Salah satu
pendekatan modifikasi perilaku adalah pendekatan mawas diri atau model mengajar
pengendalian diri.
1. Tahap Pengenalan Prinsip Tingkah Laku
Pada Tahap ini guru memperkenalkan program dan prinsip-prinsip pengendalian diri.
Pada Tahap ini guru memperkenalkan program dan prinsip-prinsip pengendalian diri.
2. Tahap Menetapkan Data Dasar
Data dasar dimaksudkan untuk mengetahui dengan pasti perangsang yang terkendali, perilaku yang terbentuk dalam respons yang sesuai atau tidak sesuai.
Data dasar dimaksudkan untuk mengetahui dengan pasti perangsang yang terkendali, perilaku yang terbentuk dalam respons yang sesuai atau tidak sesuai.
3. Tahap Menyiapkan Program yang Realistis
Dalam tahap ini guru harus membantu siswa dalam menyusun program secara realistis dan seimbang.
Dalam tahap ini guru harus membantu siswa dalam menyusun program secara realistis dan seimbang.
4. Tahap Pelaksanaan Program
Pada tahap ini siswa melaksanakan program yang telah direncanakan. selama dalam jangka waktu pelaksanaan program, siswa mengadakan pertemuan secara berkala dengan guru untuk menelaah kemajuan dan mengubah program apabila diperlukan.
Pada tahap ini siswa melaksanakan program yang telah direncanakan. selama dalam jangka waktu pelaksanaan program, siswa mengadakan pertemuan secara berkala dengan guru untuk menelaah kemajuan dan mengubah program apabila diperlukan.
5. Tahap Evaluasi dan Tindak Lanjut
Pada tahapan ini guru mengadakan
penuilaian terhadap tingkah laku siswa apa sudahsesuai yang diprogramn dan
menentukan tingkah sebagai tindak lanjut.
C. MENERAPKAN
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN ENDEKATAN MODIFIKASI
PERILAKU
Untuk menerapkan
penggunaan metode ini diambil contoh materi dari GBPP IPS Sekolah Dasar Kelas 5
Semester II.
1.
Kompetensi
Dasar
Kemampuan memahami perjuangan para tokoh dalam melawan penjajah dan tokoh-tokoh Pergerakan Nasional.
Kemampuan memahami perjuangan para tokoh dalam melawan penjajah dan tokoh-tokoh Pergerakan Nasional.
2.
Materi
Pokok (Pokok Bahasan)
Pendudukan Jepang di Indonesia.
Pendudukan Jepang di Indonesia.
3.
Hasil
Belajar
Mendeskripsikan penduduk Jepang di Indonesia.
Mendeskripsikan penduduk Jepang di Indonesia.
4.
Indikator
(Uraian Materi)
a. Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia.
b. Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia.
a. Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia.
b. Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia.
5.
Pelaksanaan
Pembelajaran
Setelah mempelajari kompetensi dasar, materi pokok, hasil
belajar dan indikator, guru dapat menjelaskan materi tersebut dengan cara yang
mudah diterima.
MERANCANG DAN
MENERAPKAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN
EKSPOSITORI
A. PENGERTIAN
PENDEKATAN EKSPOSITORI
Pendekatan
ekspositori adalah pendekatan yang menekankan pada pengolahan materi
pembelajaran yang telah jadi atau siap disampaikan kepada siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar dengan
pendekatan ekspositori yang penting adalah menentukan informasi apa yang akan
diberikan kepada siswa.
Salah satu
bentuk metode mengajar yang berlandaskan pendekatan ekspositori adalah metode ceramah. Dalam
proses pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, guru menyampaikan materi
pelajaran secara lisan.
B. CARA
MERANCANG PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPS DI SD YANG BERLANDASKAN PENDEKATAN
EKSPOSITORI
Dalam merancang
penggunaan metode ceramah (sebagai contoh pendekatan ekspositori ) perlu terlebih dahulu diketahui
sifat-sifatnya yang kurang baik, yaitu berikut ini :
1.
Kurang
memberikan kesempatan untuk bertanya atau berdiskusi memecahkan masalah
sehingga daya serap siswa kurang tajam.
2.
Kadang-kadang
pernyataan atau penjelasan lisan sukar ditangkap apalagi jika menggunakan
kata-kata asing.
3.
Kurang
memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kecakapannya untuk
mengeluarkan pendapat.
4.
kurang
cocok untuk anak yang tingkat abstraksinya masih kurang.
5.
Dapat
menimbulkan kebosanan siswa dan variabelnya.
Metode ceramah
dapat digunakan apabila terdapat hal-hal berikut ini :
1.
Bahan
ceramah yang akan diberikan jumlahnya/volumenya sangat banyak.
2.
Banyak
atau materi yang akan diberikan merupakan bahan baru
3.
Para
siswa dapat memahami informasi melalui kata-kata.
Langkah -langkah
dalam melaksanakan metode ceramah adalah berikut ini :
1.
Melakukan
kegiatan pendahuluan
a. Menjelaskan tujuan pembelajaran
b. Mengemukakan pokok-pokok materi yang akan disajikan
c. Memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
a. Menjelaskan tujuan pembelajaran
b. Mengemukakan pokok-pokok materi yang akan disajikan
c. Memancing pengalaman siswa yang relevan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
2.
Menyajikan
bahan pelajaran dengan memperhatikan faktor-faktor berikut ini.
a. Perhatian siswa
b. Menjelaskan materi pelajaran
c. kegiatan pembelajaran sedapat mungkin bervarisi
d. Umpan balik dari siswa untuk guru
e. Motivasi perlu selalu ditimbulkan
a. Perhatian siswa
b. Menjelaskan materi pelajaran
c. kegiatan pembelajaran sedapat mungkin bervarisi
d. Umpan balik dari siswa untuk guru
e. Motivasi perlu selalu ditimbulkan
3.
Menutup pelajaran dengan kegiatan sebagai berikut.
a. Menarik kesimpulan dari bahan pelajaran yang
disampaikan.
b. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi
kembali bahan pelajaran yang telah dipelajari dengan menghubungkan mata
pelajaran lain.
c. Melaksanakan penilaian akhir untuk mengetahui sejauh
mana pencapaian tujuan pembelajaran.
d. Tindak lanjut
No comments:
Post a Comment