Tuesday, October 23, 2018

contoh penutup bab v


BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
5.1.1 Di SD. Negeri 5 Songan mengalami angka droup out disebabkan oleh faktor utama yaitu tingkat geografis sekolah. Angka droup out di SD. Negeri 5 Songan sangat dipengaruhi oleh keberadaan anak usia sekolah yang berasal dari dusun Serongga. Dusun Serongga berada lumayan sangat jauh dengan SD. Negeri 5 Songan, sehingga menyebabkan anak-anak yang pada umumnya sekolah dengan berjalan kaki ke sekolah merasa kelelahan sehingga memutuskan untuk mengakhiri pendidikannya.

5.1.2 Proses dilakukannya sekolah kelas jauh yaitu dengan membuatkan jadwal per jenjang atau perkelas dan dibuatkan waktu atau jam dimulainya pelajaran untuk dilakukannya proses belajar mengajar. Progran sekolah kelas jauh ini dipusatkan di balai banjar dusun Serongga.

5.2  Saran
5.2.1         Untuk orang tua hendaknya lebih memperhatikan kondisi anak baik secara psikologis, sosial, maupun akademik. Dengan mengidentifikasi awal masalah pada anak maka pencegahan anak untuk mengalami putus sekolah dapat diminimalisir.
5.2.2        Semua pihak pada satuan pendidikan khususnya pendidikan dasar perlu bekerjasama dengan orang tua dalam memantau perkembangan anak
5.2.3        Masyarakat perlu disadarkan tentang pentingnya pemantauan terhadap aktivitas anak-anak dalam masyarakat dengan tidak bersikap acuh terhadap permasalahan sosial yang timbul dalam diri anak maupun sekelompok anak di daerahnya


No comments:

Post a Comment