HAKIKAT PEMBELAJARAN
Kimble (dalam
Hergenhahn, 1982) mengemukakan bahwa
perubahan tingkah laku siswa
setelah melaksanakan pembelajaran
adalah tingkah laku yang relative
permanen, tingkah laku yang melibatkan oleh adanya
penguatan (reinforcement) praktis. Beberapa
detail hakikat pembelajaran
tersebut dikemukakan sebagai berikut.
1. Pembelajaran menyebabkan
tingkah laku, dengan kata lain,
proses belajar dapat diamati, bahwa setelah mengikuti
pembelajaran, seseorang dapat
melakukan sesuatu yang sebelumnya
tidak dapat dilakukannya.
2. Perubahan tingkah laku
tersebut relative permanen.
3. Perubahan
tingkah laku tidak dapat begitu saja berubah menjadi pengalaman walaupun potensi
untuk itu telah dimiliki.
4. Perubahan tingkah laku
disebabkan pengalaman/latihan
praktis
5. Pengalaman/latihan harus selalu
ditajamkan, terutama pada tanggapan
yang memperlukan adanya penghargaan
praktis.
B.F
Skinner menyatakan bahwa perubahan
tingkah laku adalah pembelajaran
dan tidak melalui proses yang dapat disimpulkan, sedangkan
para ahli yang lain menyatakan
bahwa perubahan tingkah laku merupakan
akibat dari proses
pembelajaran. Kecuali
skinner, para ahli berpendapat bahwa
pembelajaran merupakan mediator
perubahan tingkah laku. Pembelajaran adalah sesuatu yang melibatkan seperangkat pengalaman dan berbagai
hal sebelum terjadinya
perubahana itu sendiri. Dalam
definisi ini pembelajaran merupakan pemberian variable internet.
No comments:
Post a Comment