Thursday, May 10, 2018

Teknik menyimak efektif

             

Agar dapat menyimak dengan baik, penyimak perlu mengetahui syarat menyimak efektif adapun syarat tersebut adalah (1) menyimak dengan berkonsentrasi, (2) menelaah materi simakan, (3) menyimak dengan kritis, dan (4) membuat catatan (Universitas terbuka, 1985:35).berikut ini adalah penjelasan masing-masing aspek tersebut.

1)      Menyimak dengan berkonsentrasi
Menyimak dengan berkonsentrasi adalah kegiatan memusatkan pikiran, perasaan, dan perhatian terhadap bahan simakan yang disampaikan pembicara. Untuk dapat memusatkan perhatian terhadap bahan simakan yang disampaikan pembicara dengan baik, penyimak harus dapat menghindari gangguan menyimak, baik yang berasal dari dirinya sendiri ataupun yang berasal dari luar. Beberapa factor luar yang dimaksudkan adalah (1) orang yang datang terlambat, (2) keanehan-keanehan yang terjadi di antara pembicara dan penyimak, (3) metode dan teknik yang tidak tepat dalam situasi komunikasi tersebut, (4) pakaian pembicara, dan (5) pembicara yang tidak menarik, merangsang, dan tidak menyenangkan.

2)      Menelaah materi simakan
Untuk menelaah materi simakan, penyimak dapat melakukan hal-hal berikut ini. (1) mencari arah dan tujuan pembicaraan, (2) mencoba membuat penggalan-penggalan pembicaraan dari awal sampai akhir, (3) menemukan tema sentral (pokok) pembicaraan, (4) mengamati dan memahami alat peraga (media) sebagai penegas materi simakan, (5) memperhatikan rangkuman yang disampaikan pembicara. Implikasinya dalam pembelajaran bahwa anda seharusnya setiap akhir pelajaran membuat rangkuman untuk memudahkan siswa dalam memahami pokok-pokok materi pelajaran.
3).        Menyimak dengan kritis
            Yang dimaksud dengan menyimak kritis adalah aktivitas menyimak yang para penyimaknya tidak dapat secara langsung menerima gagasan pembicara atau tidak searah dalam memahami suatu konsep dengan pembicara sehingga mereka meminta argument pembicara.
Siswa yang kritis dalam menyimak, ia dapat mempergunakan hasil simakan tersebut sebagai referensi untuk kegiatannya dalam berbicara, membaca, maupun menulis.
a).        Membuat catatan
Penyimak yang baik adalah penyimak yang selalu membuat catatan dalam kegiatannya.

No comments:

Post a Comment