Monday, December 4, 2017

Makalah Kebudayaan Desa Batur

BAB I
PENDAHULIAN
1. 1 Latar Belakang
Kebudayaan adalah buah pikiran dan kegiatan manusia, kebudayaan dalam diri masyarakat tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Kebudayaan yang ada di setiap masyarakat beraneka ragam sehingga mengkajinya sangat penting dengan mengkaji setiap kebudayaannya kita menjadi tau keadaan dan perkembangan yang ada dalam imasyarakat.


1. 2 Rumusan Masalah
Berdasarkan penjelasan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan dibahas yaitu :
1. Bagaimana ciri khas dan bentuk yang digunakan di Desa Batur.
2. Bagaimana kesenian yang ada di Desa Batur.
3. Bagaimana organisasi sosial yang ada di Desa Batur.
4. Bagaimana sitem mata pencarian yang ada di Desa Batur.
5. Apa saja pera;atan dan perlengkapan yang digunakan di Desa Batur.
6. Bagimana sitem pengerahuan di Desa Batur.
7. Bagiamna sitem religi yang ada di Desa Batur.

1. 3 Tujuan
1. Untuk mengetahui bagaimana ciri khas dan bentuk yang digunakan di Desa Batur.
2. Untuk mengetahui bagaimana kesenian yang ada di Desa Batur.
3. Untuk mengetahui bagaimana organisasi sosial yang ada di Desa Batur.
4. Untuk mengetahui bagaimana sitem mata pencarian yang ada di Desa Batur.
5. Untuk mengetahui apa saja pera;atan dan perlengkapan yang digunakan di Desa Batur.
6. Untuk mengetahui bagimana sitem pengerahuan di Desa Batur.
7. Untuk mengetahui bagiamna sitem religi yang ada di Desa Batur.

1. 4 Metode
Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini yaitu metode observasi dimana penulis melakukan observasi di desa batur.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sistem Bahasa
Bahasa merupakan ciri khas sesorang yang sudah melekat dari sejak dulu. Bahasa juga merupakan alat komunikas yang digunakan setiap orang untuk menyampaikan sutau hal atau maksud pendapatan. Dan cari khas Bahasa Desa Batur yaitu :
1. Bee cang ija = kamu mau kemana
2. Oke cang was = akum au pergi
3. Bee sing masuk = kamu gak sekolah ya

2.2 Sistem Kesenian
Seni merupakan penggunaan imajinasi manuis asecra kreatif untuk menerangkan, memahami dan menikmati hidup. Dalam dunia seni merupakan ekspresi jiwa manusia ynag di tuangkan ke dalam sebuah media . baik itu gerak maupun bentuk yang memiliki nilai keindahan tertentu yang di lihat orang lain maupun dirinya sendiri. Di masing-masing daerah memiliki kesenian dan adat istiadat masing-masing . kesenian juga kepercayaan dari masyarakat itu sendiri dan merupakan warisan dari leluhur atau nenek moyang. Yang harus dilestarikan secara turun-temurun. Kesenian yang ada di desa batur seperti tari topeng sidakarya, tari rejang dewa dan tari baris gede dibawah ini adalah salah satu gambar tari yang ada di Desa Batur.

2.3 Sistem Organi Sosial
Organisasi sosial merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat dengan tujuan bahwa dalam organisasi tersebut dapat membawa dampak positif bagi setiap orang dan demi kemajuan desa tersebut. Misalnya organisasi PKK,STT,Roban dan daebunga keempat organisasi tersebut sudah ada sejak dulu dan ada sampai sekarang. STT memiliki peran yang snagat penting dalam perekmbangan desa tersebut dalam hari raya penting. Para muda-mudi akan mengadakan rapat untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Di bawah ini adalah gambar para muda-mudi yang sedang mengadakan rapat untuk suatu kegiatan.






2.4 Sistem Mata Pencarian
Mata pencarian merupakan salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagai besar mata pencarian yang ada di Desa Batur vyaitu masyarakatnya kebanyakan menjadi pedagang, dan ada juga yang sebagai petani. Dibawah ini adalah gambar para masyarakat batur yang sedang berdagang.

2.5 Sistem peralatan dan perlengkapan hidup
Peralatan dan perlengkapan hidup tidak bisa lepas dalam kehidupan manusia, Karena tanpa peralatan dan perlengkapan hidup manusia tidak akan bis adengan sempurna. Masyarakat di Desa Batur juga menggunakan peralatan sesuai dengan perkembangan zaman tapi ada juga masih menggunakan peralatan tradisional karen amerasa lebih nyaman dan ada juga yang menggunakan peralatan moderan Karena merasa lebih efektif dan lebih praktif.







2.6 Sistem Pengetahuan
Pendidian merupakan suatu hal yang harus di tempuh oleh semua orang sejak kecil. Sitem pengetahuan di Desa Batur rata-rata tamatan SMA.

2.7 Sistem Religi
Religi yang berasal dari Bahasa latin dan berasal dari Bahasa latin dan berasal dari kata kerja Re-ligare yang berarti mengikat kembali. Maksudnya, berelgi akam membuat seseorang mengikat dirinya kepada tuhan . religi juga merupakan kepercayaan dan keyakinan terhadap leluhurnya, kepercayaan inid isebut dengan aninisme, yakni suatu kepercayaan bahwa alam semestaa ini memiliki benda-bneda terntu yang mengandung kekuatan gaib. Kekuatan gaib ini memberikan pengaruh baik dan buruk terhadap kehidupan masyarakat. System religi yang ada di Desa Batur yaitu seperti galungan, kuningan, nyepi dengan bersembahyang Bersama Karena keyakinan masyarakat.


BAB III
PENUTUP
3. 1 Kesimpulan
Kebudayaan adalah buah pikiran dan kegiatan manusia, kebudayaan dalam diri masyarakat tidak pernah lepas dari kehidupan manusia.Seperti kebudayaan yang ada di desa batur yang kita pelajari dalam makalah ini yang banyak perbedaan seiring berjalannya waktu.


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kita panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya.

Makalah ini dibuat dengan berbagai bantuan dari internet maupun teman-teman serta guru pembimbing dan orang tua untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Terutama kepada guru pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan motivasi kepada saya.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun saya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.

Kintamani ,


Penulis










 DAFTAR ISI

Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang 1
1. 2 Rumusan Masalah 1
1. 3 Tujuan 1
1. 4 Metode 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sistem bahasa 2
2.2 Sistem kesenian 2
2.3 sistem organisasi sosial 3
2.4 sistem mata pencarian 4
2.5 sistem peralatan dan perlengkapan 4
2.6 sistem pengetahuan 5
2.7 sistem religi 5
BAB III PENUTUP
3. 1 Kesimpulan 6






No comments:

Post a Comment