Wednesday, October 4, 2017

CONTOH LAPORAN PRAKERIN SMK PARIWISATA



KATA PENGANTAR
Om Swastiastu
            Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan jalan  dan kemudahannya dalam pembuatan Laporan Parktek kerja industri di Royal Pita Maha. Sehingga penulisan dapat menyelesainkan dengan tepat pada waktu yang berjudul "Praktek Kerja Indrustri" di Royal Pita Maha". Penulisan laporan ini bertujuan sebagai syarat kenaikan ke kelas 3. penulisan menyadari akan kekurangan dan keterbatasan kemampuan dalam hal pembuatan laporan ini dengan sempurna untuk itu penulisan mengharapkan kritik dan saran yang dapat memberikan masukan-masukan berguna sebagai wujud menutup kekurangan dalam pembuatan makalah ini dalam kesempatan ini penulisan ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhomat:
Om Santih, Santih, Santih, Om.

Denpasar 12 Januari 2016



DAFTAR ISI
Kata Pengantar .............................................................................................................................. i
Daftar Isi ........................................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................................ 1
1. 1 Latar Belakang................................................................................................................... 1
1. 2 Tujuan Praktek  Kerja Lapangan ...................................................................................... 1
1. 3Manfaat Praktek Kerja Lapangan ...................................................................................... 1
1. 4Waktu dan Tempat Pelaksanaan ........................................................................................ 1
BAB II GAMBARAN UMUM................................................................................................... 3
2. 1 Sejarah Singkat Royal Pita Maha...................................................................................... 3
2. 2 Departement Yang Ada di Royal Pita Maha..................................................................... 6
2. 3 Hubungan Derpatement House Keeping dan Derpatement Lain...................................... 6
2. 4 Lokasi dan fasilitas Hotel ................................................................................................. 7
2. 5 Tata Tertib Bekerja Di Royal Pita Maha............................................................................ 8
BAB III PEMBAHASAN............................................................................................................ 11
3. 1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent................................................................................ 11
3. 2 Alat-Alat Yang Digunakan ............................................................................................... 11
3. 3 Cairan Pembersih............................................................................................................... 12
3. 4 Perlengkapan Dan Fasilitas Kamar.................................................................................... 12
3. 5 Langkah- langkah pembersihan kamar................................................... 13
BAB IV PENUTUP...................................................................................................................... 16
     4.1 Kesimpulan dan saran ......................................................................................................... 16


BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Praktek  Kerja Industri merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum yang wajib di ikuti oleh seluruh siswa Sekolah Pariwisata Bali. Praktek  Kerja Industri ini merupakan suatu kegiatan yang di lakukan di luar sekolah untuk menambah pengetahuan siswa tentang dunia industri agar dapat mempraktekkan seluruh teori yang di peroleh di sekolah di dunia industri.
            Di dalam bidang  pariwisata dan perhotelan, pengetahuan teori dan praktek yang di pelajari si sekolah harus di tunjang dengan praktek yang di lakukan di dunia industri, dalam hal ini di lakukan dalam Praktek  kerja industri. Dari pelaksanaan Praktek  kerja industri ini siswa dapat menerapkan teori dan praktek yang di dapatkan di sekolah dengan Praktek  kerja industri di dunia industri. Sehingga diharapkan akan sangat besar pengaruhnya dalam usaha peningkat kemampuan serta profesionalisme kerja guna mempersiapkan diri untuk  berhadapan langsung dalam dunia pariwisata khususnya perhotelan.
1.2 Tujuan Praktek  Kerja Lapangan
Adapun tujuan dari pelaksanaan prakrik kerja industri adalah sebagai berikut:
            Sebagai salah satu syarat naik ke kelas 3 dan kelulusan yang harus di tempuh salama mengikuti pelajaran di SMK N 5 Denpasar
            Untuk menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung pelaksanann di dunia industri
            Mampu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas serta mengenal kondisi kerja di lapangan
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
            Adapun manfaat-manfaat yang diharapkan dalam pelaksanaan Praktek  Kerja Industri adalah sebagai berikut:
            Dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan mengenai bidang tugas yang sedang dijalani
            Dapat menerapkan teori maupun praktek yang di peroleh di sekoalah dan menbandingkannya dengan situasi kerja sesungguhnya.
            Mendapat pengalaman baru di dunia industri perhotelan yang sesungguhnya.
            Dapat belajar dalam mebina suatu hungan kerja yang baik.
            Meningkatkan kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa inggris.
1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
            Waktu pelaksanaan training ini dimulai pada tanggal 5 Oktober 2015 samapai tanggal 5 Januari 2016 dan tempat pelaksanaan  On The Job Training adalah Di Hotel Royal Pita Maha




Training Pagi
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
Training Sore
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000



BAB II GAMBARAN UMUM
2.1 Sejarah Singkat Royal Pita Maha
Royal Convention House
            Located withina separate wing of the resort, the Royal Convention House is undoubtedly Bali's most unique meetingfacility. It is dedicated to showcasing the island's artstic and cultural heritage. An open-air performance stage for cocktail receptions or themed dinners is set within a traditional courtyard.
            Set into the side of the Tjampuan valley in Bali's cultural of ubud, Pita Maha Resort & Spa is a jewel overlooking the the beautuful River Oos From the lobby and restaurant area, the natural beauty of the Ubud foothills is immeately apprent.
            Rich in history, the Tjampuan area has been the focal poin of Bali's artistic community since 1934. The prince of Ubud Tjokorda Gde Agung Sukawati, Joined forces with the celebrated western artists Walter Spies and Rudolf Bonnet to establish a creative association they nemed 'Pita Maha'. The group, whose name in English means 'great shining', was designed foster and promote the talent of local artists.
            Pita Maha Resort & Sap opened in 1995 to commemorate the birth oh this arsistic force and to keep alive its original philosophy. It was designed by a member of Ubud's royal family as an organic Balinese village. A total of 24 villas are set within traditional walled compounds to provide the ultimate in comfort and privacy
            Each villa si luxuriously appointed, wiht air-conditioning, satellite TV, private bar and other modern conveniences. The standard of workmanship, in wood and stone, befits that of the most ancient and powerrful balinese palaces, with carefully tended gardens and an eye for detail that will delight the most discerning guest.
Villa Rates


Villa Type


Units

Price

Garden Villa
8
IDR 4.400.000

Pool Garden Villa
12
IDR 5.100.000

Pool Duplex Villa
3
IDR 6.500.000

Sap Villa
1
IDR 12.900.000


Meal Plan
Price

American Breakfast
IDR 250.000

Sat Lunch
IDR 350.000

Sat Dinner
IDR 400.000

Valid from 1st April 2015 to 31st March 2016
·         Rates include American Breakfast
·         Rates based on singel or double occupancy
·         Check-in 14.00 hours/ check-our 12.00 hours
·         All major cerdit cards accepted
·         Complimentary extra bed and breakfast for one child under 12 years of age
·         Rates are subject to an additional 21% goverment tax and service charge
·         Rates are subject to change without prior notice

Facilites & Guest Services
·         Main Swimming Pool
·         Terrace Rastaurant
·         Pool Bar
·         The Lounge ( Complimantary Internet Terminals)
·         Private Sap
·         Laundry & Dry Cleaning
·         24 Hous Villa Service
·         Safety Deposit Boxes
·         Childcare
·         Docter on Call (24 Hours)
·         Japanese Gust Relations Staff
·         Sightseeing Information
·         Broadband Internet (Each Villa)
·         Hot Spot Access (Lobby, Lounge & Restaurant)
Privileged Access
·         Ubud Palace
·         Museum and Major Temples
·         Ubud Market
·         Whitewater Rafting
·         Monkey
·         Walking Tours


Wedding Celebrations
            The blessing of true love come but once in a single lifertime. The Royal Pita Maha invites couples to celebrate the begining of their destiny with a ceremony performed in a choice of romantic setting.  the poetry of nature will witness each sacred union. We Will tailor a wedding that is nothing less than pure perfectionis because every bridal cople deserves the very best for their treaured day.
Royal Wedding
U$$ 1915
Inclusions :
·         Exclusively choice of wedding venue ( Chapel / Ayung River Gazebo / Royal Convention House ) for maximum 5 hourse
·         Elegant Balinese or contemporary decoration
·         Customized flower decorations
·         Standing tropical & fresh flower arrangement ( 6 pcs)
·         Stylish tropical flower pad on the archway
·         Tropical bridal bouquet and grooms boutonniere
·         Chairs decorated with fresh flowers ( 10 pcs )
·         Wood carved ring plate
·         Fresh flower petals convetti ( frangipani & rose for 10 persons )
·         Welcome reception with non alcoholic drink for bride & groom
·         Flower girl in Balinese dress ( 4 person )
·         Music accompaniment (Balinese gamelan played by 11 people )
·         A bottle of sparkling wine for wedding toast
·         Royal wedding dinner for bride & groom ( 11- course set menu ) food only
·         Romantic table set up & décor
Royal in Elegance
US$ 1405
Inclusions :
·         Exclusively choice of wedding venue ( Chapel / Ayung River Gazebo / Royal Convention House ) for maximum 5 hourse
·         Elegant Balinese or contemporary decoration
·         Customized flower decorations
·         Standing tropical & fresh flower arrangement ( 4 pcs)
·         Stylish tropical flower pad on the archway
·         Tropical bridal bouquet and grooms boutonniere
·         Chairs decorated with fresh flowers ( 10 pcs )
·         Wood carved ring plate
·         Fresh flower petals convetti ( frangipani & rose for 10 persons )
·         Welcome reception with non alcoholic drink for bride & groom
·         Music accompaniment (Bamboo Music  played by 2-3 persons )
·         A bottle of sparkling wine for wedding toast
·         Royal wedding dinner for bride & groom ( 5- course set menu ) food only
·         Romantic table set up & décor

Royal in Simplicity
US$ 1095
Inclusions :
·         Exclusively choice of wedding venue ( Chapel / Ayung River Gazebo / Royal Convention House ) for maximum 5 hourse
·         Elegant Balinese or contemporary decoration
·         Customised flower decorations
·         Standing tropical & fresh flower arrangement ( 2 pcs)
·         Romantic candle decoration
·         Stylish tropical flower pad on the archway
·         Tropical bridal bouquet and grooms boutonniere
·         Chairs decorated with fresh flowers ( 10 pcs )
·         Wood carved ring plate
·         Fresh flower petals convetti ( frangipani & rose for 10 persons )
·         Welcome reception with non alcoholic drink for bride & groom
·         Music accompaniment (Bamboo Music  played by 2-3 persons )
·         Royal wedding dinner for bride & groom ( 4- course set menu ) food only
·         Romantic table set up & décor






2.2 Departement Yang Ada di Royal Pita Maha
Hotel Royal Pita Maha dalam pengelolaan usahanya memberikan pelayan yang terdiri dari beberapa departemen yaitu:
FRONT OFFICE DEPARTEMENT
            Fungsi dari Front Office Departemen adalah menjual kamar dan memberika jasa seperti
v  Menyiapkan pelayanan informasi hotel
v  Melayani tamu ( Check in / check out )
v  Menyiapkan administrasi
      Front office ini merupakan kantor dengan yang secara langsung bertemu dengan tamu hotel. Disamping itu front office juga merupakan pendukung dan kelancaran suatu hotel

HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
            Housekeeping adalah suatu departemen yang tugasnya mengtur serta merawat kebersihan, kehindahan, kenyaman serta keamanan di area hotel


ACCOUNTING DEPARTEMENT
            Adalah departemen yang bertanggung jawab tas kerja bagian keuangan. adapun fungsi dari accouting adalah pengaturan  pemasukan dan pengeluaran keuangan hotel

MARKETING DEPARTEMENT
            Departemen ini bertugas mempromosikan hotel agas lebih dikenal, baik itu kamar, harga kamar, fasilitas maupun sarana lainya.

ENGINEERING DEPARTEMENT
                        Departemen ini yang menangai dekorasi atau menghias serta untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan  disekitar hotel yang memerlukan tenaga-tenaga ahli terutama untuk perbaikan listrik dan elektronika

PERSONALIA DERPATEMENT
            Derpartemen ini bergerak di bagian penerimaan calon pegawai baru dan member training kepada pegawai dalam jangka waktu tertentu.

2.3 Hubungan Derpatement House Keeping dan Derpatement Lain

Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Front Office
v  Housekeeping dan Front Office merupakan room division yang saling terkait dalam proses penyiapan dan penjualan kamar-kamar
v  Housekeeping menyimpan dan membuat laporan Lost & Found dan konfirmasikan pada Front offce
v  Housekeeping melaporkan status kamar yang sebenarnya pada Front office
v  Housekeeping menyiapkan kamar-kamar dan konfirmasi pada bahwa kamar siap dijual
v  Front offce mengirimkan laporan kamar-kamar yang occuied pada Hoousekeeping
v  Front offce menginformasikan kamar-kamar baru chek-in pada Housekeeping
v  Front offce menginformasikan kamar-kamar baru chek-out pada Housekeeping
v  Front offce membuat laporan perbedaan room status ( room descripancy) pada Housekeeping
v  Front offce mengimformasikan permintaan extra dan complain dari tamu pada Housekeeping
Hungan bagian Housekeeping demngan bagian Binatu ( Laundry)
            Hunguna ini meliputi dan serah terima Gust laundry linen-linen, uniform kotor dan bersih dan asalimg menkofirrmasikan tentang keluhan pencucian
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Enggenering
            Hubungaan ini erat sekali kerana menyakut operasional hotel dalam hal pembeliharaan dan perbaikan peralatan dan fasilitsa hotel terutama yang digunakan untuk kepentingan tamu.
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagianpuchasing
            Hubungan ini dalam peralatan dan peralatan dan perlengkapan yang sesuai dengan operasional Housekeeping
Hubungan  bagian Housekeeping dengan bagian HRD
            Berupa urusan kepegawaian seperti permintaan tenaga kerja pelantikan pegawai program training,gaji,tunjangan,cuti pegawai, urusan jaminan social lain-lain.
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian Securty
            Hubgang ini meliputi pelaporan dan keselamatan dalam hotel terutama kamar-kamar dan public area serta barantg-barang milik kamu
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian food dan bavarage
            Hubungan berkaitan dengan pelayanan room service, menu kamar, clear up dan FB Product menyampaikan makan untuk karyawan.

2.4 Lokasi dan fasilitas Hotel
Alamat dan lokasi
Alamat                        : Jln Kedewatan, Ubud
Telp.                :-
Website           :www.Royalpitamaha.com
e-mail              :-




168 Kamar
terdiri dari 168 kamar. untuk mengetahui jenis-jenis kamar secara lengkap
Nama of Room
Floor
(M)
Area
(M2)
Height
(M)
Reception
Theatre
Class
Room
U-Shape
Board
Banguet
Gendong House
14x25
350
12
200
200
100
50
60
80
Loji House
7x7
49
6
60
40
20
18
18
20
Organizers office
5x5
25
5
20
20
12
12
12
10
Open air stage
6x5
30
-
-
-
-
-
-
-
Court Yard
20x13
260
-
250
200
-
-
-
100
Orchatra Bale 1
8x5
40
5
36
32
24
24
24
30
Orchatra Bale 2
9x3
27
5
15
20
18
-
-
-


2.5  Tata Tertib Bekerja Di Mercure Bali Royal Pita Maha

1.      Tata Tertib Kehadiran
o   Jadwal / schedule training diatur oleh masing-masing bagian di departemen yang besangkutan.
o   Traine melakukan absent di timekeeping –scurity office dilakukan dalam kondisi berseragam.
o   Keterlambatan masuk kerja mencapai 15(lima belas) menit atau lebih dianggap melanggar tata tertib kecuali telah diberitahukan pada atasan.
o   Ketidak hadiran karena sakit wajib disertai surat keterangan sakit dari dokter yang berwenang.
o   Ketidak hadiran karena hal-hal diluar sakit dibenarkan dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari mentor.
o   Ketidak hadiran 3 hari kerja berturut-turut tanpa keterangan apapun dianggap melalaikan pekerjaan dan dapat dikenankan sanksi berupa perhentian masa traine.

2. Tata Tertib Umum
o   Seragan disediakan dihotel termasuk fasilitas pencucian seragam namaun setiap traine bertanggung jawab terhadap kondisi seragam tersebut.

o   Traine diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan penampilan diwajibkan memakai tanda pengenal (name tag) selama bertugas. Bagi karyawan  pria agar selalu bercukur , tidak diperkenankan memelihara kumis atau jenggot selam bertugas. Bagi traine wanita berambut panjang sebaiknnya rambut di ikat rapi dengan jepit berupa pita warna hitam. Traine  wanita yang bekerja di front office dan FB service departemen diwajibkan menggunakan

o   Traine hanya menggunakan toilet atau kamar mandi diloker karyawan.

o   Segala barang yang keluar dari hotel harus diperiksa pihak security termasuk tas dan barang –barang bawaan lainnya tidak dibenarkan membawa barang milik perusahaan tanpa izin.

o   Telepon yang masuk untuk traine akan diterima di personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan akan diteruskan pada traine yang bersangkutan.

o   Traine berhak mendapat istirahat 1(satu) kali selama satu jam dalam setiap shift.  Waktu istirahat yang dipergunakan untuk makan(di kamar staff) dan shalat bagi yang menjalankan. Kebersihan dan kerapian kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab setiap traine , tidak dibenarkan membawa peralatan makan keluar dari kantin.

o   Waktu beribadah di luar jam istirahat diizinkan dengan persetujuan  supervisor yang bertugas.

o   Traine hanya dibenarkan menggunakan lift khusus karyawan kecuali bila berhubungan dengan tugas(misalnya bellboy).

o   Tidak dibenarkan memasuki kamar tamu tanpa seizin kepala departemen kecuali sedang  dalam usaha pelayanan.

o   Tidak diperkenankan mengunyah permen karet selama bertugas.

o   Bila traine menemukan barang yang hilang atau tertinggal, harus menyerahkan barang temuan tersebut kebagian lost & found di housekeeping  departemen atau melaporkan kebagian security tanpa mempertimbangkan jenis barang maupun nilainya.

o   Dilarang memiliki dan atau menggunakan obat-obat terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol didalam lingkungan perusahaan. Apalagi bertugas dibawah pengaruh zat tersebut.

o   Dilarang membawa atau memiliki senjata api atau senjata tajam yang tidak digunakan untuk bertugas.

o   Ketidak jujuran, penggelapan, penipuan, pencurian barang-barang milik perusahaan atau milik orang lain sangat dilarang dan dapat mengakibatakan perhentian masa training .

o   Dilarang mencoret-coret atau melakukan perbuatan lain yang dapat menimbulkan kerusakan bangunan ataupun peralatan perusahaan.

o   Dilarang mengkonsumsi makanan ataupun  minuman yang disediakan untuk tamu atau memberikan makanan atau minuman kepada keluarga atau teman.

o   Dilarang melakukan hal-hal asusila atau hal-hal tidak senonoh dilingkungan hotel.

o   Dilarang bertingkah laku tidak pada tempatnya misalnya belari-lari, berteriak-teriak, tertawa keras-keras diarea kerja.

o   Tidak dibenarkan secara langsung maupun tidak langsung meminta “tip” dari para tamu perusahaan.

o   Tidak dibenarkan menunjukan sikap atau sifat tidak terfuji kepada pelanggan, tamu perusahaan atau teman kerja.

o   Tidak dibenarkan tidur saat bertugas.

o   Dilarang merokok diarea kerja.

o   Dilarang memulai atau terlibat perkelahian dengan sesama traine, kryawan lain , atasan maupun kepada departemen.

o   Dilarang menceritakan rahasia perusahaan atau mencemarkan nama baik pimpinan perusahaan dan keluarganya yang seharusnya dirahasiakan.




BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent
    Room Attandent adalah orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan menciptakan menjaga kebersihan, merawat fasilitas, menata, merapikan perlengkapan dalam guest room, serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan tamu menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan , tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
o   Datang 15 menit sebelum bertugas, memakai uniform lengkap dan merapikan diri dan langsung absen menggunakan sidik jari.
o   Menghadiri breafing housekeeping dan melakukan serah terima pekerjaan seperti:
-       menerima lembaran penugasan(room assignment )
-        menerima dan membaca buku harian roomboy report,
-        serah terima kunci kamar.
o   Menerima arahan dan bimbingan dari atasan terhadap cara kerja yang sitematis, efektif, dan efisien.
o   Menerima dan melaksanakan tugas terhadap pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
o   Melakukan pereparing dengan baik seperti:
-          membersihkan trolly dan menata peralatan kerja  dan menata perlengkapan  guest room, linen room, dan guest supliess untuk kelancaran kerja.
o    Memeriksa seluruh kamar yang menjadi tanggung jawab dan
Menuliskan status kamar pada room assignment sheet.
o   Memeriksa dengan teliti atas kamar kamar yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival list dari FO.
o   Melaporkan kerusakn yang terjadi dalam guest room pada atasan atau departemen terkait untuk langsung diprbaiki (jika ada).
o   Melaporkan lost and found / barang tamu yang tertinggal pada atasan(jika ada) sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
o   Membersihkan guest room dan memberikan pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan.
o   Melaksanakan dan menjalankan prosedur keselamatan, keamanan, hygenis dan sanitasi untuk kepentingan tempat kerja, diri sendiri, rekan kerja,  dan tamu. 
o   Mendokumentasikan kegiatan dan hasil pekerjaan hari ini, seperti :
-          Mengisi  atau mencatat pada room assignment sheet tentang laporan status kamar dan pemakaian serta penggantian linen dan perlengkapan di kamar.
o   Merapikan trolley dan membersihkan pantry jika kegiatan pembersihan kamar sudah selesai .
o   Menyerahkan kembali room assigment  sheet kepada atasan.

3.2 Alat-Alat Yang Digunakan
o   Floor broom
o   Mop
o   Dushpen
o   Cady
o   Toilet bowl brush
o   Sponge
o   Ped
o   Hand brush 
o   Bottle sprayer
o   Woser
o   Squis

3.3 Cairan Pembersih
o   Chips sebagai pengkilap staainlees stail.
o   Glass cleaner sebagai pembersih kaca.
o   MPC sebagai pembersih toilet bowl dan washbasin.
o   Air freesner sebagai pengahrum ruangan..
o   Sumainok sebagai pelapis staainlees stail.
3.4 Perlengkapan Dan Fasilitas Kamar
Wardrobe:
o   2 Kimono / Yukata
o   10 Hanger
o   1 Laundry bag
o   1 Laundry list
o   1 SDB (Safety depsit box)
o   2 Pasang slipper

TV :
o   TV Table
o   TV Chanel
o   Remote
o   Room Dierectory
o   DnD Side
Cofee Table :
o   Mirror
o   2 High ball
o   2 Mug
o   Electrik ketel/jug
o   Tray
-          4 Sweetener
-          4 Gula
-          4 Kopi
-          4 Lipton yellow tea
-          4 Decafein
o    Mini Bar
-          Mini Bar List
Desing Table
o   Drower
o   2 Head lether
o   2 Ampelope
o   Reading lamp
o   Astray/Asbak (Smoking room)
Bed Side Table
o   Telephone
o   Note Pad
o   Pencil/ Pulpen
o   Plant For The Planet Card


Bathroom
o   Washbasin
o   Shower
o   Toilet bowl
o   2 Mineral water
o   2 Bath towel
o   1 Hand towel
o   2 Bath mat
o   1 tissue roll
o   1 tissue box
o   2 tooth brush
o   1 vanity kit
o   1 shower cap
o   1 disposal bag/sanitary bag
o   1 samphoo
o   1 bath gel
o   1 body lotion
3.5 Langkah- langkah pembersihan kamar
o   Entering Guest Room
Mengetuk pintu 3 kali dengan menyebutkan departement /identitas/greeting jika tidak ada jawaban. Buka pintu menggunakan kunci cadangan dan buka secara perlahan .
o   Chek Electrik City
Masukan keytag ke tempatnya dan hidupkan semua lampu untuk memastikan tidak ada yang mati atau rusak. Setelah selesai matikan AC dan semua lampu yang hidup kecuali lampu yang berada di bathroom .
o   Open Curtain
Buka korden agar cahaya matahari dapat masuk ke kamar, selain itu juga untuk memastikan tidak ada kaca yang pecah .
o   Striping Sampah
Buang semua  sampah yang berada di kamar ke Dump Humper agar mempermudah kita saat melakukan pembersihan kamar .
o   Striping Bed
-       Sebelum tempat tidur ditata dengan linen yang bersih, linen yang telah dipakai harus dibuka satu persatu dengan baik. Setiap membuka linen dari tempat tidur harus di kibaskan untuk melihat kalau ada barang tamu yang terselip dalam linen .
-       Buka pillow case dan letakkan pillow itu di atas sofa yang terdekat dengan tempat tidur .
-       Buka duve cover lipat inner duve dan letakkan di atas sofa .

o   Making Bed
Prosedur making bed adalah sebagai berikut
-       Ambil sheet duve cover dan pillow case yang sesuai dengan ukuran bed
-       Tarik bed ke posisi yang baik untuk memudahkan proses making bad
-       Tebarkan sheet pertama dan jahitan menghadap ke bawah dan permukaan yang halus berada di atas dengan posisi tepat di atas bed dan juntaian kanan-kiri dan atas bawah harus seimbang. Masukkan sisi sheet di samping bed ke dalam bed dengan sudut antara 45atau 900
o   Tebarkan duve cover di atas sheet tadi dan masukan inner duve kedalam duve cover dari samping. Kibaskan duve cover agar tidak ada yang menggelembung dan rapikan pinggirannya .
o   Lipat bagian atas kira-kira selebar 40 cm, masukan duve bagian bawah ke bed dan lipat bagian kanan dan kiri dengan sudut antara 45 atau 900
o   Dorong bed ke posisi semula.
o   Masukan pillow ke dalam pillow case pasang dengan posisi berdiri dan sedikit di miringkan.
o   Pasang pillow decoration di depan pillow
o   Terakhir pasang bed runner di bagian bawah

Cleaning bathroom
o   Buang semua sampah yang berada di bathroom ke damp humper
o   Ambil cady dan bawa ke bathroom
o   Cuci semua gelas kotor (jika ada ) di wash basin dan langsung di keringkan
o   Gosok keran dan shower yang terbuat dari stailess stail menggunakan cairan chips dan spon kasar (scote brite ) hingga mengkilap dan bilas menggunakan air
o   Gosok washbasin menggunakan MPC dan spon kasar (scote brite)
o   Sikat toilet bowl menggunakan cairan MPC dan toilet bowl brush bila perlu langsung menggunakan tangan dan spon kasar (scote brite )
o   Sikat lantai dan dinding bathroom menggunakan hand brush dan MPC, setelah selesai bilas menggunakan air.
o   Semprot permukaan kaca dengan glass cleaner ratakan menggunakan woser dan tarik sisa kotoran menggunakan squis
o   Buka drain (saluran pembuwangan ) tarik sisa-sisa cairan pembersih dan air yang berada di lantai bathroom menggunakan squis ke drain.
o   Keringkan bathroom menggunakan lap khusus .
o   Lengkapi semua guest supplies yang berada di bathroom


Dusting
o   Damp dusting
Damp dusting adalah mengelap menggunakan lap yang lembab dengan tehnik searah jarum jam dan dari atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan seterusnya .
o   Dry dusting
Dry dusting adalah mengelap dengan lap kering dengan tehnik dari atas ke bawah digunakan untuk mendusting permukaan kaca .
o   Pada saat dusting langsung merapikan room facilities dan melengkapi room facilities yang kurang .
Sweeping
o   Sapu dari pojok terjauh dengan pintu masuk terutama di belakang korden bawah sofa, kursi, dan rak
Moping
o   Moping /ngepel dilakukan dari pojok terjauh dan  di lakukan dengan tekhnik menarik kotoran yang tersisa seperti debu dan serpihan-serpihan
Double chek
o   chek semua kelengkapan kamar, dan jangan sampai meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu dan isi assignment sesuai dengan nomer kamar dan semua yang diganti






















BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan dan saran
o   Kesimpulan
o   Dari pelaksanaan praktek kerja industri, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya praktek kerja industri sebagai salah satu kurikulum wajib diikuti, penulis dapat memperaktekan teori dan praktek yang di dapat di sekolah di industri sehingga penulis dapat membandingkan dan menambah  ilmu yang kurang dari pelaksanaan praktek kerja industri tersebut .
o   Bahwa dalam praktek kerja industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi penulis sebagai jenjang meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan sebab dalam melaksanakan trening di industry, penulis bisa mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan apa yang dilakukan di hotel .
o   Selain itu, melalui praktek kerja industri juga membuat  penulis  menjadi tahu  bagaimana cara melayani tamu dengan baik dan mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja dan praktek kerja industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat.
o   Saran
Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanaan On The Job Training maka penulis memberikan sedikit saran- saran sebagai berikut :
o   Ditingkatkan suasana kerja yang kompak dan kekeluargaan
o   Melaksanakan On The Job Training dengan penuh semangat dan total, sehingga setelah selesai nanti benar- benar mendapat hasil yang maksimal pula, mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada tamu .
o   Sebagai seorang trainee sebaiknya digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar banyak hal mengenai dunia industri perhotelan dan pariwisata.
o   Sebaiknya  semua trainee selalu disiplin dalam hal mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
o   Sebaiknya management memaksakan kehendak untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk  sistem kerja overtime.
o   Sebaiknya management tidak melarang kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika tenaga trainee dibutuhkan pada saat occupancy tinggi ­­­­­.



 
 




 

No comments:

Post a Comment