PEMBINAAN KURIKULUM
Kurikulum
tertulis (kurikulum ideal) yang telah dikembangkan secara sistematis dengan
berdasar kepada landasan-landasan yang kokoh/kuat, tidak secara otomatis dapat
dilaksanakan dengan optimal dengan hasil belajar siswa yang tinggi. Kurikulum yang seragam (uniform), belum tentu menghasilkan prestasi belajar yang
seragam pula.
Pengembangan
kurikulum merupakan bagian yang sngat esensial dalam keseluruhan kegiatan
pendidikan sebenarnya, kurikulum untuk suatu lembaga pendidikan tertentu pada
umumnya sudah ada, artinya telah disusun sebelumnya oleh perencana kurikulum (curriculum planner).
Secara
sederhana, pembinaan kurikulum ini merupakan
suatu upaya yang dilakukan oleh staf sekolah (kepala sekolah dan guru)
untuk menjaga dan mempertahankan agar kurikulum tetap berjalan sebagaimana
seharusnya. Dengan demikian, pembinaan kurikulum tidak lain mengusahakan
pelaksanaan kurikulum sesuai dengan program
dan ketentuan yang telah ditetapkan(kurikulum ideal/ potensial).
Tujuan
pembinaan kurikulum ini adalah diperoleh pelaksanaan kurikulum yang mantap,
lebih ringkasnya lagi, tujuannya adalah memperkecil atau meniadakan kesenjangan antara apa yang
seharusnya dilaksanakan (kurikulum ideal) dengan apa yang dapat dilaksanakan
(kurikulum aktual).
No comments:
Post a Comment