Sunday, July 22, 2018

MAKALAH SEL "FUNGSI DAN STRUKTUR SEL"


BAB I
PENDAHULUAN
A.           Latar Belakang
Sel merupakan unit structural dan fungsional dalam kehidupan. Di dalam Sel terjadi banyak reaksi kimia dan proses hidup yang merupakan unit fungsional. Sel juga merupakan penyusun Jaringan yang merupakan ciri unit Stuktural.

Pada masa lalu peneliti belum menyadari pentingnya Sel. Struktural sel pertama kali di temukan oleh Robert Hooke seorang ilmuan asal inggris. Ia menemukan runang-ruang kosong di batasi dinding tipis pada sayatan tumbuhan gambus.
Dalam makalah ini akan di bahas lebih jauh tentang pengertian, Struktur dan Fungsi Sel.
B.            Rumusan Masalah
a.       Apa yang di maksud dengan Sel ?
b.      Bagaimana Struktur dan fungsi Sel ?
c.       Apa perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan ?
C.           Tujuan Penulisan
a.       Untuk mengetahui pengertian Sel
b.      Untuk mengetahui bagaimana Struktur dan Fungsi Sel
c.       Mengetahui perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan


BAB II
PEMBAHASAN
A.           Pengertian Sel
Sel adalah unit penyusun mahluk hidup. Sel dapat dianalogikan seperti pabrik kimia. Sel membawa bahan baku organik berupa gula atau garam Anorganik (Nitrat dan Fusfat). Sel merupakan unit fungsional dan struktural dalam kehidupan. Fungsional yang dimaksudkan adalah di dalam Sel terjadi berbagai proses hidup. Sedangkan Struktural yang di maksud adalah Sel merupakan komponen penyusun jarring mahluk hidup.
B.            Struktur dan Fungsi Sel
Sel terdiri dari Protoplasma dan Membran Sel. Protoplasma terbagi lagi menjadi Sitroplasma dan Inti Sel. Di dalam Stroplasma / plasma sel yang terdapat organ-organ dengan bentuk dan Fungsi yang spesifik. Adapun organ-organ sel yang terdapat pada sitoplasma adalah:
a.    Membran plasma

Membrane plasma berfungsi sebagai pengatur lalu lintas antara zat yang masuk dan zat yang keluar. Pada Sel hewan membran plasma merupakan lapisan terluar, sementara pada sel tumbuhan terdapat dinding sel.
b.    Sitoplasma

Sitoplasma merupakan matriks/sitosol yang transparan tersusun dari Air dan Zat organik seperti karbohidrat, protein dan lemak serta berbagai macam zat anorganik. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat organ-organ sel dan juga nukleus.
c.    Nukleus

Nukleus/inti sel merupakan pusat pengendali seluruh kegiatan sel. Di dalam nukleus terdiri dari matrik yang disebut nukleoplasma dan nukleoid ( Tunggal nucleolus).
d.   Ribosom
Ribosom berfungsi dalam sintesis protein. Ribosom adalah partikel nukleoprotein (senyawa protein dengan RNA). Sebagaian ribosom melekat pada retikulun endoplasma).
e.    Reticulum Endoplasma (RE)

RE dibedakan menjadi RE kasar (bagian yang terdapat ribosom) dan RE halus (bagian yang tidak terdapat ribosom). Bagian RE halus berfungsi pada sintesis lemak dan steroid.
f.     Lisosom

Lisosom dihasilkan oleh badan geologi. Di dalam lisosom terdapat berbagai macam enzim  yang berperan dalam pencernaan intra seluler.
g.    Mitokondria

Mitokondria memiliki dua lapisan membran yaitu membran luar dan membran dalam. Membran dalam memiliki lipatan kearah dalam yang di sebut dengan Krista, yang berfungsi pada proses respirasi sel. Sedangkan membran luar berfungsi mengatur zat kimia yang keluar dan masuk.
h.    Kloroplas

Kloroplas adalah organ yang mengandung pimen Klorofil / Zat hijau daun. Kloroplas berfungsi saat fotosintesis.
i.      Badan Mikro


Badan mikro adalah organ yang di hasilkan oleh Retikulum Endoplasma. Terdapat dua jenis badan mikro yang penting yaitu prioksisom dan glikosisom. Prioksisom berfungsi dalam rangkaian fotoresfirasi sel tumbuhan Hidrogen Peroksida yang di hasilkan dari berbagai reaksi biokimia dalam sel bersifat racun lalu diuraikan dengan enzim katalase menjadi senyawa tidak beracun
 H2O2              2H2O + O2
Glokosisom berfungsi menguraikan molekul-molekul lemak menjadi karbohidrat selama proses perkecambahan.
j.      Sistoskleton


Sistokleton berfungsi sebagai rangka pada sel. Sistoskleton memberi bentuk dan membantu pengangkutan bahan-bahan di dalam sel.
Sistoskleton terbagi menjadi: Mikrotubil, Mikrofilamen dan flamen intermediet. 
k. Badan Golgi

Badan golgi adalah organel yang berfungsi dalam kegiatan ekskresi sel. 

C.              Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

a)      Sel  Tumbuhan
-          Dinding sel

Sel tumbuhan dilengkapi dengan diding sel dinding sel dibedakan menjadi sel primer dan sel sekunder. Dinding sel primer tebalnya 1-3 mm yang terdiri dari senyawa pectin, heumselulosa dan senyawa lain. Molukul selulosa membentuk mikrofbril yaitu serat – serat panjang yang memasuki daya renggang yang kuat . Sel muda tumbuhan, sel parenkem dan sel fotosuntesus memiliki dinding sel primer.
Pada sel dewasa memiliki dinding sel sekunder dengan kandungan selulosa lebih banyak sel sekunder lebih kuar dan tegar.
-          Vakuola
Vakuola pada tumbuhan dibungkus oleh tonoplas. Sel tumbuhan dewasa memiliki satu vakuola yang besar dibagian tengah sedangkan pada sel – sel muda memiliki banyak vakuola yang kecil.
Vakuola pada hewan tidak dilengkapi dengan tonoplas. Pada beberapa jenis protozoa terdapat vakuola makanan yang menyimpan beberapa enzim pencernaan. Selain itu terdapat vakuola berdenyut yzng berperan dalam proses osmoregulasi.
-          Plastida


Di dalam plastida terkandung DNA, ribosom, enzim dan beberapa protein. Organel ini mengandung zat warna pigmen.
            Plastida yang tidak mengandung zat warna disebut leukoplas wutohaya amloplas dan elaioplas . Plashda yang mengandung pigmen dibedakan menjadi kloroplas dan krowoplas . Kroroplas mengandung pigmen hijau sedangkan kromoplas mengandung pigmen selain warna hijau.
b)      Sel Hewan
-          Sentroson

Sentroson berperan dalam proses pembedahan sel. Sentroson terdiri dari dua sentriol dan diliputi oleh sitoplasma. Padas el yang tidak melakukan aktivitas pembedahan sel orgamel ini terletak di dekat nucleus.



BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Sel adalah komponen penting dalam kehidupan. Sel terdiri dari membrane sel dan protoplasma. Di dalam protoplasma terdapat organel sel yang terdiri dari membrane sel, sitroplasma, hukleus, tibosom, reticulum endoplasma lisosom, mitrokondria, kloroplas, badan mikro dan sistoskleton. Terdapat beberapa perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Sel hewan tidak memiliki dindingsel sememtara sel tumbuhan memiliki dinding sel. Sel hewan memiliki sentroson vakuola makanan dan vakuola berdenyut. Sel tumbuhan memiliki plashda dengan vakuola yang kecil dan banyak pada sel muda. Sementara satu vakuola besar terletak ditengah pada sel dewasa.

No comments:

Post a Comment