017

FAKTA UNIK DAN MANFAAT ASAM JAWA

Buah asam termasuk buah polong-polongan. Buah polong berwarna coklat. Di dalam buah polong
selain terdapat kulit biji yang membungkus daging buah juga terdapat biji berjumlah 2-5. Biji asam jawa berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.
Asam jawa mengandung berbagai jenis asam seperti asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat. Di dalam buah asam juga terkandung protein, lemak, karbohidat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.
Adapun manfaat asam jawa sebagi obat tradisional adalah :

  • Sakit perut
Diperlukan 3 polong asam jawa masak, kapur sirih dan kayu putih. Semua bahan dicampur dan ditumbuk halus lalu gosokkan pada bagian perut yang sakit. Lalu untuk obat minumnya ambil 3 polong asam jawa dan satu potong gula aren. Seduh kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air panas dan saring lalu air hasil saringan diminum secara teratur. 
  • Menurunkan kadar kolestrol
Tumbuk 150-200 daun asam jawa, lalu campurkan dengan 1 gelas air matang panas (200 ml). Setelah itu diperas dan disaring. Dan diminum untuk satu kali minum. Minumlah 3 kali sehari. 
  • Sakit panas
Sediakan 2 polong asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Air hasil saringan tersebut kemudian diminum. Ramuan ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. 
  • Rematik
1 genggam daun asam jawa dan tambahkan 2-3 bji asam jawa. Tumbuklah kedua bahan sampai halus lalu  gunakan sebagai kompres pada dahi.
  • Luka baru
Tempelkan daun asam jawa yang telah ditumbuk diatas luka. 
  • Sariawan 
2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari dan 1 potong gula kelapa. Setelah itu rebus semua bahan sampai mendidih hingga tinggal satu gelas kemudian disaring. Air hasil saringan diminum seperti biasa

No comments:

Post a Comment