Wednesday, February 14, 2018

Hormon

A.    Hormon
Di dalam tubuh kita hanya membutuhkan sedikit hormon, tetapi sangat  besar  pengaruhnya. Jika tubuh kita kekurangan  ataupun kelebihan  hormon  akan menimbulkan  banyak gangguan  ataupun kelebihan hormon  akan menimbulkan banyak gangguan dalam proses kehidupan. Sedangkan  hormon diperoleh  dari kelenjar endokrin yaitu  suatu kelenjar yang tidak  memiliki saluran  pengeluaran atau  sering disebut  Kelenjar Buntu.  Di dalam tubuh  manusia  tidak pernah lepas  dari hormon,  walaupun hanya sedikit  yang dibutuhkan, namun sangat berarti  untuk proses  kehidupan. Karena dengan hormon dapat membantu  proses pertumbuhan,  perkembangbiakan dan pertukaran zat.

Adapun  kelenjar yang terdapat dalam tubuh  itu dapat  dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu :
1.        Kelenjar buntu
Kelenjar buntu atau sering  disebut kelenjar endokrin yang dapat  menghasilkan hormon.
2.        Kelenjar pengeluaran (Ekskresi)
-          Kelenjar minyak
-          Kelenjar keringat
-          Kelenjar air mata
3.        Kelenjar Sekresi
Kelenjar-kelenjar  ini banyak menghasilkan enzim  terutama macam-macam enzim pencernaan.
a)      Macam-macam kelenjar hormon.
Kelenjar-kelenjarhormon  dapat dibagi menjadi  beberapa macam, yaitu:
1)        Kelenjar gondok
Letak dari kelenjar dondok itu  di dekat jakun dan banyak menghasilkan hormon tiroksin. Apabila  tubuh kita kekurangan  hormon tiroksin,  maka pertumbuhan pada  tubuh tersebut akan  lambat  atau orang jawa mengatakan  cebol dan apabila  kelebihan  hormon tiroksin akan mengakibatkan  pertumbuhan sangat cepat  melebihi pertumbuhan yang normal  atau tumbuh  sangat besar  melebihan besar normal atau  orang jawa mengatakan orang kaya gajah aboh/raksasa.
2)        Kelenjar kelamin
Umumnya kelenjar kelamin itu dapat menghasilkan  hormon dan sel kelamin. Sedangkan  kelenjar kelamin laki-laki  disebut Testes yang dapat menghasilkan  sel kelamin jantan   dan hormon testosterone. Untuk wanita kelenjar kelaminnya berupa Ovarium yang dapat menghasilkan sel telur dan hormon estrogen.
3)        Kelenjar Hipofisis
Letak  dari kelenjar  hipofisis adalah  dibawah otak  besar dan dapat  menghasilkan hormon pertumbuhan  dan hormon-hormon   yang dapat mengatur fungsi dari kelenjar gondok, fungsi ginjal dan  kelenjar kelamin.
4)        Kelenjar insulin.
Letak dari kelenjar insulin itu terdapat pada pancreas  dan kelenjar  tersebut dapat menghasilkan hormon insulin. Sedangkan fungsi  dari insulin adalah  untuk mengatur kadar gula dalam darah. Jika dalam tubuh manusia mengalami kekurangan  insulin, maka  akan mengakibatkan suatu penyakit  terutama penyakit  kencing manis atau  kelebihan zat gula. 
5)        Kelenjar anak ginjal.

Hormon yang dapat dihasilkan dari kelenjar anak ginjal adalah adrenalin  dan hormon tersebut dapat mengubah glikogen menjadi glukosa. 

No comments:

Post a Comment