Wednesday, November 22, 2017

Logo Plastik yang Harus Anda Ketahui

Tahukan anda bahwa disetiap kemasan botol plastik, tempat makan atau wadah apapun yang terbuat dari plastik memiliki logo tertentu. Logo tersebut merupakan identitas bahan yang digunakan membuat plastik tersebut. Memahami logo tersebut akan memudahkan kita dalam memilih platik yang sesuai dengan kebutuhan kita.


  • PETE(Polyethelyne Terephthalate) atau Kode 1
PETE atau PET merupakan salah satu platik yang sering digunakan sebagai wadah makanan, seperti botol air mineral dan beberapa pembungkus. Plastik ini dirancang hanya digunakan sekali saja. Jika digunakan berulang kali dapat berisiko terkonsumsunya bahan plastik dan bakteri yang tumbuh di dalam kemasan. Bila tidak digunkan kembali platik ini sebaiknya didaur ulang.















  • HDPE (High-Desity Polyethelyne) atau Kode 2
Plastik HDPE merupakan platik yang digunakan untuk membuat botol susu, botol deterjen, botol shampo , botol minyak, atau botol pelembab dan beberapa tas plastik. HDPE merupakan plastik yang paling umum didaur ulang dan merupakan plastik paling aman. HDPE sangat keras, tidak mudah rusak oleh panas, pengaruh sinar matahari atau suhu dinin. HDPE merupakan plastik yang biasa digunakan untuk meja piknik, tong sampah dan plastik yang memerlukan ketahanan cuaca.

  • V atau PVC  (Polyvinyl Chloride) atau Kode 3
Platik V atau PVC  memiliki sifat lembut dan fleksibel, biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan, mainan anak seperti pelampung renang dan balon, V juga digunakan sebagai pembungkus kabel komputer. plastik ini memiliki sifat beracun yang dapat mencemari makanan. 

  • LDPE (Low-Density Polythylene) atau Kode 4
LDPE biasa ditemukan pada pembungkus baju, kantung layanan cuci kering, pembungkus buah, dan botol pelumas. LDPE memilikitingkat racun yang rendah namun tidak umum didaur ulang, bila didaur ulang bisa digunakan sebagai ubin lantai. 

  • PP (Polypropylene) atau Kode 5
Plastik PP bersifat kuat dan ringan serta tahan terhadap panas. Plastik ini mampu menjaga kelembapan, minyak dan sneyawa kimia lainnya. Biasanya digunakan untuk membungkus sereal, ember, kotak margarin, dan yogourt, sedotan tali, kaleng cat. PP dianggap aman untuk didaur ulang dan juga digunakan kembali

  • PS (Polystyrene) atau Kode 6
Polystyrene atau sterofoam merupakan plasti yang murah, ringan dan mudah dibentuk. Plastik ini banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan iasanya PS digunakan sebagai wadah minuman ringan,karton telur, pembungkus makanan, pembungkus barang yang dikirim jarak jauh. PS ,udah rusak, mudah mencemari lingkungan senyawa styrene pada poliester mudah lepas dan dapat memicu kankerdan gangguan sistem reproduksisehingga kita harus menghindari plastik ini sebagai pembungkus makanan. 

  • Bahan Plastik Lain (BPA, Polycarbonate, dan LEXAN) atau Kode &
Kode 7 merupakan bahan plastik yang dipaparkan sebelumnya, Plastik ini biasanya digunakan untuk membuat aksesories kendaraan, namun ada juga produsen menggunakan bahan ini sebagai pembuatan botol minum bayi, dan pembungkus makanan. Penggunaan kode 7 untuk pembungkus mkanan dan minuman tidak dianjurkan karena salah satu bahannya BPA (Bisphenol A) merupkan senyawa yang dpaat menggangu hormon-hormon tubuh sehingga penggunaan bahan dengan kode 7 sebaiknya dihindari



No comments:

Post a Comment