Saturday, October 7, 2017

KENAPA BISA HAMIL??

Kenapa bisa hamil??? Kapan terakhir menstruasi?? Menstruasi terjadi bila sel telur yang terdapat di tuba fallopi tidak dibuahi..Tetapi bila pada saat masa subur ada sperma yang masuk ke saluran reproduksi perempuan maka sperma tersebut terus bergerak dan berenang menuju sel telur.
Bagaiman cara sperma menuju sel telur ?

Sperma menggunakan flagela yang bergerak memutar sebagai baling-baling untuk menggerakkan tubuh dalam cairan yang ada pada tuba fallopi untuk menuju ke sel telur. gerakan flagela ini dapat dianalogikan dengan baling-baling untuk mendorong perahu.
Bagaimana cara sperma menentukan lokasi sel telur ?
Ada beberapa mekanisme sel sperma dapat menemui sel telur, sel sperma menemukan sel telur karena sel telur mengeluarkan senyawa kimia berupa hormon progesteron. Selain itu juga karena adanya sensor panas (suhu tuba fallopi atau suhu tempat sel telur berada lebih tinggi dibandingkan dengan suhu penyimpanan sperma. 

Apabila sel sperma telah bertemu dengan sel telur maka bagian kepala sperma akan masuk dan meninggalkan ekornya di luar sel telur.
Proses inilah yang disebut dnegan prose fertilisasi. Fertilisasi merupakan peritiwa peleburan gamet jantan (inti sel sperma) dan Gamet betina (inti sel telur) sehingga membentuk zigot, proses ini terjadi di tuba fallopi
Zigot yang terbentuk setelah fertilissi akan melakukan pembelahan, selanjutnya berkembang menjadi embrio yang kemudian menuju rahin kemudian tertanam atau mengalami implantasi ke dalam endometrium atau dinding rahim. Pada saat ini kondisi seorang wanita sudah dinyatakan hamil

No comments:

Post a Comment