Friday, January 26, 2018

3.1 POLA KEHIDUPAN DI AIR


A.    Macam-macam ekositem air
Sedangkan ekositem air itu dibagi menjadi beberapa macam, diantarnya :

1.      Ekositem air tawar
Contoh :
-          Sungai
-          Danau
-          Sawah
-          Kolam
2.      Ekositem air laut
Contoh
-          Laut
3.      Ekositem air payau
Contoh :
-          Danau air tawar
B.     Sifat-sifat ekositem air tawar
Air adalah komponen biotic yang paling utama bagi ekosistem air, sebab lebih dari dua pertiga permukaan bumi ini dikelilingi oleh air baik itu berupa lautan, sungai dan danau. Sedangkan ekositem air mmepunyai sifat-sifat, diantarnya adalah :
1.      Mempunyai gaya tekan ke atas
2.      Sebagai pelarut dari berbagai macam zat
3.      Sebagai zat perantara yang bisa ditembus oleh sinar matahari
4.      Mempunyai suhu yang tidak mudah berubah
Akibat yang terjadi dari sifat-sifat yang ada di atas bagi pola kehidupan di air adalah :
1.      Pola kehidupan di air akibat dari haya tekanan ke atas.
Dengan adanya gaya tekanan di atas, maka oleh air berlainan dengan setiap kedalaman air dan untuk hewan yang hidup di daerah permukaan.
2.      Pola kehidupan di air akibat drai berbagai macam zat.
Dengan adanya berbagai macam zat , maka akan berpengaruh pada produsen dalam air dan tidak bisa berkembang terutama pada ikan karena mendapat makanan serta mengakibatkan kematian. Itu yang diakibatkan dari limbah-limbah industri dan yang diakibtakan dari seringnya menggunakan pupuk pada kolam ikan adalah menambah tumbuhan di air yang sebagai produsen menjadi subur dan mmebuat makhluk hidup yang hidup dalam air tidak kekurangan makanan lagi.
3.      Pola kehidupan di air akibat sinar matahari.
Akibat yang diperoleh dari sinar matahari pada pola kehidupan di air adalah :
a.       Pada lingkungan air yang tembus cahaya matahari akan membuat tumbuhan hijau sebagai produsen dapat melakukan proses fotosintesis, sedangkan dari proses fotosintesis akan menghasilkan zat makanan yang dapat digunakan oleh tumbuhan air dan sebagai sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya yang hidup di air.
b.      Untuk lingkungan air yang dalamnya tidak bisa ditembus oleh sinar matahari adalah suatu daerah yang tidak ada produsennya, sehingga hewan yang hidup dilingkungan air tersebut hanya hewan yang hidup dilingkungan air tersebut hanya hewan yang memangsa atau pemangsa dan hewan pengurai serta mendapatkan makanan hanya dari bahan-bahan yang mengendap di dalamnya.
c.       Kehidupan air biasa berlangsung berpindah energy dari sinar matahari langsung menuju tumbuhan air dan baru pindah ke konsumen.
4.      Pola kehidupan di air akibat dari perubahn suhu
Akibat yang terjadi karena perubahan suhu pada pola kehidupan di air adalah :
-          Dengan adanya suhu yang berubah-ubahan , maka mahluk hidup yang hidup di dalam air terpengaruh baik produsennya atu mahluk hidup lainnya.

Di dalam air yang berada dalam semua lingkungan sebenarnya sama tetapi jenis dari makhluk hidupnya saja yang berbeda. Sedangkan semua itu disebabkan oleh cirri-ciri khas dari masing-masing lingkungan air tersebut.

No comments:

Post a Comment