ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
LEMBAR
SOAL
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester :
VII/I
Hari/tanggal : Selasa, 20 September 2016
Waktu : 12.30 – 13.40 WITA
Petunjuk
I.
Silanglah jawaban yang dianggap paling benar di bawah
ini, a,b,c dan d!
Soal
Pilihan Ganda
1. Segala
sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik
merupakan pengertian dari…
a. Ekosistem c. Lingkungan Hidup
b. Habitat d. Kehidupan
2. Berikut
adalah proses alam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, yaitu…
a. Penebangan
Hutan c. Konservasi
b. Reboisasi d. Kemarau Panjang
KONSERVASI UJUNG
KULON
Konservasi alam
adalah suatu menajemen alam dan lingkungan secara bijaksana untuk melindungi
alam dan lingkungan. Konservsi sangat penting dilakukan untuk
menyelamatkan alam dari kerusakan.
Kerusakan alam yang tidak ditangani akan berdampak buruk bagi manusia dan
lingkungannya.
Ujung Kulon adalah
salah satu daerah konservasi. Hewan langka yang dilindungi di daerah ini adalah
badak bercula satu. Lingkungan tempat hidup dan berkembang badak bercula satu
benar-benar dikondisikan. Hal ini dilakukan agar hewan langka ini dapat hidup
dalam ekosisitem yang baik.
Konservasi alam
Ujung Kulon ini sangat bermanfaat. Selain dapat melindungi badak bercula satu
dari kepunahan, konservasi juga dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian
alam.
3.
Tema
yang paling tepat dari teks yang berjudul “Konservasi Ujung Kulon” di atas
adalah…
a.
Badak
bercula satu Ujung Kulon c.
Konservasi alam Ujung Kulon
b.
Lingkungan
Ujung Kulon d.
Keseimbangan Ujung Kulon
4.
Isi
teks yang berjudul “Konservasi Ujung Kulon” adalah…
a.
Konservasi
adalah upaya yang sangat penting dilakukan.
b.
Badak
bercula satu harus dilindungi dari kepunahan
c.
Konservasi
Ujung Kulon untuk melindungi badak bercula satu dan lingkungannya.
d.
Badak
bercula satu adalah hewan langka Ujung Kulon.
5.
Teks
yang berjudul Konservasi Ujung Kulon, termasuk jenis teks…
a.
Laporan
hasil observasi c.
Berita
b.
Deskripsi d.
Narasi
6. Teks
yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu yang berupa hasil pengamatan
merupakan pengertian dari teks…
a. Teks
Observasi c.
Teks Eksplanasi
b. Teks
Deskripsi d.
Teks Narasi
7. Berikut
adalah struktur teks hasil observasi yang benar yaitu,…
a. Definisi
umum, definisi bagian dan definisi manfaat
b. Definisi
umum, deskripsi bagian, defenisi bagian
c. Deskripsi
bagian, defenisi umum dan deskripsi manfaat
d. Definisi
umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat
8. Gagasan
utama dalam suatu paragraf mrupakan…
a. Inti
pembahasan dalam suatu paragraf
b. Deduktif
c. Induktif
d. Pembahasan
suatu masalah
9.
Indonesia
merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan
banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumuhan dan hewan yang khas, seperti
matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Ide pokok paragraf di atas adalah ...
a. Indonesia memiliki tumbuhan da hewan
khas.
b. Indonesia memberikan banyak oksigen.
c. Matoa, kayu cendana dan komodo
merupakan tumbuhan dan hewan khas
Indonesia.
d. Indonesia merupakan paru-paru dunia.
10. Keindahan alam Indonesia harus dicintai
dan dilestarikan.
Makna kata yang dicetak miring adalah
...
a.
Diteruskan
c. Dijaga keberlangsungannya
b.
Diperpanjang
hidupnya
d. Dimanfaatkan kegunaannya
11. Unsur
kebahasan yang ada dalam teks hasil observasi adalah, kecuali.
a. Afiksasi
c.
Kalimat deskripsi
b. Rujukan
kata d.
Kalimat majemuk
12. Ujung
Kulon adalah salah satu daerah konservasi. Hewan langka yang dilindungi di
daerah ini adalah badak bercula satu. Lingkungan tempat hidup dan berkembang
badak bercula satu benar-benar dikondisikan. Hal ini dilakukan agar hewan
langka ini dapat hidup dalam ekosisitem yang baik.
Gagasan
utama dari paragraph di atas adalah…
a. Ujung Kulon dan badak bercula
satu
b. Ujung
Kulon adalah tempat konservasi alam
c. Hewan
langka harus dilestarikan
d. Lingkungan
Ujung Kulon
13. Anto bersekolah di SMP Terpadu. Dia
bercita-cita menjadi dokter. Dia sangat giat belajar, ... dia selalu mendapat
peringkat pertama dalam segala bidang.
Kata
hubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
a.
sehingga
c. tetapi
b. dan
d. atau
14. Sampah organik dapat dimanfaatkan
industri pengolahan kompos menjadi pupuk organik ... dapat diolah menjadi
industri energi.
Kata
hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a. sehingga c.
tetapi
b. dan
d. atau
15. Lingkungan hidup yang terpelihara dapat
menyelamatkan habitat manusia karena keseimbangannya terjaga.
Makna kata yang dicetak miring adalah
...
a. Tempat hidup organisme
b. Tempat hidup yang khas suatu organisme
c. Keanekarangan yang terdapat dalam satu
lingkungan
d. Keanekarangan hayati yang terdapat
dalam satu area
16. “Seminggu
yang lalu ibu membeli HP baru, tetapi
ibu tidak bisa menggunakannya”
Kalimat tersebut mengandung konjungsi…
a. Penambahan
b. Perlawanan
c. Sebab-akibat
d. Pilihan
17. 1.
Apotek – Apotik
2. kasatmata – kasat mata
3. napas – nafas
Kata-kata di atas yang merupakan kata
baku adalah…
a. Apotek,
kasat mata dan nafas
b. Apotik,
kasatmata dan napas
c. Apotek,
kasatmata dan napas
d. Kasat
mata, apotik dan nafas
18. Berikut
flora dan founa khas Indonesia, kecuali
a. Kayu
Cendana
b. Koala
c. Jalak
Bali
d. Harimau
Sumatra
19. “Di
pulau Sumatra banyak terdapat hewan khas. Di pulai itu hewan-hewan langka
dilestarikan”
Kalimat tersebut termasuk ke dalam
unsur bahasa…
a. Frasa
b. Kata
berimbuhan
c. Kelompok
kata
d. Rujukan
kata
20. Upaya
nyata apakah yang dilakukan siswa untuk menjaga lingkungan sekolahnya?
a. Menanam
pohon kembali dilingkungan sekolah
b. Melestarikan
hewan langka di sekolah
c. Menjaga
habitat di sekolah
d. Tidak
membuang sampah sembarangan
21. Jika
kalian melihat seorang teman kalian mencabuti tanaman di kebun sekolah secara
brutal, tingkah laku apa yang kalian tunjukan?
a. Menegurnya,
karena perilaku mencabuti tanaman dapat merusak lingkungan sekolah
b. Menghukumnya,
karena telah mencabuti tanaman
c. Melaporkannya
terhadap guru
d. Ikut
mencabuti, karena itu adalah hal yang sangat menyenangkan
22. Penelitian
apakah yang dapat dikembangkan di Taman Nasional?
a. Fenomena
alam
b. Konservasi
alam
c. Wisata
alam
d. Semua
benar
23. Fungsi
taman Nasional adalah…
a. Pengembang
biakan hewan rumahan
b. Pelestarian
hewan dan tumbuhan
c. Pelestarian
tumbuhan
d. Konservasi
taman
24. Faktor
penyebab kerusakan lingkungan adalah…
a. Alam
b. Manusia
c. Alam
dan manusia
d. Hewan
25. Kerusakan
lingkungan apakah yang disebabkan oleh manusia?
a. Tsunami
b. Putting
beliung
c. Hutan
gundul
d. Reboisasi
“Selamat
bekerja”
No comments:
Post a Comment