Thursday, January 10, 2019

laporan observasi kantin sekolah


KANTIN SMA NEGERI 1 KINTAMANI

Kantin sekolah adalah sebuah ruangan dalam sebuah gedung sekolah yang dapat digunakan siswa siswanya untuk makan baik makan dan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli disana. Kantin juga sebagai tempat berkumpul bagi para murid.
Kantin SMA N 1 Kintamani terletak di depan kelas X MIA tepatnya disebelah selatan lapangan SMA N 1 Kintamani dan disebelah kebun sekolah. Posisi kantin bu Tileh berada di awal jika dilihat dari depan kelas MIA X SMAN 1 Kintamani yang terdiri atas empat ruang kantin.

Kantin SMA N 1 Kinramani memiliki ruang makan yang cukup luas dan nyaman, karena berada di luar ruang kantin dari 4 jenis kantin ruang makan digabung, sehingga ruang makan luas dengan jejeran meja mskan untuk siswa siswi makan maupun berkumpul
Untuk penyimpanan makanan khusunya makanan pokok tersedia wadah tertentu misalnya nasi disimpan di termos nasi, lauk disimpan di panci yang besar dan tertutup agar terlindungi dan baik dikonsumsi.
Tempat memasak makanan tidak jauh dari ruang makan. Kantin nemiliki dapur kecil untuk memasak makan, oleh karena itu setiap ruang kantin hanya disa menampung satu kompor di dalam ruangan yang digunakan untuk memasak.
Selain tempat memasak kantin SMA N 1 Kintamani juga memiliki tempat pencucian piring prajktis. Dari 4 stand kantin ada yang menggunakan wastafel yang dilengkapi keran air untuk mencuci piring dan ada yang menggunakan ember berisi air untuk mencucinya. Salah satu ember terisi air yang berbusa untuk mencucinya dan ember yang kedua berisi air bersih untuk membilas.
Sampah yang dikelola kantin SMAN 1 kintamanj berdasarkan asalnya yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan dengan mudah, seperti limbah dan sayur, sisa nasi san kulit buah. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit bahkan tidak bisa diuraikan sampah anorganik yang ada di kantin seperti sampah plastik, kertas pembungkus makanan dan botol plastik pada minuman kemasan.
Jenis makan yang dijual di kantin ini diklasifikasin menjadi dua jenis yaitu makanan pokok dan makanan ringan. Makanan pokok adalah makanan menjadi gizi dasar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seseorang. Contoh makan pokok yang dijual di kantin SMAN 1 kintamani adalah nasi ayam dan mie instan. Makanan ringan adalah  makanan yang dimakan untuk dinikmati rasanya. Makanan ringan yang dijual di kantin SMA N 1 Kintamani adalah snack, keripik, dan berbagai roti varian rasa.
Dapat disimpulkan bahwa kantin SMA N 1 kintamani cukup bersih dan praktis disekitarnya tidak ada sedikitpun berserakan mebgenai sampah sehingga siswa siswi menggunakannya dengan nyaman dan baik.

No comments:

Post a Comment