Thursday, January 3, 2019

Pendahuluan PTK Seni Tari SMP


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
            Pendidikan Seni Tari yang merupakan salah satu bidang pelajaran seni budaya di dalam pelaksanaannya di sekolah diberlakukan kurikulum tingkat satuan pendidikan Kurikulum 2013, yang para gurunya dituntut untuk mengembangkan pembelajarannya secara lebih profesional. Standar
kompetensi dalam kurikulum kesenian khususnya seni tari di lingkungan sekolah SMP adalah mengapresiasi karya seni tari, dan mengekspresikan diri melalui karya seni tari. Ketika siswa mengapresiasi karya seni tari guru tidak terlibat secara aktif memberikan penjelasan akan amatan siswanya, yang dilakukan sekedar memberi sekilas pengantar mengenai amatan yang sedang dicermati siswa. Demikian pula ketika siswa melaksanakan kegiatan mengekspresikan karya seni tari, guru kurang teliti mencermati setiap gerak tari yang dilakukan siswanya, evaluasi yang dilakukan secara global. Sekedar memberi tugas tanpa memotivasi dan kurang memberi penjelasan dan contoh-contoh kepada siswanya, sehingga siswa tersebut memahami akan tugas yang diberikan gurunya. Akibatnya, siswa hanya melakukan imitasi terhadap gerak-gerak yang pernah dipelajarinya, tanpa memberi variasi dan pengembangan gerak yang pernah dipelajarinya.  Dari beberapa pengamatan yang pernah dilakukan peneliti kehidupan berkesenian (khususnya seni tari) di sekolah masih sangat memprihatinkan. Kendala yang dihadapi di sekolah maupun masyarakatnya perlu dikaji dalam suatu penelitian. Hasil wawancara dengan beberapa guru seni dan budaya SMP Kabupaten Bangli, guru kesenian khususnya seni tari dalam melaksanakan pembelajaran tari belum pernah memanfaatkan alam dan lingkungan sekitar sekolah, atau membuat karya tari dari hasil amatan alam dan lingkungan sekitarnya dengan mengajak para siswanya untuk mengamati fenomena lingkungan alam yang ada di sekitar sekolah atau tempat tinggal siswa yang dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kreativitas siswa. Pembelajaran tari yang dilakukannya masih bersifat imitatif dari karya tari seniman/orang lain.
           Kegiatan untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru dalam kreativitas tari dapat dilakukan dengan kegiatan berekspresi seni melalui lingkungan sekitar sekolah. Dari penjelajahan terhadap lingkungan sekitar dapat dihasilkan banyak tema, objek amatan, pengembangan imajinasi, yang dapat memberikan pembelajaran kreatif estetis dan berekspresi.  Guru seni tari di di Kabupaten Bangli kurang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dalam upaya memberi motivasi dan meningkatkan pengalaman estetis, serta kemampuan mengapresiasi seni tari dalam proses penciptaan tari yang dapat dilakukan melalui penjelajahan  gerak dengan berbagai amatan dari benda dan kehidupan lingkungan sekitar sekolah, lingkungan SMP Negeri 1 Kintamani, pepohonan, dan seterusnya. Melalui penjelajahan alam lingkungan sekitar memberikan dampak akan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas semua ciptaan di bumi ini, meningkatkan kepedulian dan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan sekitarnya. Ketika siswa berada di bawah pohon di lingkungan sekitar sekolah, mereka  dapat merasakan keteduhan, kesejukan, kepanasan, kebersamaan, dengan mengekspresikan kedalam gerak sesuai dengan yang dirasakannya.     
Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan sebagai upaya peningkatan kreativitas guru seni tari SMP di Kabupaten Bangli dalam proses belajar mengajar seni tari di sekolah. Dengan terlibatnya guru seni tari SMP Kabupaten Bangli dalam pembelajaran tari secara langsung melalui penjelajahan terhadap lingkungan sekitar sekolah, kemungkinannya dapat meningkatkan keterampilan mengolah dan mengekspresikan gerak tari dalam koreografi lingkungan.

B. Perumusan Masalah
            Permasalahan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah upaya dalam meningkatkan kreativitas guru seni tari dalam pembelajaran tari melalui koreografi lingkungan?

C. Tujuan Penelitian
                Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kreativitas guru seni tari SMP Kabupaten Bangli dalam pembelajaran tari melalui pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah. Meningkatkan kinerja guru tari dalam pembelajaran tari melalui kreativitas kinestetik. 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
D. Manfaat Penelitian
1.      Bagi para guru seni tari penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi
dalam upaya meningkatkan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar tari di sekolah melalui koreografi lingkungan.
2.      Bagi peserta didik pembelajaran tari yang diberikan gurunya dapat meningkatkan kemampuan mengekspresikan seni tari melalui pengamatan  lingkungan sekitar dan memberikan keseimbangan             emosionalnya.
3.      Peneliti dapat memberikan referensi masukan tentang pembelajaran tari melalui koreografi lingkungan yang dapat digunakan sebagai sumber
informasi dan inspirasi dalam dalam proses belajar mengajar seni tari di SMP yang kreatif dan inovatif.
4.      Bagi pemerhati pendidikan dan penelitian, hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar penindaklanjutan penelitian yang membahas upaya meningkatkan kemampuan kreativitas tari melalui model              pembelajaran tari  melalui lingkungan sekitar  yang berguna bagi  perkembangan bidang seni tari khusus untuk anak SMP.
5.      Memberi motivasi bagi sekolah untuk melakukan kegiatan berkesenian khususnya seni tari di lingkungan sekolah.



No comments:

Post a Comment