Monday, July 16, 2018

Sarana dan Prasarana Desa Kintamani


 Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana umum yang dimiliki oleh masyarakat Desa Pakraman Kintamani antara lain: Sarana trnsportasi dan komunikasi, sarana peribadahan, dan sarana Kesehatan. Adapun uraiannya dijelaskan sebagai berikut.

1.        Sarana Transportasi dan Komunikasi.
Alat transportasi yang paling banyak terdapat di masyarakat adalah sepeda motor, yang dipakai untuk melakukan berbagai aktifitas, baik untuk bekerja maupun untuk pergi sekolah, selain sepeda motor adapun alat transportasi lainnya yaitu truk, yang digunakan oleh masyarakat Desa Pakraman Kintamni untuk mengangkut hasil perkebunan, truk juga digunakan sebagai alat transportasi pada saat upacara keagamaan melasti dan upacara lainnya yaitu upacara pembersihan dewa yang dilakukan di laut sehari.
Selain sarana transportasi darat sarana komunikasi dan informasi berupa televisi, radio, telepon telah menjangkau masyarakat desa Pakraman Kintamani. Seiring dengan kemajuan jaman dan adanya sarana komunikasi yang lebih modern seperti telepon genggam juga sudah ada yang menggunakan walaupun hanya pada kalangan masyarakat tertentu untuk menunjang kelancaran tersediannya sarana dan prasarana tersebut, menunjukan bahwa masyarakat Desa Pakraman Kintamani merupakan daerah yang sudah maju dan bisa menerima informasi dengan mudah serta saling membina hubungan baik diantara masyarakat.
2.        Sarana Peribadatan
Mayoritas penduduk Desa Pakraman Kintamani adalah beragama Hindu. Memiliki aturan (awig-awig) dalam pemerintahan adat karena Desa Sukawana memiliki Tri Khayangan sendiri, antara lain Pura Desa, Pura Puseh, dan Pura Dalem. Pembangunan pura yang ada di Desa Pakraman Kintamani merupakan hasil swadaya dan sistem gotong royog yang dilaksanakan oleh masyarakat sehingga pembangunan pura dapat dilakukan secara bertahap.
3.        Sarana Kesehatan
Sarana kesehatan yang terdapat di Desa Pakraman Kintamani belum terlalu mamadai, namun posyandu sudah disediakan khusus untuk para balita dan ibu hamil. Seperti konsultasi persiapan persalinan melahirkan dan konsultasi makanan sehat. Konsultasi itu dilakukan oleh dokter dan bidan yang khusus memberika penyuluhan untuk membantu petugas posyandu.
Jika masyarakat desa Pakraman Kintamani membutuhkan sarana kesehatan, biasanya mereka  pergi ke puskesmas terdekat yang ada di Desa sebelah selatan yaitu Desa Pakraman Kintamani.

No comments:

Post a Comment