Sunday, November 19, 2017

Personal Pronoun - Kata Ganti Nama Orang

Text Box: UNIT I
GRAMMAR

 


Personal Pronoun ( kata ganti nama orang )
              I.        Sebagai subject (pokok kalimat)
            II.        Sebagai object ( pelengkap penderita )
           III.        Sebagai feflexive


 I.       Kalau kata orang dipakai subject
Orang ke -
Jamak
Tunggal
I (satu)
II (dua)
III (tiga)
We
You
They
I
You
He/she/it

KETERANGAN :
I (saya )                      = Orang pertama tunggal (orang yang berbicara)
We (kami)                  = Orang pertama jamak (orang yang berbicara)
You (kamu)               = Orang kedua tunggal atau jamak (orang yang diajak bicara)
He (dia(lk)                  = Orang ketiga tunggal (orang yang dibicarakan)
She (dia per)             = Orang yang dibicarakan (orang yang dibicarakan)
It(ia/ini/itu)                 = Benda/binatang tunggal
They (mereka)          = Orang ketiga jamak ( orang yang dibicarakan )


Penggolongan dapat dilihat pada kolom dibawah ini secara berurutan :
Personal Pronoun
Kata ganti nama Orang
Possesive bentuk
Reflexive Pronoun yang ditunjukan untuk dirinya sendiri
As subject
Sebagai
subject
As object
Sebagai
object
As adj
Sebagai
sifat
As pronouns
Sebagai
ganti
I
Saya

We
Kami
You

Engkau

She
Dia pr
He
Dia lk
It
Itu/bd

They

Mereka
Me
Saya

Us
Kami
You

Engkau

Her
Dia pr
Him
Dia lk
It
Dia/bd

Thrm

mereka
My
Milik
Saya
Our
Milik kami
Your

Milikmu

Her
Milik dia
His
Milik dia
Its
Miliknya

Theirs

Milik
mereka
Mine
Milik
Saya
Our
Milik kita
Yours

Milikmu

Hers
Milik dia
His
Milik dia
Its
Miliknya

Theirs

Milik
mereka
My self
Saya sendiri

Ourself
Kami sendiri
Yourself/
Selves
Engkau
Sendiri
Herself
Dia sendiri
Himself
Dia sendiri
Itself
Them
Selves
Them
Selves
Mereka
sendiri

Mungkin dengan melihat kolom diatas anda akan mengerti tapi penjelasan lebih kongkrit maka saya akan memberikan penjabaran sebagai berikut :


    II.        Kalau kata ganti orang itu sebagai object penderita/tujuan :
Orang ke -
Jamak
Tunggal
I (satu)
II (dua)
III (tiga)
us
You
Them
me
You
Him/her/it

KETERANGAN :
me       = Object, orang pertama tunggal
us        = Object, orang pertama jamak
you     = Object, orang kedua jamak atau tunggal
them   = Object, orang ketiga jamak
him     = Object, orang ketiga tunggal
her      = Object, orang ketiga tunggal
it          = Object, benda/binatang tunggal

   III.        Sebagai kata ganti kepunyaan (possessive pronoun )
1.  Yang sebagai kata sifat
my       = milik saya, kepunyaan saya
yours  = kepunyaanmu
his       = kepunyaannya (laki- laki )
her      = kepunyaannya ( perempuan )
its        = kepunyaannya (binatang/benda )
our      = kepunyaan kami  atau kita
your    = kepunyaan kalian (jamak )
their    = kepunyaan mereka


2.    Yang sebagai kata ganti
min     = kepunyaan saya
yours  = kepunyaan kamu
his       = kepunyaan dia (laki-laki)
hers    = kepunyaan dia (perempuan)
ours    = kepunyaan kami atau kita
yours  = kepunyaan kalian ( jamak )
theirs  = kepunyaan mereka

  IV.        Kata ganti yang mengenai diri sendiri (reflexive pronoun )
myself                        = saya sendiri
yourself          = engkau sendiri (tunggal )
yourselves     = engkau sendiri (jamak)
himself           = ia sendiri ( laki-laki )
herself            = ia sendiri ( perempuan )
itself                = ia sendiri (hewan/benda)
ourselves       = kami sendiri (orang pertama jamak)
themselves    = mereka sendiri ( orang ketiga jamak)

Sekarang kita mempelajari bagaimana penggunaannya dalam kalimat
1)    Personal Pronoun (pokok)
                          I.    Subject Pronoun (pokok)
1)    Sebelum to be (am, is, are )
-       I am a sailor . Saya adalah seorang pelaut
2)    Sebelum verb (kata kerja )
-       I gave him a pen. Saya memberinya pena
                         II.    Object (penderita)
1)    Sesudah verb (kata kerja )


-       I gave him a pen, Saya memberinya sebiah pena
2)    Sesudah kata let
-       let me go. biarkan saya pergi
-       let’s go. marilah kita pergi
3)    sesudah preposition
(with,for,from,under,over,after,before,at,in,on,without,among,between,by,etc.)
-       I arrived before you. saya tiba sebelum kamu
4)    Sesudah to be
-       It is me that you need. lihat saya yang kau butukan
5)    sesudah of
-       I dream of him. saya bermimpi tentang dia
6)    Jika tidak ada verb (kata kerja )
-       Who’s there ? me. Siapa disana ? Saya
7)    Bila ada tanda seru
-       Fancy him dying so young and him only fifteen!. Bayangkan, dia mati begitu muda dan dia hanya lima belas tahun!
B.Possesive Pronoun
                          I.    As Pronoun (sebagai kata ganti).
1)    Di belakang kalimat/tidak diikuti kata benda :
-       That is mine. ini milikku
2)    Sesudah of, jika sebelum of adalah kata benda :
-       That is pen of yours. itu penamu
                            II. As adjective (sebagai kata sifat)
1)    Sebelum verb (kata benda)
-       That is your pen. itu penamu
C. Reflecive Pronoun
Menunjukkan pekerjaan yang dilakukannya sendiri atau tanpa pertolongan orang lain.
-       I do it by myself. saya melakukannya sendiri


No comments:

Post a Comment