KATA PENGANTAR
Om Swastiastu
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME yang
telah memberikan jalan dan kemudahannya
dalam pembuatan Laporan Parktek kerja industri di Royal Pita Maha. Sehingga
penulisan dapat menyelesainkan dengan tepat pada waktu yang berjudul "Praktek
Kerja Indrustri" di Royal Pita Maha". Penulisan laporan ini bertujuan
sebagai syarat kenaikan ke kelas 3. penulisan menyadari akan kekurangan dan
keterbatasan kemampuan dalam hal pembuatan laporan ini dengan sempurna untuk
itu penulisan mengharapkan kritik dan saran yang dapat memberikan
masukan-masukan berguna sebagai wujud menutup kekurangan dalam pembuatan
makalah ini dalam kesempatan ini penulisan ingin mengucapkan banyak terima
kasih kepada yang terhomat:
Om Santih, Santih,
Santih, Om.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .............................................................................................................................. i
Daftar Isi ........................................................................................................................................ ii
BAB I
PENDAHULUAN............................................................................................................ 1
1. 1 Latar Belakang................................................................................................................... 1
1. 2 Tujuan Praktek Kerja Lapangan ...................................................................................... 1
1. 3Manfaat Praktek Kerja Lapangan ...................................................................................... 1
1. 4Waktu dan Tempat Pelaksanaan ........................................................................................ 1
BAB
II GAMBARAN UMUM................................................................................................... 3
2. 1 Sejarah Singkat Royal Pita Maha...................................................................................... 3
2. 2 Departement Yang Ada di Royal Pita Maha..................................................................... 6
2. 3 Hubungan Derpatement House Keeping dan Derpatement Lain...................................... 6
2. 4 Lokasi dan fasilitas Hotel ................................................................................................. 7
2. 5 Tata Tertib Bekerja Di Royal Pita Maha............................................................................ 8
BAB
III PEMBAHASAN............................................................................................................ 11
3. 1 Deskripsi Kegiatan Room Attandent................................................................................ 11
3. 2 Alat-Alat Yang Digunakan ............................................................................................... 11
3. 3 Cairan Pembersih............................................................................................................... 12
3. 4 Perlengkapan Dan Fasilitas Kamar.................................................................................... 12
3. 5 Langkah- langkah pembersihan kamar................................................... 13
BAB
IV PENUTUP...................................................................................................................... 16
4.1
Kesimpulan dan saran ......................................................................................................... 16
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja
Industri merupakan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum yang wajib di
ikuti oleh seluruh siswa Sekolah Pariwisata Bali. Praktek Kerja Industri ini merupakan suatu kegiatan
yang di lakukan di luar sekolah untuk menambah pengetahuan siswa tentang dunia
industri agar dapat mempraktekkan seluruh teori yang di peroleh di sekolah di
dunia industri.
Di dalam bidang
pariwisata dan perhotelan, pengetahuan teori dan praktek yang di
pelajari si sekolah harus di tunjang dengan praktek yang di lakukan di dunia
industri, dalam hal ini di lakukan dalam Praktek kerja industri. Dari pelaksanaan Praktek kerja industri ini siswa dapat menerapkan
teori dan praktek yang di dapatkan di sekolah dengan Praktek kerja industri di dunia industri. Sehingga
diharapkan akan sangat besar pengaruhnya dalam usaha peningkat kemampuan serta
profesionalisme kerja guna mempersiapkan diri untuk berhadapan langsung dalam dunia pariwisata
khususnya perhotelan.
1.2 Tujuan Praktek Kerja
Lapangan
Adapun tujuan dari
pelaksanaan prakrik kerja industri adalah sebagai berikut:
Sebagai salah satu syarat naik ke kelas 3 dan kelulusan
yang harus di tempuh salama mengikuti pelajaran di SMK N 5 Denpasar
Untuk menerapkan teori dan praktek yang dapat mendukung
pelaksanann di dunia industri
Mampu mengembangkan dan meningkatkan keterampilan,
pengetahuan dan sikap kerja yang baik dalam melaksanakan tugas-tugas serta
mengenal kondisi kerja di lapangan
1.3 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Adapun manfaat-manfaat yang diharapkan dalam pelaksanaan Praktek
Kerja Industri adalah sebagai berikut:
Dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan mengenai bidang
tugas yang sedang dijalani
Dapat menerapkan teori maupun praktek yang di peroleh di
sekoalah dan menbandingkannya dengan situasi kerja sesungguhnya.
Mendapat pengalaman baru di dunia industri perhotelan
yang sesungguhnya.
Dapat belajar dalam mebina suatu hungan kerja yang baik.
Meningkatkan kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa
inggris.
1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan training ini dimulai pada tanggal 5
Oktober 2015 samapai tanggal 5 Januari 2016 dan tempat pelaksanaan On The Job Training adalah Di Hotel Royal Pita
Maha
Training Pagi
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
07.00 - 15.00
Training Sore
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
14.00 - 22.000
BAB II GAMBARAN UMUM
2.1 Sejarah Singkat Royal Pita Maha
Royal Convention House
Located
withina separate wing of the resort, the Royal Convention House is undoubtedly
Bali's most unique meetingfacility. It is dedicated to showcasing the island's
artstic and cultural heritage. An open-air performance stage for cocktail
receptions or themed dinners is set within a traditional courtyard.
Set into
the side of the Tjampuan valley in Bali's cultural of ubud, Pita Maha Resort
& Spa is a jewel overlooking the the beautuful River Oos From the lobby and
restaurant area, the natural beauty of the Ubud foothills is immeately apprent.
Rich in
history, the Tjampuan area has been the focal poin of Bali's artistic community
since 1934. The prince of Ubud Tjokorda Gde Agung Sukawati, Joined forces with
the celebrated western artists Walter Spies and Rudolf Bonnet to establish a
creative association they nemed 'Pita Maha'. The group, whose name in English
means 'great shining', was designed foster and promote the talent of local
artists.
Pita Maha Resort & Sap opened in 1995 to commemorate
the birth oh this arsistic force and to keep alive its original philosophy. It
was designed by a member of Ubud's royal family as an organic Balinese village.
A total of 24 villas are set within traditional walled compounds to provide the
ultimate in comfort and privacy
Each villa si luxuriously appointed, wiht
air-conditioning, satellite TV, private bar and other modern conveniences. The
standard of workmanship, in wood and stone, befits that of the most ancient and
powerrful balinese palaces, with carefully tended gardens and an eye for detail
that will delight the most discerning guest.
Villa
Rates
Villa
Type
|
Units
|
Price
|
|
Garden
Villa
|
8
|
IDR
4.400.000
|
|
Pool
Garden Villa
|
12
|
IDR
5.100.000
|
|
Pool
Duplex Villa
|
3
|
IDR
6.500.000
|
|
Sap
Villa
|
1
|
IDR
12.900.000
|
Meal
Plan
|
Price
|
|
American
Breakfast
|
IDR
250.000
|
|
Sat
Lunch
|
IDR
350.000
|
|
Sat
Dinner
|
IDR
400.000
|
Valid
from 1st April 2015 to 31st March 2016
·
Rates include American Breakfast
·
Rates based on singel or double
occupancy
·
Check-in 14.00 hours/ check-our 12.00
hours
·
All major cerdit cards accepted
·
Complimentary extra bed and breakfast
for one child under 12 years of age
·
Rates are subject to an additional 21%
goverment tax and service charge
·
Rates are subject to change without
prior notice
Facilites
& Guest Services
·
Main Swimming Pool
·
Terrace Rastaurant
·
Pool Bar
·
The Lounge ( Complimantary Internet
Terminals)
·
Private Sap
·
Laundry & Dry Cleaning
·
24 Hous Villa Service
·
Safety Deposit Boxes
·
Childcare
·
Docter on Call (24 Hours)
·
Japanese Gust Relations Staff
·
Sightseeing Information
·
Broadband Internet (Each Villa)
·
Hot Spot Access (Lobby, Lounge &
Restaurant)
Privileged
Access
·
Ubud Palace
|
·
Museum and Major Temples
|
·
Ubud Market
|
·
Whitewater Rafting
|
·
Monkey
|
·
Walking Tours
|
Wedding Celebrations
The blessing of true love come but once in a single
lifertime. The Royal Pita Maha invites couples to celebrate the begining of
their destiny with a ceremony performed in a choice of romantic setting. the poetry of nature will witness each sacred
union. We Will tailor a wedding that is nothing less than pure perfectionis
because every bridal cople deserves the very best for their treaured day.
Royal
Wedding
U$$ 1915
Inclusions :
·
Exclusively choice of wedding venue (
Chapel / Ayung River Gazebo / Royal Convention House ) for maximum 5 hourse
·
Elegant Balinese or contemporary
decoration
·
Customized flower decorations
·
Standing tropical & fresh flower
arrangement ( 6 pcs)
·
Stylish tropical flower pad on the archway
·
Tropical bridal bouquet and grooms
boutonniere
·
Chairs decorated with fresh flowers ( 10
pcs )
·
Wood carved ring plate
·
Fresh flower petals convetti (
frangipani & rose for 10 persons )
·
Welcome reception with non alcoholic
drink for bride & groom
·
Flower girl in Balinese dress ( 4 person
)
·
Music accompaniment (Balinese gamelan
played by 11 people )
·
A bottle of sparkling wine for wedding
toast
·
Royal wedding dinner for bride &
groom ( 11- course set menu ) food only
·
Romantic table set up & décor
Royal in Elegance
US$
1405
Inclusions
:
·
Exclusively choice of wedding venue (
Chapel / Ayung River Gazebo / Royal Convention House ) for maximum 5 hourse
·
Elegant Balinese or contemporary
decoration
·
Customized flower decorations
·
Standing tropical & fresh flower
arrangement ( 4 pcs)
·
Stylish tropical flower pad on the
archway
·
Tropical bridal bouquet and grooms
boutonniere
·
Chairs decorated with fresh flowers ( 10
pcs )
·
Wood carved ring plate
·
Fresh flower petals convetti (
frangipani & rose for 10 persons )
·
Welcome reception with non alcoholic
drink for bride & groom
·
Music accompaniment (Bamboo Music played by 2-3 persons )
·
A bottle of sparkling wine for wedding
toast
·
Royal wedding dinner for bride &
groom ( 5- course set menu ) food only
·
Romantic table set up & décor
Royal in Simplicity
US$
1095
Inclusions
:
·
Exclusively choice of wedding venue (
Chapel / Ayung River Gazebo / Royal Convention House ) for maximum 5 hourse
·
Elegant Balinese or contemporary
decoration
·
Customised flower decorations
·
Standing tropical & fresh flower
arrangement ( 2 pcs)
·
Romantic candle decoration
·
Stylish tropical flower pad on the
archway
·
Tropical bridal bouquet and grooms
boutonniere
·
Chairs decorated with fresh flowers ( 10
pcs )
·
Wood carved ring plate
·
Fresh flower petals convetti (
frangipani & rose for 10 persons )
·
Welcome reception with non alcoholic
drink for bride & groom
·
Music accompaniment (Bamboo Music played by 2-3 persons )
·
Royal wedding dinner for bride &
groom ( 4- course set menu ) food only
·
Romantic table set up & décor
2.2 Departement Yang Ada di Royal Pita Maha
Hotel Royal Pita Maha
dalam pengelolaan usahanya memberikan pelayan yang terdiri dari beberapa
departemen yaitu:
FRONT OFFICE DEPARTEMENT
Fungsi dari Front Office Departemen adalah menjual kamar
dan memberika jasa seperti
v Menyiapkan
pelayanan informasi hotel
v Melayani
tamu ( Check in / check out )
v Menyiapkan
administrasi
Front office ini merupakan kantor dengan yang secara langsung
bertemu dengan tamu hotel. Disamping itu front office juga merupakan pendukung
dan kelancaran suatu hotel
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Housekeeping
adalah suatu departemen yang tugasnya mengtur serta merawat kebersihan,
kehindahan, kenyaman serta keamanan di area hotel
ACCOUNTING DEPARTEMENT
Adalah
departemen yang bertanggung jawab tas kerja bagian keuangan. adapun fungsi dari
accouting adalah pengaturan pemasukan
dan pengeluaran keuangan hotel
MARKETING DEPARTEMENT
Departemen
ini bertugas mempromosikan hotel agas lebih dikenal, baik itu kamar, harga
kamar, fasilitas maupun sarana lainya.
ENGINEERING DEPARTEMENT
Departemen
ini yang menangai dekorasi atau menghias serta untuk memperbaiki
kerusakan-kerusakan disekitar hotel yang
memerlukan tenaga-tenaga ahli terutama untuk perbaikan listrik dan elektronika
PERSONALIA DERPATEMENT
Derpartemen
ini bergerak di bagian penerimaan calon pegawai baru dan member training kepada
pegawai dalam jangka waktu tertentu.
2.3 Hubungan Derpatement House Keeping dan Derpatement Lain
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian Front Office
v Housekeeping
dan Front Office merupakan room division yang saling terkait dalam proses
penyiapan dan penjualan kamar-kamar
v Housekeeping
menyimpan dan membuat laporan Lost & Found dan konfirmasikan pada Front
offce
v Housekeeping
melaporkan status kamar yang sebenarnya pada Front office
v Housekeeping
menyiapkan kamar-kamar dan konfirmasi pada bahwa kamar siap dijual
v Front
offce mengirimkan laporan kamar-kamar yang occuied pada Hoousekeeping
v Front
offce menginformasikan kamar-kamar baru chek-in pada Housekeeping
v Front
offce menginformasikan kamar-kamar baru chek-out pada Housekeeping
v Front
offce membuat laporan perbedaan room status ( room descripancy) pada
Housekeeping
v Front
offce mengimformasikan permintaan extra dan complain dari tamu pada
Housekeeping
Hungan bagian Housekeeping
demngan bagian Binatu ( Laundry)
Hunguna ini meliputi dan serah terima Gust laundry
linen-linen, uniform kotor dan bersih dan asalimg menkofirrmasikan tentang
keluhan pencucian
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian Enggenering
Hubungaan ini erat sekali kerana menyakut operasional
hotel dalam hal pembeliharaan dan perbaikan peralatan dan fasilitsa hotel
terutama yang digunakan untuk kepentingan tamu.
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagianpuchasing
Hubungan ini dalam peralatan dan peralatan dan
perlengkapan yang sesuai dengan operasional Housekeeping
Hubungan bagian Housekeeping dengan bagian HRD
Berupa urusan kepegawaian seperti permintaan tenaga kerja
pelantikan pegawai program training,gaji,tunjangan,cuti pegawai, urusan jaminan
social lain-lain.
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian Securty
Hubgang ini meliputi pelaporan dan keselamatan dalam
hotel terutama kamar-kamar dan public area serta barantg-barang milik kamu
Hubungan bagian
Housekeeping dengan bagian food dan bavarage
Hubungan berkaitan dengan pelayanan room service, menu
kamar, clear up dan FB Product menyampaikan makan untuk karyawan.
2.4 Lokasi dan fasilitas Hotel
Alamat dan lokasi
Alamat : Jln Kedewatan, Ubud
Telp. :-
Website :www.Royalpitamaha.com
e-mail :-
168
Kamar
terdiri dari 168 kamar.
untuk mengetahui jenis-jenis kamar secara lengkap
Nama of Room
|
Floor
(M)
|
Area
(M2)
|
Height
(M)
|
Reception
|
Theatre
|
Class
Room
|
U-Shape
|
Board
|
Banguet
|
Gendong House
|
14x25
|
350
|
12
|
200
|
200
|
100
|
50
|
60
|
80
|
Loji House
|
7x7
|
49
|
6
|
60
|
40
|
20
|
18
|
18
|
20
|
Organizers office
|
5x5
|
25
|
5
|
20
|
20
|
12
|
12
|
12
|
10
|
Open air stage
|
6x5
|
30
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Court Yard
|
20x13
|
260
|
-
|
250
|
200
|
-
|
-
|
-
|
100
|
Orchatra Bale 1
|
8x5
|
40
|
5
|
36
|
32
|
24
|
24
|
24
|
30
|
Orchatra Bale 2
|
9x3
|
27
|
5
|
15
|
20
|
18
|
-
|
-
|
-
|
2.5 Tata Tertib Bekerja Di Mercure Bali
Royal Pita Maha
1.
Tata
Tertib Kehadiran
o
Jadwal / schedule training diatur oleh
masing-masing bagian di departemen yang besangkutan.
o
Traine melakukan absent di timekeeping
–scurity office dilakukan dalam kondisi berseragam.
o
Keterlambatan masuk kerja mencapai
15(lima belas) menit atau lebih dianggap melanggar tata tertib kecuali telah
diberitahukan pada atasan.
o
Ketidak hadiran karena sakit wajib
disertai surat keterangan sakit dari dokter yang berwenang.
o
Ketidak hadiran karena hal-hal diluar sakit
dibenarkan dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari mentor.
o
Ketidak hadiran 3 hari kerja
berturut-turut tanpa keterangan apapun dianggap melalaikan pekerjaan dan dapat
dikenankan sanksi berupa perhentian masa traine.
2.
Tata Tertib Umum
o
Seragan disediakan dihotel termasuk
fasilitas pencucian seragam namaun setiap traine bertanggung jawab terhadap
kondisi seragam tersebut.
o
Traine diwajibkan untuk selalu menjaga
kebersihan dan penampilan diwajibkan memakai tanda pengenal (name tag) selama bertugas. Bagi karyawan pria agar selalu bercukur , tidak
diperkenankan memelihara kumis atau jenggot selam bertugas. Bagi traine wanita
berambut panjang sebaiknnya rambut di ikat rapi dengan jepit berupa pita warna
hitam. Traine wanita yang bekerja di
front office dan FB service departemen diwajibkan menggunakan
o
Traine hanya menggunakan toilet atau
kamar mandi diloker karyawan.
o
Segala barang yang keluar dari hotel
harus diperiksa pihak security termasuk tas dan barang –barang bawaan lainnya
tidak dibenarkan membawa barang milik perusahaan tanpa izin.
o
Telepon yang masuk untuk traine akan
diterima di personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan akan
diteruskan pada traine yang bersangkutan.
o
Traine berhak mendapat istirahat 1(satu)
kali selama satu jam dalam setiap shift. Waktu istirahat yang dipergunakan untuk
makan(di kamar staff) dan shalat bagi yang menjalankan. Kebersihan dan kerapian
kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab setiap traine , tidak
dibenarkan membawa peralatan makan keluar dari kantin.
o
Waktu beribadah di luar jam istirahat
diizinkan dengan persetujuan supervisor
yang bertugas.
o
Traine hanya dibenarkan menggunakan lift
khusus karyawan kecuali bila berhubungan dengan tugas(misalnya bellboy).
o
Tidak dibenarkan memasuki kamar tamu
tanpa seizin kepala departemen kecuali sedang dalam usaha pelayanan.
o
Tidak diperkenankan mengunyah permen
karet selama bertugas.
o
Bila traine menemukan barang yang hilang
atau tertinggal, harus menyerahkan barang temuan tersebut kebagian lost &
found di housekeeping departemen atau
melaporkan kebagian security tanpa mempertimbangkan jenis barang maupun
nilainya.
o
Dilarang memiliki dan atau menggunakan
obat-obat terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol didalam lingkungan
perusahaan. Apalagi bertugas dibawah pengaruh zat tersebut.
o
Dilarang membawa atau memiliki senjata
api atau senjata tajam yang tidak digunakan untuk bertugas.
o
Ketidak jujuran, penggelapan, penipuan,
pencurian barang-barang milik perusahaan atau milik orang lain sangat dilarang
dan dapat mengakibatakan perhentian masa training .
o
Dilarang mencoret-coret atau melakukan
perbuatan lain yang dapat menimbulkan kerusakan bangunan ataupun peralatan
perusahaan.
o
Dilarang mengkonsumsi makanan
ataupun minuman yang disediakan untuk
tamu atau memberikan makanan atau minuman kepada keluarga atau teman.
o
Dilarang melakukan hal-hal asusila atau
hal-hal tidak senonoh dilingkungan hotel.
o
Dilarang bertingkah laku tidak pada
tempatnya misalnya belari-lari, berteriak-teriak, tertawa keras-keras diarea
kerja.
o
Tidak dibenarkan secara langsung maupun
tidak langsung meminta “tip” dari para tamu perusahaan.
o
Tidak dibenarkan menunjukan sikap atau
sifat tidak terfuji kepada pelanggan, tamu perusahaan atau teman kerja.
o
Tidak dibenarkan tidur saat bertugas.
o
Dilarang merokok diarea kerja.
o
Dilarang memulai atau terlibat
perkelahian dengan sesama traine, kryawan lain , atasan maupun kepada
departemen.
o
Dilarang menceritakan rahasia perusahaan
atau mencemarkan nama baik pimpinan perusahaan dan keluarganya yang seharusnya
dirahasiakan.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Deskripsi Kegiatan Room Attandent
Room
Attandent adalah orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan
menciptakan menjaga kebersihan, merawat fasilitas, menata, merapikan
perlengkapan dalam guest room, serta memberikan pelayanan terhadap kebutuhan
tamu menginap sesuai dengan standar operasional dan prosedur perusahaan , tugas
dan tanggung jawab sebagai berikut :
o
Datang 15 menit sebelum bertugas,
memakai uniform lengkap dan merapikan diri dan langsung absen menggunakan sidik
jari.
o
Menghadiri breafing housekeeping dan
melakukan serah terima pekerjaan seperti:
- menerima
lembaran penugasan(room assignment )
- menerima dan membaca buku harian roomboy
report,
- serah terima kunci kamar.
o
Menerima arahan dan bimbingan dari
atasan terhadap cara kerja yang sitematis, efektif, dan efisien.
o
Menerima dan melaksanakan tugas terhadap
pekerjaan yang harus dikerjakan dari atasan.
o
Melakukan pereparing dengan baik
seperti:
-
membersihkan trolly dan menata peralatan
kerja dan menata perlengkapan guest room, linen room, dan guest supliess
untuk kelancaran kerja.
o
Memeriksa seluruh kamar yang menjadi
tanggung jawab dan
Menuliskan status kamar
pada room assignment sheet.
o
Memeriksa dengan teliti atas kamar kamar
yang akan digunakan hari ini berdasarkan expected arrival list dari FO.
o
Melaporkan kerusakn yang terjadi dalam
guest room pada atasan atau departemen terkait untuk langsung diprbaiki (jika
ada).
o
Melaporkan lost and found / barang tamu
yang tertinggal pada atasan(jika ada) sesuai dengan standar operasional dan
prosedur perusahaan.
o
Membersihkan guest room dan memberikan
pelayanan atas segala kebutuhan tamu yang menginap sesuai dengan standar operasional
dan prosedur perusahaan.
o
Melaksanakan dan menjalankan prosedur
keselamatan, keamanan, hygenis dan sanitasi untuk kepentingan tempat kerja,
diri sendiri, rekan kerja, dan tamu.
o
Mendokumentasikan kegiatan dan hasil
pekerjaan hari ini, seperti :
-
Mengisi
atau mencatat pada room assignment sheet tentang laporan status kamar
dan pemakaian serta penggantian linen dan perlengkapan di kamar.
o
Merapikan trolley dan membersihkan
pantry jika kegiatan pembersihan kamar sudah selesai .
o
Menyerahkan kembali room assigment sheet kepada atasan.
3.2
Alat-Alat Yang Digunakan
o
Floor broom
o
Mop
o
Dushpen
o
Cady
o
Toilet bowl brush
o
Sponge
o
Ped
o
Hand brush
o
Bottle sprayer
o
Woser
o
Squis
3.3
Cairan Pembersih
o
Chips sebagai pengkilap staainlees stail.
o
Glass cleaner sebagai pembersih kaca.
o
MPC sebagai pembersih toilet bowl dan
washbasin.
o
Air freesner sebagai pengahrum ruangan..
o
Sumainok sebagai pelapis staainlees
stail.
3.4 Perlengkapan Dan Fasilitas
Kamar
Wardrobe:
o
2 Kimono / Yukata
o
10 Hanger
o
1 Laundry bag
o
1 Laundry list
o
1 SDB (Safety depsit box)
o
2 Pasang slipper
TV
:
o
TV Table
o
TV Chanel
o
Remote
o
Room Dierectory
o
DnD Side
Cofee Table :
o
Mirror
o
2 High ball
o
2 Mug
o
Electrik ketel/jug
o
Tray
-
4 Sweetener
-
4 Gula
-
4 Kopi
-
4 Lipton yellow tea
-
4 Decafein
o
Mini Bar
-
Mini Bar List
Desing Table
o
Drower
o
2 Head lether
o
2 Ampelope
o
Reading lamp
o
Astray/Asbak (Smoking room)
Bed Side Table
o
Telephone
o
Note Pad
o
Pencil/ Pulpen
o
Plant For The Planet Card
Bathroom
o
Washbasin
o
Shower
o
Toilet bowl
o
2 Mineral water
o
2 Bath towel
o
1 Hand towel
o
2 Bath mat
o
1 tissue roll
o
1 tissue box
o
2 tooth brush
o
1 vanity kit
o
1 shower cap
o
1 disposal bag/sanitary bag
o
1 samphoo
o
1 bath gel
o
1 body lotion
3.5 Langkah- langkah
pembersihan kamar
o
Entering
Guest Room
Mengetuk
pintu 3 kali dengan menyebutkan departement /identitas/greeting jika tidak ada
jawaban. Buka pintu menggunakan kunci cadangan dan buka secara perlahan .
o
Chek
Electrik City
Masukan
keytag ke tempatnya dan hidupkan semua lampu untuk memastikan tidak ada yang
mati atau rusak. Setelah selesai matikan AC dan semua lampu yang hidup kecuali
lampu yang berada di bathroom .
o
Open
Curtain
Buka
korden agar cahaya matahari dapat masuk ke kamar, selain itu juga untuk
memastikan tidak ada kaca yang pecah .
o
Striping
Sampah
Buang
semua sampah yang berada di kamar ke Dump
Humper agar mempermudah kita saat melakukan pembersihan kamar .
o
Striping
Bed
- Sebelum
tempat tidur ditata dengan linen yang bersih, linen yang telah dipakai harus
dibuka satu persatu dengan baik. Setiap membuka linen dari tempat tidur harus
di kibaskan untuk melihat kalau ada barang tamu yang terselip dalam linen .
- Buka
pillow case dan letakkan pillow itu di atas sofa yang terdekat dengan tempat
tidur .
- Buka
duve cover lipat inner duve dan letakkan di atas sofa .
o
Making
Bed
Prosedur
making bed adalah sebagai berikut
- Ambil
sheet duve cover dan pillow case yang sesuai dengan ukuran bed
- Tarik
bed ke posisi yang baik untuk memudahkan proses making bad
- Tebarkan
sheet pertama dan jahitan menghadap ke bawah dan permukaan yang halus berada di
atas dengan posisi tepat di atas bed dan juntaian kanan-kiri dan atas bawah
harus seimbang. Masukkan sisi sheet di samping bed ke dalam bed dengan sudut
antara 45atau 900
o
Tebarkan duve cover di atas sheet tadi
dan masukan inner duve kedalam duve cover dari samping. Kibaskan duve cover agar
tidak ada yang menggelembung dan rapikan pinggirannya .
o
Lipat bagian atas kira-kira selebar 40
cm, masukan duve bagian bawah ke bed dan lipat bagian kanan dan kiri dengan
sudut antara 45 atau 900
o
Dorong bed ke posisi semula.
o
Masukan pillow ke dalam pillow case
pasang dengan posisi berdiri dan sedikit di miringkan.
o
Pasang pillow decoration di depan pillow
o
Terakhir pasang bed runner di bagian
bawah
Cleaning bathroom
o
Buang semua sampah yang berada di
bathroom ke damp humper
o
Ambil cady dan bawa ke bathroom
o
Cuci semua gelas kotor (jika ada ) di
wash basin dan langsung di keringkan
o
Gosok keran dan shower yang terbuat dari
stailess stail menggunakan cairan chips dan spon kasar (scote brite ) hingga
mengkilap dan bilas menggunakan air
o
Gosok washbasin menggunakan MPC dan spon
kasar (scote brite)
o
Sikat toilet bowl menggunakan cairan MPC
dan toilet bowl brush bila perlu langsung menggunakan tangan dan spon kasar
(scote brite )
o
Sikat lantai dan dinding bathroom
menggunakan hand brush dan MPC, setelah selesai bilas menggunakan air.
o
Semprot permukaan kaca dengan glass
cleaner ratakan menggunakan woser dan tarik sisa kotoran menggunakan squis
o
Buka drain (saluran pembuwangan ) tarik
sisa-sisa cairan pembersih dan air yang berada di lantai bathroom menggunakan
squis ke drain.
o
Keringkan bathroom menggunakan lap
khusus .
o
Lengkapi semua guest supplies yang
berada di bathroom
Dusting
o
Damp dusting
Damp dusting adalah
mengelap menggunakan lap yang lembab dengan tehnik searah jarum jam dan dari
atas ke bawah. Dimulai dari belakang pintu, wardrobe, coffee table dan
seterusnya .
o
Dry dusting
Dry dusting adalah
mengelap dengan lap kering dengan tehnik dari atas ke bawah digunakan untuk
mendusting permukaan kaca .
o
Pada saat dusting langsung merapikan
room facilities dan melengkapi room facilities yang kurang .
Sweeping
o
Sapu dari pojok terjauh dengan pintu
masuk terutama di belakang korden bawah sofa, kursi, dan rak
Moping
o
Moping /ngepel dilakukan dari pojok
terjauh dan di lakukan dengan tekhnik
menarik kotoran yang tersisa seperti debu dan serpihan-serpihan
Double
chek
o
chek semua kelengkapan kamar, dan jangan
sampai meninggalkan alat-alat di kamar. Jika dirasa sudah lengkap tutup pintu
dan isi assignment sesuai dengan nomer kamar dan semua yang diganti
BAB
IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan dan saran
o
Kesimpulan
o
Dari pelaksanaan praktek kerja industri,
penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya praktek kerja industri sebagai
salah satu kurikulum wajib diikuti, penulis dapat memperaktekan teori dan
praktek yang di dapat di sekolah di industri sehingga penulis dapat
membandingkan dan menambah ilmu yang
kurang dari pelaksanaan praktek kerja industri tersebut .
o
Bahwa dalam praktek kerja industri yang
dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat besar bagi penulis sebagai
jenjang meniti karier di bidang pariwisata dan perhotelan sebab dalam
melaksanakan trening di industry, penulis bisa mengetahui segala sesuatu yang
ada di hotel dan apa yang dilakukan di hotel .
o
Selain itu, melalui praktek kerja
industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana cara melayani tamu dengan baik dan
mengetahui standar minimum yang harus diketahui dalam bekerja dan praktek kerja
industri ini juga penulis mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan
tepat.
o
Saran
Demi perkembangan dan kemajuan pelaksanaan On The
Job Training maka penulis memberikan sedikit saran- saran sebagai berikut :
o
Ditingkatkan suasana kerja yang kompak
dan kekeluargaan
o
Melaksanakan On The Job Training dengan
penuh semangat dan total, sehingga setelah selesai nanti benar- benar mendapat
hasil yang maksimal pula, mempertahankan serta meningkatkan pelayanan kepada
tamu .
o
Sebagai seorang trainee sebaiknya
digunakan sebaik mungkin sebagai tempat bertanya dan belajar banyak hal
mengenai dunia industri perhotelan dan pariwisata.
o
Sebaiknya semua trainee selalu disiplin dalam hal
mentaati semua aturan yang berlaku di hotel.
o
Sebaiknya management memaksakan kehendak
untuk memanfaatkan tenaga trainee untuk
sistem kerja overtime.
o
Sebaiknya management tidak melarang
kewajiban trainee, seperti kegiatan gathering ketika tenaga trainee dibutuhkan
pada saat occupancy tinggi .
No comments:
Post a Comment