Saturday, May 19, 2018

Musik dan gerakan


1.      Musik  dan gerakan
Musik adalah  kombinasi  suara-suara  dan atau  instrument-instrumen  yang menghasilkan bunyi  serta menghasilkan  harmonisasi yang enak untuk didengar. Banyak artikel  dan buku  yang  menuliskan  peranan efek  Mozart (pengubah musik klasik) dalam  membentuk  janin dan bayi yang cerdas.  Ada pula  yang mengatakan  tidak hanya  musik  Mozart, namun musik  yang  disukai  oleh ibunya  akan membuat  bayi  menjadi cerdas.  Penelitian  yang memperkuat hal itu  adalah janin  sudah mampu  bereaksi sejak  janin di usia  kandungan 7 bulan. Gerakan adalah  penggunaan  tubuh sebagai  sarana  dalam  mengekspresikan diri, merespon musik,  dan untuk  menenangkan  perasaan.
Musik dengan gerakan  merupakan  kegiatan  yang sangat  menyenangkan  bagi anak.  Hubungan dengan aspek  perkembangan lain adalah  sebagai berikut:

a.       Perkembangan sosial emosi:  aktivitas  musik dan gerakan  membuat anak   merasa  menjadi bagian  dalam  suatu grup,  misalnya bernyanyi  sambal menari bersama.
b.       Perkembangan  fisik:  anak akan  mengembangkan  aspek  motoric  kasarnya  melalui kegiatan  oleh tubuh ini  dan melakukan  eksplorasi  dengan  badannya  terhadap musik  yang dimainkan (misalnya  harus  melakukan   gerakan  yang berbeda-beda dari garis  start  menuju  ke garis  finish).
c.       Perkembangan kognitif:  anak memecahkan  masalah pada saat  harus menentukan  gerakan tertentu  dari musik yang  ditampilkan.
d.      Perkembangan Bahasa:  anak mengembangkan  kemampuan  mendengarkan  pada saat  mengikuti   perubahan ritme    dan tempo  dari musik  serta  bergerak dan  bertepuk  sesuai  dengan irama.

No comments:

Post a Comment