Monday, November 13, 2017

Buncis


Tentu kalian sudah mengenal sayuran yang satu ini. Selain sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral, buncis juga mempunyai kegunaan lain, yaitu sebagai tanaman obat.

Tanaman buncis berbentuk semak tegak dan membelit yang panjangnya mencapai 3 meter. Mahkota bunga umumnya berwarna putih atau kuning, kadang-kadang ungu. Buahnya merupakan buah polong. Biji terdapat dalam buah polongan. Warnanya ada yang putih, kuning, merah, lila, cokelat atau hitam. Tanaman ini diperbanyak melalui bijinya.
Buncis digunakan untuk mengatasi  kencing manis dan memperlancar ASI, bagaimanakah caranya? Untuk mengatsi kencing manis, ambilah 250 gram buah buncis, lalu dikukus dan dimakan sebagai lalap tiga kali sehari, sekali makan banyaknya 250 gram. Untuk memperlancar ASI, caranya dengan banyak mengonsumsi buncis.
Buncis juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Caranya, ambillah 30 gram buncis segar, dicuci, lalu direbus. Setelah agak layu, buncis diangkat. Rebusan buncis dimakan sebagai lalap bersama nasi.


No comments:

Post a Comment