Thursday, January 10, 2019

Jero Gde Balingkang, iyang berarti Keraton Besar Raja bali.

Jero Gde Balingkang, iyang  berarti Keraton Besar Raja bali.
Dengan data-data   serta  analisis tersebut   tadi,  maka   dapat diambil  petunjuk bahwa  Pura dalem Balingkang  pada   mulanya    adalah Keraton  Raja   mayadanawa    yang   menguasai Pulau Bali   pada   tahun  1255 M. siapa   sebenanya Raja   Mayadanawa? Pertanyaan   ini belum   bisa dijawab  dengan pasti,   karena bila    masa   pemerintahannya    dihubungkan dengan   prasasti-prasasti yang ada   di Bali, kita   akan   menjumpai   nama   raja-raja   lain. Apabila   kita   memperhatikan   keterangan   dalam   kitab Negara Kertagama  ada disebutkan   bahwa Raja   Kertanegara dari Singasari, menyerang  Bali pada tahun            . boleh   jadi Raja   mayadanawa  inilah   yang   dikalahkan oleh  Kertanegara. Setelah Rja Bali kalah, Kertanegara   mengangkat  Patih Kebo Rarud sebagai pejabat tinggi   di Bali yang    bertindak atas nama   Raja Singasari   dengan sebutan  raja patih. Kebo Rarud   menghormati  tempat suci   pernujaar, Raja Bali terdahulu, terbukti dengan dikeluarkannya  prasasti  Sukawana  Ditahun            M, tentang   pembebasan desa Sukawana    dari   pajak   dan kewajiban tertentu    karena ditugaskan    memelihara tempat suci    di Bukit Penulisan.

Dalam   perjalanan  sejarah Bali   lebih lanjut,   maka setelah    pemerintahan   di Bali   dipegang oleh raja-raja   Jawa   terutama  pada  masa   yang lebih    kemudian yakni    masa Dalem  Ketut Ngalasir  yang bergelar Sri  Semara   Kepaksian, masyarakat Bali Age    yang tidak mau tunduk  kepada  pemerintahan dinati Sri Kresna  Kepaksian   mendirikan Pura  Dalem Dasar Gelgel  guna  meletakkan   dasar-dasar   pemerintahan  di Bali   serta untuk menarik  perhatian  masyarakat  Bali Age. Walaupun  demikian,   namun perhatian   Dalem  Ketut Ngalesir   rupa-rupanya  belum   tertuju kepada  bekas  keraton Mayadenawa  Kini   bernama Dalem Balingkang, sebagai   pemujaan  masyarakat Bali Age.
Adapun   pendirian bangunan-bangunan  Pura Dalem Balingkang  yang berlanjut  sampai   sekarang adalah   mempunyai sejarah   tersendiri. Tatkala  Dewa  Agung mayun  Sudha   dari Pejeng  mendapat    serangan  dari Gianyar, Blahbatu, Peliatan  dan Ubud pada waktu   itu Dewa  Agung  mayun  Sudha   menyelamatkan    diri  ke Bangli (minta   suaka  politik) dengan diiringi  oleh rakyat   sebanyak 100KK, maka Dewa   Agung Mayun   Sudha   pergi   ke tempat   bekas keraton   Balingkang   untuk melakukan  Yoga-Semadi , sambal   mencari   tanah yang cocok   untuk   pertanian. Dikompleks Pura dalem Balingkang  sekarang, pada waktu   itu merupakan   semak belukar  belum   ada bangunan-bangunan  seperti   Pura sekarang, yang   ada hanya   bekas-bekas   bangunan serta   denah-denah   bangunan  yang   tidak jauh   berada dengan   denah Pura Dalem  Balingkang sekarang. Peristiwa   itu  terjadi   sekitar  abad ke 18. Rupa-rupanya  daerah  pedalaman   sekitar Balingkang  baik  untuk  tanah pertanian, sehingga beliau    memilihnya  sebagai tempat   pemukiman   bersama-sama   dengan  pengiringannya    dan    di   sanalah   beliau   menetap.   Beliau sering    pula tinggal    di  Bonyaeh     dan   di tanah  Gambir untuk   mendapatkan   tanah   pertanian   yang  lebih baik. Pada hari-hari  yang baik   beliau selalu dating   kebekas  Keraton   Balingkang   untuk bersemadhi.
Pada suatu   ketika    terkala   beliau  bersemadhi, beliau mendapat   wahyu (pewsik)  dan  bhatara disana   agar beliau   mendirikan kembali Pemuspan   atau Pelinggih   di Balingkang. Tentang   wahyu itu  dilaporkan  ke Puri Bangli   dan juga    kepada Dewa  Agung di Klungkung   atas persetujuan   Raja Bangli   dan Dewa Agung  Klungkung    maka   didirikanlah  pelinggih-pelinggih di Balingkang.
Setelah pelinggih   selesai   di bangun,   maka Dewa Agung   Mayun  sudha   mohon kepada  Raja bangli   agar   diijinkan   menggempur   Desa  Petak di   Gianyar, akhirnya    desa Petak yang terdiri dari 10   banjar    dikalahkan oleh Bangli    dibawah   pimpinan  Dewa  Agung Mayun Sudha. Setelah beliau    meninggalkan tempat   tinggal beliau   di Balingkang, lalu  menetap di Desa  Petak. Dari   Desa Petak   beliau   menyungsung   Pura Dalem Balingkang   sedangkan  untuk   ngemong Pura itu  disuruhkan   kepada Desa  Pinggan   dan diberikan  laba Pura seluas 17 ha, yang terdiri   dari tanah   dan  perkebunan.
Atas dasar uraian tersebut diatas, bahwa Pura   Dalem Balingkang   yang Sekarang   adalah   bekas   keraton  Raja Bali   Kuno yang   samapai   sekarang masyarakat    sekitarnya   menyebut “Jero Gde  Dalem Balingkang” yang artinya  tempat Pemujaan Raja Bali.

No comments:

Post a Comment