Thursday, May 3, 2018

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN FOKUS MENYIMAK




Sebagai  guru bahasa yang ideal  dan professional, Anda  diharapkan  bukan hanya menguasai  kaidah  kebahasaan saja, akan tetapi,  Anda diharapkan  juga mampu menyelesaikan  (merancang/merencanakan), melaksanakan, dan  mengevaluasi pembelajaran  Bahasa Indonesia 
(Selanjutnya disebut Bi). Agar mampu merencanakan, melaksanakan,  dan mengevaluasi  pembelajaran  dengan baik,  selain harus memahami tujuan  dan isi kurikulum  Anda juga  harus memiliki wawasan, pengetahuan, pemahaman  tentang  BI dan sastra  yang diajarkan pada  kelas  rendah dan kelas tinggi di Sekolah Dasar (SD)  serta memiliki keterampilan  berbahasa  yang  baik.
Sebagai guru, Anda  tentu memahami aspek keterampilan  berbahasa dan  unsur-unsur kebahasaan  (dalam kurikulum 2004 disebut  Standar Kompetensi dan Kompetensi Kebahasaan) yang anda  harus miliki  untuk melaksanakan   tugas disekolah. Salah satu standar kompetensi tersebut adalah   menyimak (mendengarkan). Menyimak  merupakan aktivitas  untuk mengembangkan  aspek keterampilan  yang lain,  yaitu bicara,  membaca dan menulis. Oleh  karena itu,  pembelajaran menyimak  bagi siswa sangatlah  penting agar  mereka dapat mengembangkan  kemampuan  berbahasanya,  modul ini  disusun  agar dapat membantu  Anda memahami hakikat  pembelajaran  BI dengan  focus  menyimak pada kelas  rendah  dan kelas tinggi di SD.

No comments:

Post a Comment