Sunday, October 8, 2017

BENARKAH BUAH NANAS TIDAK BOLEH DIKONSUMSI IBU HAMIL??

Buah nanas adalah buah yang berasal dari berasal dari brasil dan tumbuh subur di Indonesia. Buah Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).
Selama ini kita sering mendengar orang tua melarang putrinya yang sedang hamil mengkonsumsi buah nanas, sebenarnya apakah ini hanya mitos atau fakta?

Mari kita bahas sisi ilmiahnya:

Nanas mengandung enzim  bromelian, yaitu enzim yang memiliki efek melemahkan leher rahim dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi. Enzim ini banyak ditemukan pada buah nanas yang masih muda. Enzim bromelian dapat menginduksi kehamilan sehingga dapat meningkatkan kontraksi rahim dan menyebabkan keguguran.

Buah nanas bila dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti perut mulas dan timbulnya diare. Bila ibu hamil mengalami diare tentu tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin.
Berdasarkan fakta diatas, sebaiknya bila ibu hamil ingin mengkonsumsi nanas sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan anda.

No comments:

Post a Comment