Tuesday, December 5, 2017

LATIHAN SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 BAHASA INDONESIA KELAS VII



ULANGAN TENGAH SEMESTER  GANJIL TAHUN PELAJARAN  2016/2017

LEMBAR  SOAL

                                      Mata Pelajaran        :  Bahasa Indonesia
                                      Kelas/Semester        :  VII/I
                                      Hari/tanggal             :  Selasa, 20 September 2016
                                      Waktu                      :  12.30 – 13.40 WITA                                    

Petunjuk
I.       Silanglah  jawaban yang dianggap paling benar di bawah ini, a,b,c dan d!
Soal Pilihan Ganda

1.      Segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik merupakan pengertian dari…
a.       Ekosistem                          c. Lingkungan Hidup
b.      Habitat                              d. Kehidupan
2.      Berikut adalah proses alam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, yaitu…
a.       Penebangan Hutan            c. Konservasi
b.      Reboisasi                           d. Kemarau Panjang

KONSERVASI UJUNG KULON
Konservasi alam adalah suatu menajemen alam dan lingkungan secara bijaksana untuk melindungi alam dan lingkungan. Konservsi sangat penting dilakukan untuk menyelamatkan  alam dari kerusakan. Kerusakan alam yang tidak ditangani akan berdampak buruk bagi manusia dan lingkungannya.
Ujung Kulon adalah salah satu daerah konservasi. Hewan langka yang dilindungi di daerah ini adalah badak bercula satu. Lingkungan tempat hidup dan berkembang badak bercula satu benar-benar dikondisikan. Hal ini dilakukan agar hewan langka ini dapat hidup dalam ekosisitem yang baik.
Konservasi alam Ujung Kulon ini sangat bermanfaat. Selain dapat melindungi badak bercula satu dari kepunahan, konservasi juga dapat menjaga keseimbangan dan kelestarian alam.
3.      Tema yang paling tepat dari teks yang berjudul “Konservasi Ujung Kulon” di atas adalah…
a.       Badak bercula satu Ujung Kulon              c. Konservasi alam Ujung Kulon
b.      Lingkungan Ujung Kulon                         d. Keseimbangan Ujung Kulon
4.      Isi teks yang berjudul “Konservasi Ujung Kulon” adalah…
a.       Konservasi adalah upaya yang sangat penting dilakukan.
b.      Badak bercula satu harus dilindungi dari kepunahan
c.       Konservasi Ujung Kulon untuk melindungi badak bercula satu dan lingkungannya.
d.      Badak bercula satu adalah hewan langka Ujung Kulon.
5.      Teks yang berjudul Konservasi Ujung Kulon, termasuk jenis teks…
a.       Laporan hasil observasi                             c. Berita
b.      Deskripsi                                                   d. Narasi
6.      Teks yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu yang berupa hasil pengamatan merupakan pengertian dari teks…
a.       Teks Observasi                                                      c. Teks Eksplanasi
b.      Teks Deskripsi                                                       d. Teks Narasi
7.      Berikut adalah struktur teks hasil observasi yang benar yaitu,…
a.       Definisi umum, definisi bagian dan definisi manfaat
b.      Definisi umum, deskripsi bagian, defenisi bagian
c.       Deskripsi bagian, defenisi umum dan deskripsi manfaat
d.      Definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat
8.      Gagasan utama dalam suatu paragraf mrupakan…
a.       Inti pembahasan dalam suatu paragraf
b.      Deduktif
c.       Induktif
d.      Pembahasan suatu masalah
9.      Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
Ide pokok paragraf di atas adalah ...
a. Indonesia memiliki tumbuhan da hewan khas.
b. Indonesia memberikan banyak oksigen.
c. Matoa, kayu cendana dan komodo merupakan tumbuhan dan hewan khas
    Indonesia.
d. Indonesia merupakan paru-paru dunia.
10.  Keindahan alam Indonesia harus dicintai dan dilestarikan.
Makna kata yang dicetak miring adalah ...
a.       Diteruskan                                        c. Dijaga keberlangsungannya
b.      Diperpanjang hidupnya                    d. Dimanfaatkan kegunaannya
11.  Unsur kebahasan yang ada dalam teks hasil observasi adalah, kecuali.
a.       Afiksasi                                                                 c. Kalimat deskripsi
b.      Rujukan kata                                                         d. Kalimat majemuk
12.              Ujung Kulon adalah salah satu daerah konservasi. Hewan langka yang dilindungi di daerah ini adalah badak bercula satu. Lingkungan tempat hidup dan berkembang badak bercula satu benar-benar dikondisikan. Hal ini dilakukan agar hewan langka ini dapat hidup dalam ekosisitem yang baik.
Gagasan utama dari paragraph di atas adalah…
a.       Ujung Kulon dan badak bercula satu
b.      Ujung Kulon adalah tempat konservasi alam
c.       Hewan langka harus dilestarikan
d.      Lingkungan Ujung Kulon
13.  Anto bersekolah di SMP Terpadu. Dia bercita-cita menjadi dokter. Dia sangat giat belajar, ... dia selalu mendapat peringkat pertama dalam segala bidang.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
a. sehingga                                             c. tetapi
b.  dan                                                     d. atau
14. Sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolahan kompos menjadi pupuk organik ... dapat diolah menjadi industri energi.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ...
a.       sehingga                                            c. tetapi
b.      dan                                                     d. atau
 15. Lingkungan hidup yang terpelihara dapat menyelamatkan habitat manusia karena keseimbangannya terjaga.
Makna kata yang dicetak miring adalah ...
a.       Tempat hidup organisme
b.      Tempat hidup yang khas suatu organisme
c.       Keanekarangan yang terdapat dalam satu lingkungan
d.      Keanekarangan hayati yang terdapat dalam satu area

16.   “Seminggu yang lalu ibu membeli HP baru, tetapi ibu tidak bisa menggunakannya”
Kalimat tersebut mengandung konjungsi…
a.       Penambahan
b.      Perlawanan
c.       Sebab-akibat
d.      Pilihan
17.  1. Apotek – Apotik
2. kasatmata – kasat mata
3. napas – nafas
Kata-kata di atas yang merupakan kata baku adalah…
a.       Apotek, kasat mata dan nafas
b.      Apotik, kasatmata dan napas
c.       Apotek, kasatmata dan napas
d.      Kasat mata, apotik dan nafas
18.  Berikut flora dan founa khas  Indonesia, kecuali
a.       Kayu Cendana
b.      Koala
c.       Jalak Bali
d.      Harimau Sumatra
19.  “Di pulau Sumatra banyak terdapat hewan khas. Di pulai itu hewan-hewan langka dilestarikan”
Kalimat tersebut termasuk ke dalam unsur bahasa…
a.       Frasa
b.      Kata berimbuhan
c.       Kelompok kata
d.      Rujukan kata
20.  Upaya nyata apakah yang dilakukan siswa untuk menjaga lingkungan sekolahnya?
a.       Menanam pohon kembali dilingkungan sekolah
b.      Melestarikan hewan langka di sekolah
c.       Menjaga habitat di sekolah
d.      Tidak membuang sampah sembarangan
21.  Jika kalian melihat seorang teman kalian mencabuti tanaman di kebun sekolah secara brutal, tingkah laku apa yang kalian tunjukan?
a.       Menegurnya, karena perilaku mencabuti tanaman dapat merusak lingkungan sekolah
b.      Menghukumnya, karena telah mencabuti tanaman
c.       Melaporkannya terhadap guru
d.      Ikut mencabuti, karena itu adalah hal yang sangat menyenangkan
22.  Penelitian apakah yang dapat dikembangkan di Taman Nasional?
a.       Fenomena alam
b.      Konservasi alam
c.       Wisata alam
d.      Semua benar
23.  Fungsi taman Nasional adalah…
a.       Pengembang biakan hewan rumahan
b.      Pelestarian hewan dan tumbuhan
c.       Pelestarian tumbuhan
d.      Konservasi taman
24.  Faktor penyebab kerusakan lingkungan adalah…
a.       Alam
b.      Manusia
c.       Alam dan manusia
d.      Hewan
25.  Kerusakan lingkungan apakah yang disebabkan oleh manusia?
a.       Tsunami
b.      Putting beliung
c.       Hutan gundul
d.      Reboisasi
“Selamat bekerja”




No comments:

Post a Comment