Thursday, October 12, 2017

KENAPA BISA TERJADI KANKER?

Pernahkah anda mendengar penyakit kanker?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa setiap sel akan mengalami pembelahan.  Tujuan pembelahan sel adalah untuk pertumbuhan dan perkembangan, menggati sel yang telah mati atau rusak, berkembang biak, membentuk varisasi individu baru dan lain sebagainya. Pembelahan normal merupakan suatu proses yang dikendalikan oleh berbagai gen. kanker adalah sel-sel yang terus membelah di luar kendali.
Pembelahan diluar kendali ini disebabkan oleh perubahan atau mutasi pada gen pengendali pembelahan sel. Mutasi ini dapat disebabkan oleh :
  • Sinar X
  • Sinar UV
  • Sinar gamma
  • Zat kimia berbahaya : Benzopyrene, yakni zat berbahaya yang terjadi akibat adanya pembakaran. Benzopyrene biasa ditemukan pada produk-produk yang dimasak dengan api atau pengasapan. Benzopyrene mengakibatkan timbulnya sebuah zat tertentu yang secara kimia bisa mengikat DNA dan ikatan inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya perubahan struktur DNA.
  • Infeksi Virus
  • Lingkungan, penyebab dari faktor lingkungan pun ada bermacam-macam, salah satu contohnya adalah makanan. Makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, makanan yang diasapi, daging merah, makanan fermentasi, makanan gosong hingga bahan kimia dalam makanan seperti formalin terbukti bisa memicu kanker. 

Sebenarnya mutasi yang terjadi pada satu gen saja tidak cukup untuk menghasilkan sel tumor. Hal ini disebabkan karena tubuh memiliki mekanisme perbaikan gen yang rusak. Namun sejalan dnegan bertambahnya waktu jika semakin banyak mutasi yang terjadi, maka mutasi tersebut akan terakumulasi menjadi banyak dan menyebabkan gen pengendali pembelahan rusak akibat sel-sel yang membelah tanpa henti.
Jika sel tumor ini tidak segera diatasi maka sel tumor akan berkembang menjadi kanker dan mampu menyebar ke seluruh tubuh membentuk berbagai jenis kanker. Misalnya kanker kulit, kanker rahim, kanker payudara, dan kanker prostat. Meskipun tidak semuanya, sebagian penderita kanker memiliki riwayat keluarga yang juga menderita kanker.

Beberapa tingkat keparahan kanker beserta kemungkinan sembuhnya adalah sebagai berikut:

Pada stadium I, kemungkinan sembuhnya sebesar 90%
Pada stadium II, kemungkinan sembuhnya menurun jadi 70%
Pada stadium II, kemungkinan sembuhnya menjadi 40%, dan
pada stadium IV, pasien hanya memiliki 20% kemungkinan bertahan hidup

No comments:

Post a Comment