Monday, December 4, 2017

MAKALAH KEBUDAYAAN DESA KINTAMANI

BAB I
PENDAHULIAN
1. 1 Latar Belakang
Kebudayaan adalah buah pikiran dan kegiatan manusia, kebudayaan dalam diri masyarakat tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Kebudayaan yang ada di setiap masyarakat beraneka ragam sehingga mengkajinya sangat penting dengan mengkaji setiap kebudayaannya kita menjadi tau keadaan dan perkembangan yang ada dalam masyarakat.


1. 2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas adapun rumusan masalah yang dapat saya peroleh diantaranya yaitu :
1) Bagaimana ciri khas  bahasa yang digunakan di desa kintamani?
2) Bagaimana kesenian yang ada di desa kintamani?
3) Bagaimana organisasi sosial yang ada di desa kintamani ?
4) Bagaimana sistem mata pencarian yang ada di desa kintamani?
5) Bagaimana peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh penduduk desa kintamani?
6) Bagaimana sistem pengetahuan pada penduduk desa kintamani?
7) Bagaimana  sistem religi yang ada di desa kintamani ?

1. 3 Tujuan
1) Untuk mengetahui ciri khas  bahasa yang digunakan di desa kintamani?
2) Untuk mengetahui kesenian yang ada di desa kintamani
3) Untuk mengetahui organisasi sosial yang ada di desa kintamani
4) Untuk mengetahui sistem mata pencarian yang ada di desa kintamani
5) Untuk mengetahui peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh penduduk desa kintamani
6) Untuk mengetahu sistem pengetahuan pada penduduk desa kintamani
7) Untuk mengetahui sistem religi yang ada di desa kintamani



1. 4 Metode
Metode yang digunakan dalam pembuatan makalah ini yaitu metode observasi dimana penulis melakukan observasi di desa kintamani.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sistem Bahasa
Bahasa merupakan suatu hal yang sudah melekat pada diri manusia. Selain itu bahasa juga merupakan sarana komunikasi yang digunakan setiap orang untuk menyampaikan suatu hal atau maksud. Selain untuk sarana komunikasi bahasa juga menunjukkan ciri khas tiap orang dan ciri khas bahasa desa kintamani yaitu dialegnya menggunakan akhiran “e” contohnya “cang kije”.


2.2 Sistem Kesenian
Di desa kintamani sejak dulu sudah mengenal adanya kesenian terutama seni tari. Seni tari yang dikembang secara turun temurun oleh masyarakat kintamani yaitu tarian rejang dewa dan rejang adat dimana kedua tarian ini memiliki fungsi sebagai pengiring upacara piodalan.
 
2.3 Sistem Organisasi
Organisasi sosial merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat ada banyak organisasi yang dibentuk masyarakat yaitu salah satunya adalah organisasi PKK dan STT kedua organisasi ini juga terdapat di desa kintamani organisasi keanggotaan ibu-ibu dan STT keanggotaan para pemuda dan pemudi.


2.4 Sistem Mata Pencarian
Mata pencarian merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setiap orang memiliki pekerjaan masing-masing sesuai dengan kemampuannya dan kondisi lingkungannya. Di desa kintamani sistem mata pencariannya yaitu bertani karena kebanyakan masyarakat kintamani memiliki lading untuk ditanami tanaman seperti jeruk, sayur dan lain-lain.





2.5 Sistem Peralatan dan Perlengkapan
Peralatan merupakan suatu benda yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan  sehari-hari terutama kebutuhan memasak dalam memasak berbagai jenis peralatan di gunakan oleh masyarakat kintamani. Contohnya tungku api pada zaman dahulu masyarakat kintamani memasak menggunakan tungku api namun seiring berjalannya waktu dan makin canggihnya teknologi kini kebanyakan masyarakat kintamani menggunakan kompor karena peralatan canggih ini mudah dipakai dan tidak perlu mencari kayu bakar untuk bahan  bakarnya, oleh karena itu kebanyakan mulai menggunakan kompor.


2.6 Sistem Pengetahuan
Pendidikan merupakan suatu hal yang harus ditempuh  oleh seseorang karena pendidikan sangat menentukan jalan hidupnya seseorang di desa kintamani kini masyarakatsudah kebanyakan rata-rata tamatan SMA ketimbang dahulu masyarakat masih rata-rata tamatan SD bahkan tidak tamat sekolah.


2.7 Sistem Religi
Sistem Religi di kintamani yaitu agama merupakan suatu kepercayaan yang diyakini oleh setiap orang. di kintamani masyarakatnya menganut agama hindu. Disini masyarakatnya yang menganut agama hindu selalu memperingati hari raya besar seperti galungan, kuningan, nyepi dengan bersembahyang bersama karena keyakinan yang kuat.  
BAB III
PENUTUP
3. 1 Kesimpulan
Kebudayaan adalah buah pikiran dan kegiatan manusia, kebudayaan dalam diri masyarakat tidak pernah lepas dari kehidupan manusia.Seperti kebudayaan yang ada di desa kintamani yang kita pelajari dalam makalah ini yang banyak perbedaan seiring berjalannya waktu.


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kita panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya.

Makalah ini dibuat dengan berbagai bantuan dari internet maupun teman-teman serta guru pembimbing dan orang tua untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Terutama kepada guru pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan motivasi kepada saya.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun saya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.

Kintamani ,


Penulis










 DAFTAR ISI

Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 1
C. Tujuan 1
D. Metode 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Sistem bahasa
B. Sistem kesenian
C. sistem organisasi sosial
D. sistem mata pencarian
E. sistem peralatan dan perlengkapan
F. sistem pengetahuan
G. sistem religi
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan 8






No comments:

Post a Comment