Friday, October 20, 2017

PEMBINAAN KURIKULUM



PEMBINAAN KURIKULUM
Kurikulum tertulis (kurikulum ideal) yang telah dikembangkan secara sistematis dengan berdasar kepada landasan-landasan yang kokoh/kuat, tidak secara otomatis dapat dilaksanakan dengan optimal dengan hasil belajar siswa  yang tinggi. Kurikulum yang seragam (uniform),  belum tentu menghasilkan prestasi belajar yang seragam pula.
Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang sngat esensial dalam keseluruhan kegiatan pendidikan sebenarnya, kurikulum untuk suatu lembaga pendidikan tertentu pada umumnya sudah ada, artinya telah disusun sebelumnya  oleh perencana kurikulum (curriculum planner).
Secara sederhana, pembinaan kurikulum ini merupakan  suatu upaya yang dilakukan oleh staf sekolah (kepala sekolah dan guru) untuk menjaga dan mempertahankan agar kurikulum tetap berjalan sebagaimana seharusnya. Dengan demikian, pembinaan kurikulum tidak lain mengusahakan pelaksanaan kurikulum sesuai dengan program  dan ketentuan yang telah ditetapkan(kurikulum ideal/ potensial).
Tujuan pembinaan kurikulum ini adalah diperoleh pelaksanaan kurikulum yang mantap, lebih ringkasnya lagi, tujuannya adalah memperkecil  atau meniadakan kesenjangan antara apa yang seharusnya dilaksanakan (kurikulum ideal) dengan apa yang dapat dilaksanakan (kurikulum aktual).

No comments:

Post a Comment