HAKIKAT  PEMBELAJARAN 
Kimble  (dalam
Hergenhahn, 1982) mengemukakan  bahwa
perubahan  tingkah laku  siswa 
setelah  melaksanakan  pembelajaran 
adalah tingkah  laku yang relative
permanen, tingkah  laku yang melibatkan  oleh adanya 
penguatan  (reinforcement) praktis. Beberapa 
detail hakikat  pembelajaran
tersebut  dikemukakan  sebagai berikut. 
1.      Pembelajaran  menyebabkan 
tingkah laku, dengan  kata lain,
proses   belajar dapat  diamati, bahwa setelah  mengikuti 
pembelajaran,  seseorang  dapat 
melakukan  sesuatu yang  sebelumnya 
tidak dapat  dilakukannya. 
2.      Perubahan  tingkah laku 
tersebut relative  permanen.
3.      Perubahan
tingkah  laku tidak    dapat begitu saja  berubah menjadi  pengalaman walaupun  potensi 
untuk itu telah dimiliki. 
4.      Perubahan  tingkah laku 
disebabkan  pengalaman/latihan
praktis 
5.      Pengalaman/latihan   harus selalu 
ditajamkan, terutama pada tanggapan 
yang memperlukan adanya  penghargaan
praktis. 
B.F
Skinner menyatakan bahwa  perubahan
tingkah  laku adalah  pembelajaran 
dan tidak  melalui proses  yang dapat disimpulkan,  sedangkan 
para ahli yang  lain menyatakan
bahwa  perubahan tingkah laku  merupakan 
akibat dari proses 
pembelajaran.  Kecuali
skinner,  para ahli berpendapat  bahwa 
pembelajaran  merupakan  mediator 
perubahan tingkah  laku.  Pembelajaran adalah   sesuatu yang melibatkan  seperangkat pengalaman  dan berbagai 
hal  sebelum  terjadinya 
perubahana itu sendiri.  Dalam
definisi  ini pembelajaran  merupakan pemberian  variable internet. 
 
No comments:
Post a Comment