Tuesday, October 10, 2017

FAKTA UNIK DAN MANFAAT KENCUR

Kencur merupakan tanaman kecil yang dapat tumbuh subur di dataran tinggi atau dataran rendah.
Daun tanaman ini bulat melebar dengan ujung yang mengecil dan tetap rendah diatas tanah. Warna daunnya hijau segar dengan tangkai daun yang pendek. Bunga kencur berwarna lembayung dengan putih yang lebih dominan.
Cara menanam kencur cukup mudah yaitu hanya dengan menanam rimpang kencur yang sudah tua dan masih segar, dari rimpang tersebut maka akan tumbuh tunas dan akan menjadi tanaman baru. Kencur dapat digunakan sebagai obat dari penyakit tertentu seperti :

  • Asma
Ambil rimpang kencur secukupnya, kemudian parut dan peras airnya. Air hasil perasannya kemudian dicampurkan dengan dua sendok makan madu dan satu butir telur ayam kampung dikocok sampai rata setelah itu diamkan lalu minum.
  • Radang Lambung
Sediakan dua rimpang kencur seukuran ibu jari, kemudian buanglah kulit kencur sampai bersih. Kunyahlah rimpang kencur sampai semua airnya tertelan, ampasnya dibuang. Setelah itu minum air putih, lakukan sampai sembuh
  • Batuk
Ambil satu rimpang kencur kemudian cuci, parut, tambahkan satu gelas air hangat. Peras airnya. Air hasil saringan tambahkan sedikit garam dan minum setiap hari
  • Masuk Angin
Ambil satu rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Buanglah kulit kencur lalu makanlah bersama garam, setelah itu minum air putih. Lakukan dua hari sekali. 
  • Sakit Kepala
Ambilah 2-3 lembar daun kencur, kemudian tumbuk halus. Oleskan pada dahi sebagai kompresan. 

No comments:

Post a Comment