Saturday, November 4, 2017

BAGAIMANA TANDA-TANDA AWAL KEHAMILAN?


Kehamilan, merupakan hal yang ditunggu-tunggu pasangan atau pengantin baru. Tujuan sebuah pernikahan adalah anak, tentu banyak pasangan mengharapkan segara diberi kehamilan, adapun beberapa tanda awal kehamilan setiap wanita berbeda-beda, tetapi pada umumnya wanita akan mengalami beberapa hal di bawah ini :

  • Rasa Mual dan Muntah
Rasa mual muntah adalah tanda bagi anada yang sedang mengandung, basanya hal ini dipengaruhi karena perubahan hormon di dalam tubuh sehingga menaiikan asam lambung dan menyebabkan rasa mual. Tidak semua wanita hamil mengalami ini di masa kehamilannya, beberapa wanita tidak mengalami rasa mual di awal kehamilannya
  • Nafsu Makan Berkurang atau Bertambah atau Ngidam
Beberapa wanita yang tengah hamil, mengalami penurunan nafsu makan, hal ini dikarenakan rasa mual yang berlebih sehingga apapun yang dimakan dimuntahkan kembali. Tetapi ada juga wanita yang tengah hamil muda memiliki nafsu makan yang tinggi, perasaan lapar terus menerus. Wanita hamil muda pada umumnya akan mengalami masa-masa ngidam, dimana ia sangat menginginkan makan makanan tertentu sekalipin dulunya ia benci makanan tersebut.
  • Pusing
Pusing adalah salah satu ciri anda sedang hamil, biasanya rasa pusing dibarengi dengan rasa mual dan muntah. Bila anda saat hamil muda mengalami pusing yang berlebihan segera hubungi dokter kandungan atau bidan terdekat. 


  • Perasaan Mengantuk dan Cepat Lelah
Wanita hamil biasanya akan mudah lelah, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon dan metabolisme dalam tubuhnya. Ia juga lebih cepat lelah dari keadaan sebelum hamil. 
  • Malas melakukan sesuatu
Wanita hamil biasanya mengalami perubahan hormon, perubahan hormon ini akan mempengaruhi emosi dan perubahasan perasaan wanita yang tengah hamil, taau disbut dengan istilah MOOdy
  • Sakit pinggang atau keram perut
Sakit pinggang atau keram perut biasanya dialami wanita sebelum mengalami menstruasi, tetapi keadaan ini juga dialami oleh wanita yang tengah hamil. 
  • Perubahan tekstur dan jenis kulit
Wanita hamil biasanya mengalami perubahan struktur dan jenis kulit, mungkin kulitnya sekarang lebih kenyal atau lebih kaku. Berminyak atau malah tambah kering dari keadaan biasanya. Hal ini normal mengingat adanya banyak perubahan dalam tubuh anda
  • Tes Pack Positif
Tes pack atau tes urine adalah cara yang paling praktis dan akurat yang bisa anda lakukan untuk mengatahui anda sedang hamil atau tidak. Biasanya tespack dapat dilakukan setelah 2 minggu berhubungan atau anda merasa terlambat mentsruasi. Bila anda positif maka tes akan menunjukkan dua garis, tetapi bila negatif maka tes akan menunjukkan satu garis. 
  • Terlambat Menstruasi
Terlambat menstruasi adalah hal yang dirasakan semua wanita hamil. Bila anda memiliki siklus mesntruasi yang tidak teratur, tentu hal ini belum tentu menjadi jaminan anda tengah hamil, tetapi bagi anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka terlambat menstruasi adalah salah satu pertanda bahwa anda tengah hamil. Jika anda telah terlambat haid 3 hari sampai 7 hari lakukan tes urine untuk meyakinkan diri anda bahwa anda tengah mengandung. 

No comments:

Post a Comment