BAB V
PENUTUP
5.1
Simpulan
5.1.1 Di
SD. Negeri 5 Songan mengalami angka droup out disebabkan oleh faktor utama
yaitu tingkat geografis sekolah. Angka droup out di SD. Negeri 5 Songan sangat
dipengaruhi oleh keberadaan anak usia sekolah yang berasal dari dusun Serongga.
Dusun Serongga berada lumayan sangat jauh dengan SD. Negeri 5 Songan, sehingga
menyebabkan anak-anak yang pada umumnya sekolah dengan berjalan kaki ke sekolah
merasa kelelahan sehingga memutuskan untuk mengakhiri pendidikannya.
5.1.2 Proses
dilakukannya sekolah kelas jauh yaitu dengan membuatkan jadwal per jenjang atau
perkelas dan dibuatkan waktu atau jam dimulainya pelajaran untuk dilakukannya
proses belajar mengajar. Progran sekolah kelas jauh ini dipusatkan di balai
banjar dusun Serongga.
5.2 Saran
5.2.1
Untuk
orang tua hendaknya lebih memperhatikan kondisi anak baik secara psikologis,
sosial, maupun akademik. Dengan mengidentifikasi awal masalah pada anak maka
pencegahan anak untuk mengalami putus sekolah dapat diminimalisir.
5.2.2
Semua pihak pada satuan pendidikan
khususnya pendidikan dasar perlu bekerjasama dengan orang tua dalam memantau
perkembangan anak
5.2.3
Masyarakat perlu disadarkan tentang
pentingnya pemantauan terhadap aktivitas anak-anak dalam masyarakat dengan
tidak bersikap acuh terhadap permasalahan sosial yang timbul dalam diri anak
maupun sekelompok anak di daerahnya
No comments:
Post a Comment