Saturday, October 14, 2017

MANFAAT BELIMBING WALUH YANG BELUM KAMU KETAHUI

Belimbing waluh merupakan tumbuhan yang memiliki batang keras yang menonjol dengan permukaan yang kasar dan benjol-benjol. Tinggi pohon ini mencapai 10m. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik di daerah terbuka dengan ketinggian 500m di atas permukaan laut.
Daun belimbing waluh kecil dan berhadap-hadapan. Bunganya berbentuk bintang berukuran kecil, bergerombol, dan warnanya merah keunguan. Buahnya berbentuk bulat lonjong, banyak mengandung air di dalamnya banyak terdapat biji. Buahnya ada yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna kuning.
Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan oleh belimbing waluh diantaranya :

  • Batuk 
Ambilah satu genggam bunga belimbing waluh dan satu potong gula batu. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas. Minum secara teratur setiap pagi dan sore.

  • Encok
Sediakan 1 genggam daun belimbing waluh. Tambahkan sedikit kapur sirih lalu tumbuk bersama-sama. Gosokkan campuran daun belimbing waluh dan kapur sirih ke bagian yang terasa sakit. 
  • Sariawan
Sediakan 11 kuntum bunga belimbing waluh, asam jawa, dan gula merah. Rebuslah semua bahan dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Minum setiap pagi dan sore. 
  • Darah Tinggi
 Sediakan 3 buah belimbing waluh dan setengah ikat daun kemangi. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Kemudian disaring dan diambil airnya. Air hasil saringan diminum menjelang tidur.
  • Kencing Manis 
Ambilah 3 genggam daun belimbing asam. Rebuslah dengan 1 liter air sampai mendidih, setelah itu disaring. Air hasil saringan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

No comments:

Post a Comment