Friday, October 20, 2017

PROSES SOSIALISASI DAN PEMBINAAN KURIKULUM



PROSES SOSIALISASI DAN PEMBINAAN KURIKULUM
Pembahasan pengenai kurikulum  hamper selalu ada  dalam setiap  pengkajian masalah-masalah pendidikan. Hal tersebut tidaklah terlalu mengherankan karena disadari benar bahwa kurikulum merupakan salah satu alat yang sangat strategis  dan menentukan  dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan.
Kurikulum itu sendiri pada hakekatnya  merupakan rancangan atau  program pendidikan, Sebagai suatu rancangan atau program pendidikan, maka kedudukan kurikulum ini sangat strategis dalam keseluruhan kegiatan pendidikan, dalam arti akan sangat menjadi penentu terhadap  proses pelaksanaan  dan hasil-hasil yang ingin dicapai oleh pendidikan.
Keberhasilan suatu kurikulum itu sangat tergantung kepada bagaimana kurikulum itu dilaksanakan atau diimplementasikan sebaik apa pun kurikulum secara tertulis (ideal/potential curriculum) itu dirancang, namun apabila dalam pelaksanaannya (actual/read  curriculum) tidak didukung oleh berbagai unsur maka  kurikulum itu sangat sulit  mencapai hasil yang diharapkan.
Oleh karena itu, agar pelaksanaan kurikulum berjalan sesuai dengan yang diharapakan maka perlu ada upaya-upaya sosialisasi sebelum kurikulum itu dilaksanakan perlu juga adanya upaya pembinaan pada saat kurikulum itu dilaksanakan.
Pada bagian ini, anda diharapkan dapat memahami dua hal yang dianggap cukup penting  dalam kegiatan pengelola dan pengembangan kurikulum yaitusosialisasi kurikulum dan pembinaan kurikulum.

No comments:

Post a Comment