Thursday, May 3, 2018

HAKIKAT PEMBELAJARAN



HAKIKAT  PEMBELAJARAN
Kimble  (dalam Hergenhahn, 1982) mengemukakan  bahwa perubahan  tingkah laku  siswa  setelah  melaksanakan  pembelajaran  adalah tingkah  laku yang relative permanen, tingkah  laku yang melibatkan  oleh adanya  penguatan  (reinforcement) praktis. Beberapa  detail hakikat  pembelajaran tersebut  dikemukakan  sebagai berikut.

1.      Pembelajaran  menyebabkan  tingkah laku, dengan  kata lain, proses   belajar dapat  diamati, bahwa setelah  mengikuti  pembelajaran,  seseorang  dapat  melakukan  sesuatu yang  sebelumnya  tidak dapat  dilakukannya.
2.      Perubahan  tingkah laku  tersebut relative  permanen.
3.      Perubahan tingkah  laku tidak    dapat begitu saja  berubah menjadi  pengalaman walaupun  potensi  untuk itu telah dimiliki.
4.      Perubahan  tingkah laku  disebabkan  pengalaman/latihan praktis
5.      Pengalaman/latihan   harus selalu  ditajamkan, terutama pada tanggapan  yang memperlukan adanya  penghargaan praktis.
B.F Skinner menyatakan bahwa  perubahan tingkah  laku adalah  pembelajaran  dan tidak  melalui proses  yang dapat disimpulkan,  sedangkan  para ahli yang  lain menyatakan bahwa  perubahan tingkah laku  merupakan  akibat dari proses  pembelajaran.  Kecuali skinner,  para ahli berpendapat  bahwa  pembelajaran  merupakan  mediator  perubahan tingkah  laku.  Pembelajaran adalah   sesuatu yang melibatkan  seperangkat pengalaman  dan berbagai  hal  sebelum  terjadinya  perubahana itu sendiri.  Dalam definisi  ini pembelajaran  merupakan pemberian  variable internet.

No comments:

Post a Comment