Monday, November 13, 2017

RAHISIA KHASIAT JERUK NIPIS

Jeruk Nipis

Siapa yang tak kenal dengan jeruk yang satu ini. Meskipun bukan buah yang dikonsumsi sebagai pencuci mulut, jeruk nipis banyak dikenal orang karena khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman jeruk nipis termasuk perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Tanaman ini menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari. Batang tanaman jeruk nipis memiliki banyak duri tajam dan permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.
Bentuk daunnya bulat telur, panjangnya 4 – 5 cm dengan bagian tepi agak berlekuk ke atas. Bunganya berwarna putih berukuran kecil-kecil dan berbau harum. Buah Jeruk nipis bentuknya agak bulat dengan ujung sedikit menguncup. Warna buahnya hijau kekuningan berasa asam. Untuk menanam jeruk nipis, dapat dilakukan dengan serangkaian dari biji atau bibit cangkok.
Tanaman jeruk nipis merupakan tanaman yang berkhasiat obat. Dia antara penyakit yang dapat diatasi oleh tanaman ini adalah ambeien, amandel, batuk, demam, radang tenggorokkan, sembelit, dan sesak napas. Selain untuk pengobatan jeruk nipis ternyata juga bisa dipakai untuk merawata kecantikan, misalnya untuk menghilangkan bau badan, merawat kulit, dan mengusir ketombe. Di Bawah ini ada beberapa resep yang dapat kalian coba.
  • Ambeien



Untuk mengobatai ambeien, sediakan 2 – 4 potong akar jeruk nipis dan direbus dengan 11/2 Liter, kemudian disaring air hasil saringan diminum setiap sore secara teratur.



  • Amandel
  • Adakah di antara kalian yang terkena amandel ? Jeruk nipi dapat dijadikan obat alternative bagi penyakit ini. Bagaimanakah caranya ? Sediakan 1 buah jeruk nipis, 11/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari yang telah diparut, dan 2 sendok madu, peraslah jeruk nipis sampai keluar airnya, campurkan dengan air perasan kunyit, madu, dan ½ gelas air, campurkan sampai merata, lalau disaring, air hasil saringan diminum 2 hari seklai secara teratur. Resep lain yang dapat digunkanan untuk mengatasi amandel yaitu dengan menggunakan kulit jeruk nipis.
    Caranya, ambillah kulit jeruk nipis 3 buah, dan dipotong-potong. Rebuslah potongan kulit jeruk nipis dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, air rebusan disaring, lalu digunakan untuk kumur-kumur dan terus diminum. Lakukan 3 – 4 kali sehari sebanyak 4 sendok makan air sekali kumur.

    • Batuk
    Jika kalian terserang batuk, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit batuk. Caranya , sediakan air perasan jeruk nipis, kemudian campurkan dengan kecap manis sampai merata. Ramuan diminum tiga kali sehari sampai sembuh.

    • Demam
    Untuk mengatasi demam, siapkan 2 – 4 genggam dau jeruk nipis. Rebuslah dengan 2 – 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk mengompres pasien dengan menggunaan kain.

    • radang tenggorokan
    Untuk mengobati radang tenggorokan, sipakan 1 iris jeruk nipis dan sedikit kapur sirih, Olesi irisan jeruk nipis dengan kapur sirih, kemudian panaskan di atas api kecil. Peras dan minumlah air hasil perasan tadi setiap pagi dan sore. Lakukan secara rutin selama 3 hari.

    • Bau badan
    Untuk menghilangkan bau badan, siapkan air perasan jeruk nipis yang telah dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu, usapkan pada keiak. Lakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.Biarkan tetap menempel selama beberapa saat sebelum dibasuh.

    • Ketombe
    Ketombe juga dapat diusir oleh jeruk nipis. Caranya, ambillah 3 buah jeruk nipis, peras, dan ambil air hasil perasannya. Gosoklah kulit kepala dengan air perasan jeruk nipis. Biarkan selama 25 menit, setelah itu rambut dikeramasi. Ulangi dua sampai tiga kali, ketombe pun akhirnya hilang.

    • kulit wajah yang berminyak
    Untuk merawat kuli wajah, terutama kulit wajah yang berminyak, dapat menggunakan jeruk nipis. Caranya, ambillah jeruk nipis kemudian belah menjadi dua bagian. Gosok-gosokkan belahan jeruk nipis pada kulit wajah secara hati-hati dan tidak kasar. Minyak di kulit dapat berkurang dari kulit pun menjadi cemerlang.

    • suara yang merdu

    Jika kalian ingin memiliki suara yang merdu, dapat dilakukan cara berikut ini. ambilah dua jeruk nipis tanpa biji, peraslah airnya. Tambahkan sedikit kapur sirih pada air perasan jeruk nipis, aduk rata, tambahkan pula satu semdok madu. Minumlah ramuan ini seminggu sekali selama satu bulan.

    No comments:

    Post a Comment