1. Bacalah paragraf berikut!
Sering terjadi pembakaran hutan pada lahan perkebunan memberikan dampak buruk. Dampak buruk tersebut bisa berupa tanah longsor. Bila dibiarkan dalam waktu lama, bias terjadi banjir. Hal lain yang bisa terjadi adalah kurangnya cadangan air tanah.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah….
a. pembakaran hutan pada lahan perkebunan
b. dampak buruk pembakaran hutan
c. banjir dan tanah longsor
d. kurangnya cadangan air
2. Teks berisi isu yang kemudian diikuti dengan argumen menentang atau penolakan disebut….
a. Teks Tanggapan Kritis c. Eksemplum
b. Teks Tantangan d. Rekaman Percobaan
3. Berikut ini yang merupakan struktur teks Tantangan adalah….
a. Isu/masalah, Argumen Menentang/menolak, Simpulan/saran
b. Isu/masalah, Argumen Menentang dan Argumen Mendukung, Simpulan/saran
c. Orientasi, Insiden, Interpretasi
d. Evaluasi, Deskripsi Teks, Penegasan Ulang
4. Unsur kebahasaan teks Tantangan adalah…
a. Menggunakan majas penghalusan
b. Menggunakan kata hubung intrakalimat dan antarkalimat
c. Menggunakan kalimat sanggahan dan kalimat penolakan
d. Menggunakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
5. Perhatikan kutipan teks di bawah ini!
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah dua produk pendidikan dari pemerintah yang kontroversial sejak ditetapkan. Rintisan sekolah ini dianggap tidak sesuai dengan UUD 1945. Setelah menimbang gugatan masyarakat selama 1 tahun, akhirnya MK menyetujui untuk menghapus RSBI dan SBI pada Selasa, 8 Januari 2013.
Kutipan di atas merupakan struktur teks Tantangan bagian….
a. Judul c. Simpulan
b. Argumen d. Isu
6.Bacalah kalimat tidak langsung di bawah ini!
Tino berkata bahwa dia suka menulis puisi.
Kalimat langsung yang tidak tepat dari kalimat tersebut adalah….
a. Tino berkata, “ Saya suka menulis puisi.”
b. “ Saya suka menulis puisi,” kata Tino.
c. Tino berkata, “ Dia suka menulis puisi.”
d. “ Aku suka menulis puisi,” kata Tino.
7. Rumah sang jutawan yang aneh itu akan dijual.
Kalimat di atas tidak efektif karena….
a. Mengandung makna ganda/ambigu
b. Tidak memiliki keterangan
c. Mengandung kata-kata mubazir/pleonastis
d. Menggunakan kata-kata tidak baku
8. Bacalah kalimat berikut dengan seksama!
Dengan melalui pengintegrasian materi Geopark Batur dalam pembelajaran, Disdikpora Bangli berharap semua siswa-siswa turut ikut serta berpartisipasi dalam pelestarian Geopark Batur tersebut itu.
Perbaikan kalimat di atas agar menjadi kalimat yang efektif adalah….
a. Dengan pengintegrasian materi Geopark Batur dalam pembelajaran, Disdikpora Bangli berharap semua siswa-siswa ikut berpartisipasi dalam pelestariannya.
b. Dengan pengintegrasian materi Geopark Batur dalam pembelajaran, Disdikpora Bangli berharap semua siswa turut ikut serta dalam pelestariannya.
c. Melalui pengintegrasian materi Geopark Batur dalam pembelajaran, Disdikpora Bangli berharap semua siswa berpartisipasi dalam pelestariannya.
d. Melalui pengintegrasian materi Geopark Batur dalam pembelajaran, Disdikpora Bangli berharap semua siswa turut serta berpartisipasi dalam pelestarian Geopark Batur tersebut itu.
9. Kata-kata yang mengandung prefik me- adalah mengkerut, membom, mensikat, mentolong, dan menyakinkan.
Perbaikan penulisan kata pada kalimat di atas adalah….
a. Kata-kata yang mengandung prefik me- adalah mengerut, mengebom, menyikat, menolong, dan menyakinkan.
b. Kata-kata yang mengandung prefik me- adalah mengerut, mengebom, menyikat, menolong, dan meyakinkan.
c. Kata-kata yang mengandung prefik me- adalah mengkerut, membom, menyikat, menolong, dan menyakinkan.
d. Kata-kata yang mengandung prefik me- adalah mengerut, mengebom, mensikat, menolong, dan meyakinkan.
10.Cermati paragraf berikut!
(1) Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang produksi barang atau jasa. (2) Barang dan jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan kolega dan pelanggan. (3) Agar dapat tampil sebagai pemenang, menejemen harus memiliki keunggulan. (4) Salah satu keunggulan tersebut adalah keunggulan komparatif yang tercermin pada berbagai pelayanan yang diberikan.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku dalam paragraph tersebut adalah kalimat nomor….
a. (1) c. (3)
b. (2) d. (4)
Bacalah kedua teks di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 11 dan 12!
Teks 1
Lihatlah, hujan meloncat-loncat dari ranting ke ranting dan menjadi ranting hujan. Hujan pun berkisar dan mengusap-usap mawar, kini mawar itu pun menjadi mawar hujan. Lantas pada buah jambu hujan menggelembung dan menjadi buah hujan. Saat itulah Aisya ingin menikmati hujan, tapi ia tak mau membuka pintu untuk melangkah ke luar dan masuk ke dalam hujan.
Teks 2
Sang macan tutul menunjuk sang keledai untuk membagi hewan-hewan itu. Lalu keledai itu menghitung dengan cermat hewan tangkapan dan membagikan hewan-hewan itu secara adil yaitu tiga bagian yang sama banyak. Melihat pembagian itu sang macan tutul sangat marah. Aumannya membelah angkasa. Kemudian dia menerkam sang keledai hingga mati.
11. Perbandingan majas yang digunakan pada kedua teks di atas adalah….
Teks 1 Teks 2
a. Personifikasi Asosiasi
b. Litotes Personifikasi
c. Hiperbola Litotes
d. Personifikasi Hiperbola
12. Perbandingan jenis konflik yang digunakan pada kedua teks di atas adalah….
Teks 1 Teks 2
a. Fisik Batin
b. Fisik Badan
c. Batin Fisik
d. Batin Psikis
13. Di bawah ini yang merupakan struktur Teks Rekaman Percobaan adalah….
a. Orientasi, langkah-langkah, hasil, simpulan
b. Pendahuluan, hasil, simpulan
c. Tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, kesimpulan
d. Tujuan serta alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, simpulan
14. Perhatikan penggalan teks di bawah ini!
Jebakan tikus seperti itu merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara ini dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk membasmi tikus karena bahan-bahan yang digunakan hanyalah sebuah barang bekas.
Penggalan teks di atas merupakan struktur teks Rekaman Percobaan bagian….
a. Tujuan serta alat dan bahan c. Simpulan
b. Hasil d. Orientasi
15. Bacalah paragraf di bawah ini!
Upaya pelestarian hewan langka belum menunjukkan hasil yang […]. Maklum saja, bau sebagian kecil dari […] manusia yang peduli dan […] serta terlibat dalam upaya pelestarian hewan langka yang eksotis itu.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di atas adalah….
a. optimalisasi, komunitas, termotivasi
b. optimis, komunitas, termotivasi
c. optimal, komunitas, termotivasi
d. optimal, komunity, termotivasi
16. Bacalah teks berikut!
(1) Kumpulan puisi yang berjudul Hujan Bulan Juni ditulis pada 1959-1994. (2) Buku yang memuat 102 judul puisi ini sudah dicetak berulang-ulang. Setiap cetakannya terdapat perubahan-perubahan. (3) Membaca buku ini terasa seperti kita berbicara dengan alam, kata-katanya mengalir ringan. (4) Dalam beberapa judul ditulis seperti sebuah narasi, tetapi tetap mencerminkan sebuah puisi. (5) Sayang, kertas yang digunakan kertas koran yang mudah sobek dan berkualitas rendah.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat nomor….
a. (5) dan (2) c. (3) dan (4)
b. (2) dan (3) d. (1) dan (2)
17. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Jurnalistik Teori dan Praktik
Nama Pengarang : Restuti
Penerbit : Prapanca Setia
Keunggulan : Dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik
Kelemahan : Selain kertas tipis, jilidan tidak kuat
Resensi buku yang tepat berdasarkan data tersebut adalah….
a. Buku Jurnalistik Teori dan Praktik ini adalah perpaduan teori dan praktik. Hal-hal teoritis yang dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik. Sayangnya, buku ini selain tipis kertasnya, jilidan tidak kuat.
b. Buku Jurnalistik Teori dan Praktik ini adalah perpaduan teori dan praktik yang berguna mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik, sehingga bukunya laris terjual.
c. Buku Jurnalistik Teori dan Praktik ini adalah perpaduan teori dan praktik. Hal-hal teoritis yang dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik, sehingga buku ini banyak diminati pembaca.
d. Buku Jurnalistik Teori dan Praktik ini adalah perpaduan teori dan praktik. Hal-hal teoritis yang dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil atau tidaknya seseorang dalam berusaha sehingga banyak diminati.
18. Perhatikan penggalan teks di bawah ini!
Setelah bahan siap dan langkah sudah dilakukan, susu cair akan berubah menjadi padat. Bentuk padat inilah yang selama ini kamu nikmati, yaitu es krim.
Paragraf di atas adalah struktur Teks Rekaman Percobaan bagian…
a. Langkah-langkah c. Simpulan
b. Tujuan serta alat dan bahan d. Hasil
19. Perhatikan petunjuk membuat kecambah berikut!
(1) Rendam kacang hijau dengan air bersih semalam.
(2) Tutup bakul dengan lap basah yang bersih.
(3) siapkan ½ kilogram kacang hijau.
(4) Setelah tiga hari buka penutup bakul dan kecambah siap digunakan.
(5) Tiriskan kacang hijau letakkan dalam bakul.
Susunan kalimat petunjuk tersebut yang tepat adalah….
a. (1), (3), (5), (4), (2) c. (3), (1), (5), (2), (4)
b. (1), (3), (5), (2), (4) d. (3), (4), (2), (1), (5)
20. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Para siswa harus mentaati tata tertib sekolah.
(2) Pesawat itu terbang meliuk begitu mempesona penonton dilapangan.
(3) Dia tidak mengacuhkan nasihat orang tuanya sehingga mendapatkan celaka.
(4) Anak itu tetap tidak bergeming saat dipanggil beberapa kali sehingga ibunya jengkel.
(5) Angin termasuk benda yang tidak kasat mata.
Penggunaan kata bercetak miring yang tidak sesuai dengan ejaan tersebut terdapat pada kalimat….
a. kedua, ketiga, keempat c. pertama, kedua, kelima
b. kedua, keempat, kelima d. pertama, kedua, keempat
B. Soal Essay
1. Sebutkan pengertian dan struktur teks Tantangan!
2. Sebutkan dan jelaskan unsur kebahasaan teks Tantangan!
3. Apakah perbedaan teks Tantangan dengan teks Tanggapan Kritis?
4. Apakah yang kamu ketahui tentang teks Rekaman Percobaan?
5. Apakah perbedaan teks Rekaman Percobaan dengan teks Prosedur?
No comments:
Post a Comment