A.
TRI GUNA DALAM DIRI
Manusia sejak lahir memiliki tga sifat
dasar. Ketiga sifat dasar. Ketiga sifat dasar manusia tersebut tidak dapat
dipisah-pisahkan. Sifat dasar yang satu dengan yang lain selalu bergejolak
untuk saling mengalahkan. Sifat dasar manusia tertuang dalam kitab-kitab suci
agama Hindu.
Pustaka suci Bagavad-gita, XVIII. 40
menyatakan bahwa :
Na tad asti prthivyam va divi devasu va
punah sattvam prakrti-jair muktam yad ebhih syat tribhir gunarih.
Artinya :
Tiada mahluk yang hidup, baik disini maupun
dikalangan para deva di susunan planet yang lebih tinggi, yang bebas dari tiga
sifat tersebut yang dilahirkan di alam material.
Pustaka suci Bagavad-gita, XVIII. 60
menyatakan bahwa :
Svabhava- jena kaunteya nibaddah svena
karmana kartum necchasi yan mohat karisyasy avaso’ pi tat.
Artinya :
Akibat khayalan, engkau sekarang menolak
bertindak menurut perintah-Ku, tetapi didorong oleh pekerjaan yang dilahirkan
dari sifatmu sendiri, engkau akan bertindak juga, wahai putra Kunti
Tiga sifat dasr manusia dalam ajaran agama
Hindu dikenal dengan sebutan Tri Guna. Kata Tri Guna bersal dari bahasa
Sasekerta, dari kata “Tri dan Guna”. Tri artinya tiga dan guna artinya sifat
atau Baka. Jadi Tri Guna artunya tiga sifat dasar yang terdapat pada seluruh
mahluk
Pustaka suci Wrhaspati Tattwa sloka 15
menjelaskan s4ebagai berikut
Laghu praksakam sattwamcacalam tu rajah sthitam,
tamo guru varanakam ityetaccinta laksanam.
Ikangmadras molah, yeka rajah ngaranya
ikang abwat peteng yeka tamah ngaranya.
Artinya :
Pikiran yang ringan dan terang, itu sattwam
namanya; yang bergerak cepat itu rajas namanya; yang beratserta gelap itulah
tamas namanya.
terjemahan sloka diatad menjelaskan bahwa manusia memiliki sifat dasar yang disebut tri guna. Sifat manusia terssebut adalah sattwam, rajas, tamas.
terjemahan sloka diatad menjelaskan bahwa manusia memiliki sifat dasar yang disebut tri guna. Sifat manusia terssebut adalah sattwam, rajas, tamas.
Pustaka suci Bagavad-gita XIV.5 menjelaskan
sebagai berikut. Sattvam rajas tamas iti gunah prakrti-sambhavah nibadhnanti
maha-baho dehe dehinam avyayam.
Artinya :
Alam material terdiri dari tiga sifat
kebaikan, nafsu dan kebodohan. Jika mahluk hidup yang kekal berhubungan dengan
alam. Ia diikat oleh sifat-sifat tersebut, wahai arjuna yang berlengan perkasa.
No comments:
Post a Comment