Sunday, December 10, 2017

Rahasia brokoli

Brokoli
(Brassica oleracea Var italica)
Suku : Cruciferae (Brassicaceae)

Nama
a. Sinonim
Brassica oleracea var botrytis subvar.cymosa.
b. Nama Daerah
Brokoli 
c. Nama Asing
Broccoli (I). 
d. Nama simplisia
Brassica oleracea Flos (bunga brokoli)
Uraian Tumbuhan
 Brokoli tergolong ke dalam keluarga kubis-kubisan dan termasuk sayuran yang tidak tahan terhadap  udara  panas. Akibatnya, brokoli cocok ditanam didataran tinggi  yang lembap   dengan suhu rendah, yaitu di atas 700m dpl. Sayuran ini, juga tidak  tahan terhadap hujan yang terus menerus.  Jika hal ini terjadi, tanaman brokoli menjadi kukuning-kuningan dan jika membusuk  warnanya berbintik-bintik hitam. Daun dan  sifat pertumbuhan brokoli mirip dengan bunga kubis. Bedanya, bunga brokoli berwarna hijau dan masa tumbuhnya lebih  lama dari kubis bunga.  Brokoli tersusun dari  bunga-bunga  kecil yang berwarna hijau , tetapi tidak sekompak  bunga kubis.  Demikian pula  dengan  tangkai bunganya yang lebih panjang. Dibandingkan dengan kubis bunga, setelah direbus  tekstur brokoli  akan terasa lebih lunak.
Panen bunga brokoli dilakukan setelah umurnya mencapai 60-90 hari sejak ditanam, sebelum bunganya mekar, dan sewaktu kropnya  masih berwarna hijau. Jika bunganya telah mekar, tangkai bunganya akan memanjang dan keluarlah kuntum-kuntum bunga berwarna kuning . Untuk disantap, perlu dimasak selama beberapa menit saja. Pemasakan yang teelalu  lama akan  mengurangi khasiat brokoli.
Brokoli dapat diperbanyak dengan biji.
Sifat dan Khasiat
Bunga brokoli akan mempercepat proses penyembahan setelah sakit berat.
Kandungan Kimia
Brokoli mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin  (A, C,E, tiamin,riboflavin, nikotamide), kalsium, beta karoten, dan glutation. Selain itu, brokoli mengandung senyawa  sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang  merangsang pembentukan glutation.
Kandungan zat berkhasiatnya, yaitu sulforafan yang dapat mencegah penyakit kanker.
Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang digunakan adalah bunga.
Indikasi
Bunga digunakan untuk pengobatan :
mempercepat penyembuhan, serta
mencegah dan menghambat perkembangan sel  kanker.
Cara Pemakaian
Brokoli dimakan sebagai sayuran rebus atau  dimasak dengan sayuran lain  dengan porsi secukupnya.

Contoh pemakaian
Mempercepat penyembuhan penyakit
Sediakan brokoli segar ukuran sedang, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya, cuci dan rebus sebentar. Harus diperhatikan  bahwa perebusan  yang terlalu lama akan merusak zat berkhasiatnya. Setelah diirebus, brokoli dapat dikonsumsi bersama nasi.

No comments:

Post a Comment